Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cek 5 Kiat Wawancara Kerja Paling Ampuh!

by Tisyrin N. T on 24 Agustus, 2018

Menghadapi wawancara kerja adalah sesuatu yang menegangkan bagi sebagian besar orang. Perlu persiapan yang matang agar wawancara kerja terlewati dengan mulus. Tanpa persiapan, wawancara kerja bisa berujung pada kegagalan.

Wawancara menjadi langkah yang sangat penting untuk meraih karier impian setelah melamar kerja. Mendapat undangan untuk wawancara kerja artinya Anda punya kesempatan emas untuk memperlihatkan antusias dan kualitas diri Anda.

Jangan sampai, hanya gara-gara kesalahan kecil, Anda tidak lolos wawancara kerja. Misalnya, Anda datang terlambat sehingga mendapatkan kesan pertama yang buruk. Untuk itu, simak 5 kiat paling ampuh untuk menghadapi wawancara kerja berikut ini.

(Baca juga: Kiat Bagi Karyawan Baru Dapatkan Pinjaman KTA)

Pelajari tentang perusahaan

Pahami tentang perusahaan yang mengundang Anda interview. Pahami hal-hal seperti bidang usahanya, berapa lama sudah berjalan, sejarahnya, dan lain sebagainya. Hal ini penting agar Anda punya bekal untuk bertanya tentang perusahaan tersebut apabila diberi kesempatan.

Anda pun nantinya akan lebih mudah mencari tahu kisaran gaji yang dipatok di perusahaan tersebut. Dengan begitu, Anda tak akan kebingungan jika diminta untuk menyebutkan expected salary.

Sesuaikan penampilan dengan karakteristik perusahaan

Ketika mencari tahu tentang perusahaan, jangan lupa untuk mengenali karakteristik perusahaan. Tujuannya agar Anda dapat menyesuaikan penampilan dengan karakteristik perusahaan yang akan Anda datangi.

(Baca juga: 5 Cara Membuat Blog Sukses Hasilkan Uang)

Apabila perusahaan tersebut terbilang kaku, Anda bisa menyiapkan pakaian formal. Namun, apabila perusahaan lebih santai seperti startup atau perusahaan di bidang hiburan, Anda bisa menggunakan pakaian yang lebih kasual tetapi tetap sopan.

Tunjukan kedisiplinan

Persiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti CV dan portofolio. Kemudian, tidurlah yang cukup pada malam hari sebelum interview. Hindari datang terlambat untuk wawancara kerja keesokan harinya. Jika Anda terburu-buru saat akan bersiap-siap menuju lokasi wawancara kerja, bisa jadi akan ada yang tertinggal.

Anda harus sudah tiba di lokasi wawancara kerja lebih awal. Datang terlalu mepet atau bahkan terlambat justru akan membuat Anda gugup dan terlihat tidak siap untuk interview. Dengan datang lebih awal, ada waktu bagi Anda untuk mempersiapkan mental atau merapikan penampilan Anda. Setidaknya, napas Anda lebih teratur karena tidak terburu-buru bukan?

(Baca juga: Ini Berbagai Makanan Khas Idul Adha di Nusantara)

Siapkan pertanyaan 

Setelah mempelajari tentang perusahaan, tentu akan ada saja pertanyaan yang muncul di benak Anda tentang perusahaan. Siapkan juga pertanyaan lain misalnya soal job desk Anda nantinya dan benefit yang ditawarkan perusahaan.

Biasanya saat proses wawancara, HRD akan menyediakan waktu bagi Anda untuk bertanya. Dengan Anda bertanya,  menunjukkan antusias Anda untuk ikut bergabung dengan perusahaan.

Pancarkan kepercayaan diri lewat bahasa tubuh

Anda harus memancarkan kepercayaan diri lewat bahasa tubuh Anda, mulai dari tatapan mata yang tegas, jabatan tangan yang tegas, hingga cara duduk yang tegak. Hal ini akan membuat HRD merasa yakin untuk merekrut Anda sebagai karyawan baru.

(Baca juga: Ingin Berkontribusi Pada Negara? Yuk Investasi SBR!)

Jika Anda terlihat tidak percaya diri, tentu HRD pun akan merasa ragu untuk melanjutkan proses perekrutan. Bagaimana, sudah siap wawancara kerja?

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami