Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cek 5 Fakta Menarik tentang Piala Dunia Rusia 2018

by Achmad Fauzi on 28 Juni, 2018

Ajang perlombaan sepak bola antar negara Piala Dunia Rusia 2018 telah dimulai sejak pertengahan bulan Juni 2018. Banyak fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang perlombaan empat tahunan tersebut.

Hingga saat ini, pertandingan telah memasuki fase 16 besar. Sebanyak 16 negara akan kembali bertanding di fase selanjutnya. Hanya negara-negara terkuat yang bisa melanjutkan ke fase berikutnya.

Nah berikut ini fakta-fakta yang menarik yang terhimpun selama berlangsungnya Piala Dunia.

Widget TRV Insurance

‎Penggunaan VAR

Video Assist Referee (VAR) merupakan sebuah teknologi video yang membantu wasit agar tepat dalam mengambil keputusan. Keputusan yang dimaksud seperti pelanggaran, offside, hingga penentuan masuk atau tidaknya bola ke dalam gawang.

Teknologi VAR ini menggunakan alat bantu kamera yang terdapat di seluruh sudut stadion serta di belakang gawang. VAR juga dioperasikan khusus oleh tim yang nantinya akan memberikan informasi kepada wasit jika wasit merasa ragu saat adanya kejadian di dalam pertandingan sepak bola.

Teknologi ini merupakan yang pertama kali digunakan dalam dunia sepak bola khusus pada ajang Piala Dunia. Namun, kehadiran VAR menua pro dan kontra. Sejumlah orang yang kontra masih mengganggap VAR menodai citra sepak bola.

Dengan adanya VAR, pertandingan sepak bola menjadi tidak alami, karena diatur oleh teknologi tersebut. Sementara ada juga yang pro terhadap teknologi VAR. Sebab, dengan adanya teknologi ini keputusan wasit akan tetap dan tidak menimbulkan kontroversi. Meski begitu, teknologi VAR ini masih digunakan hingga saat ini. (Baca juga: 5 Promo Kartu Kredit Pelengkap Nonton Piala Dunia)

Kutukan Piala Dunia

‎Kutukan terhadap juara bertahan tetap menghantui di ajang Piala Dunia Rusia 2018. Kutukan yang dimaksud ditujukan kepada Jerman sebagai juara bertahan yang menang pada Piala Dunia 2014.

Kutukan tersebut yaitu juara bertahan akan gagal lolos fase grup pada Piala Dunia berikutnya. Kekalahan Jerman 0-2 pada Korea Selatan pada malam kemaren membuktikan bahwa kutukan tersebut masih ada dalam ajang gelaran Piala Dunia.

Selain timnas Jerman, tim asal Eropa kandas dalam fase grup diantaranya, Prancis (juara Piala Dunia 1998), Italia (juara Piala Dunia 2006), dan Spanyol (juara Piala Dunia 2010). Prancis kandas pada 2002, Italia pada 2010, dan Spanyol pada 2014.

Anak Indonesia Jadi Duta Cilik Piala Dunia Rusia 2018

Ada yang menarik dalam ajang Piala Dunia Rusia 2018. Pasalnya, ada anak-anak Indonesia menjadi Duta Cilik Piala Dunia Rusia 2018. Duta cilik ini nantinya akan mendampingi para pemain di Piala Dunia.

Terdapat dua anak dari Indonesia yakni Raina Premiera Gumay dan Maula Alvaro Putra Ario Bimo. Keduanya berasal dari Jakarta. Salah satu dari kedua anak itu yakni Raina telah menjadi pendamping pemain di pertandingan pembukaan pada 14 Juni 2018 lalu.

Berhasilnya, kedua bocah itu berkat adanya program ekslusif dari perusahaan makanan cepat saji asal Amerika. Kedua bocah itu menyingkirkan 4.000 bocah lainnya di Indonesia.

Tidak Ada Skor 0-0 Hingga Fase Grup

Pertandingan sepak bola Piala Dunia Rusia 2018 akan memasuki babak 16 besar. Nah, dalam Piala Dunia Rusia 2018 ini tidak ada pertandingan yang berakhir skor 0-0 alias kacamata.

Dalam setiap pertandingan, pasti ada gol yang tercipta. Meskipun ada pertandingan seri, tetap saja tidak berakhir dengan skor kacamata. Pada pertandingan terakhir pun, antara Swiss vs Kosta Rika berakhir seri tapi dengan skor 2-2.

Rusia Keluarkan 14 Miliar Dolar AS untuk Piala Dunia

‎Perlu Anda ketahui, dalam ajang empat tahunan ini, Rusia sebagai tuan rumah telah menggelontorkan biaya sebesar 14 miliar dolar AS. Biaya ini yang terbesar dalam sejarah Piala dunia. Pengeluaran ini digunakan untuk biaya membenahi semua infrastruktur mulai dari transportasi sampai stadion.

Pengeluaran terbanyak diperuntukkan untuk membenahi infrastruktur transportasi dengan nilai biaya sebesar 6,11 miliar dolar AS atau setara Rp85 triliun.

Sisanya, digunakan untuk membangun dan membenahi stadion sebesar 3,45 miliar dolar AS atau setara Rp48 triliun serta untuk akomodasi sebesar 680 juta dolar AS atau Rp9,5 miliar.

Nah, selama musim Piala Dunia, Anda pasti ingin melengkapi koleksi pernak-pernik berbau sepak bola seperti jersey negara jagoan Anda. Nah, untuk transaksi jual beli yang lebih mudah dan praktis, gunakan kartu kredit kesayangan Anda.

Anda bisa membeli pernak-pernik secara online atau di toko olahraga langsung. Dengan kartu kredit, Anda dapat menggunakan fasilitas cicilan yang akan meringankan beban Anda.

Jika Anda belum memiliki kartu kredit, maka tak perlu khawatir. Anda bisa mengajukan kartu kredit secara cepat dan mudah di CekAja.com. (Baca juga: Tarif Kereta Api Ekonomi Turun untuk Beberapa Relasi, Cek Yuk!)

E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan kartu kredit dari berbagai bank. Yuk mulai dari sekarang ajukan kartu kredit Anda di CekAja.com‎.

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.