Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Cek 6 Cara Dapatkan Modal untuk Bisnis Musiman Ramadan

by Tisyrin N. T on 17 April, 2018

makanan tradisional

Menjelang Ramadan, tak sedikit orang yang mulai bersiap-siap untuk menjalankan aneka rupa bisnis musiman. Peluang mereguk untung selama bulan suci memang menggiurkan. Namun, perkara modal usaha bisa jadi kendala untuk menjalankan bisnis musiman.

Terdapat bermacam-macam peluang bisnis musiman saat Ramadan. Bisnis yang terbilang paling umum adalah berdagang makanan untuk berbuka puasa atau sering disebut takjil. Banyak orang tak sempat menyiapkan makanan ringan hingga lauk-pauk untuk berbuka, sehingga bisnis kuliner saat Ramadan sangat menjanjikan. Bisnis lain yang sering muncul saat bulan suci adalah bisnis kue kering, kurma, pakaian, parsel, dan sebagainya.

Nah, jika Anda termasuk yang berniat mencoba bisnis musiman saat Ramadan tetapi terkendala modal, jangan putus asa. Banyak cara untuk mendapatkan pinjaman yang bisa Anda coba sehingga Anda tetap bisa menangkap peluang di bulan suci.

Berikut ini 6 cara untuk mendapatkan modal bisnis musiman Ramadan.

Manfaatkan Pegadaian

Memanfaatkan Pegadaian adalah cara klasik memperoleh dana segar untuk berbagai kebutuhan. Melalui pinjaman bernama Kredit Cepat Aman (KCA), Pegadaian menyalurkan kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah. Kredit bisa digunakan baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif.

Dengan adanya KCA dari Pegadaian ini, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah. Anda harus menyertakan agunan yang berupa emas batangan maupun perhiasan, mobil, sepeda motor, handphone, serta barang elektronik lainnya untuk mendapatkan pinjaman.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dalam proses mendapatkan pinjaman melalui KCA. Jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan mulai dari Rp50.000-Rp500 juta atau lebih, dengan jangka waktu pinjaman selama 4 bulan atau 120 hari.

Keunggulan lainnya, Anda dapat memperpanjang tenor pinjaman. Caranya adalah dengan membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

(Baca juga: Ini Investasi yang Cocok Sesuai Usia Anda, Yuk Cek!)

Putar uang tabungan untuk bisnis

Alangkah lebih baik apabila Anda sudah mempersiapkan modal bisnis musiman sejak jauh-jauh hari. Karena jika menggunakan uang tabungan pribadi untuk modal bisnis, tentu Anda tak merasa terbebani dengan utang.

Atau, jika Anda memiliki simpanan berupa emas, Anda bisa menjualnya sesuai kebutuhan untuk mendapatkan modal bisnis. Emas bersifat likuid, artinya mudah dicairkan. Selain bisa menjual di Pegadaian, Anda juga bisa menjualnya di toko emas.

Coba pinjaman online tanpa agunan

Saat ini banyak terdapat tawaran pinjaman online. Salah satu jenis pinjaman yang bisa Anda akses secara online adalah pinjaman tanpa agunan alias Kredit Tanpa Agunan (KTA). Pinjaman jenis ini prosesnya terbilang mudah dan cepat.

Anda berpotensi meraih pinjaman sebesar Rp5 juta-Rp200 juta tanpa harus menyediakan agunan berupa sertifikat rumah atau surat kendaraan. Jangka waktu pinjaman antara 1-5 tahun. Pinjaman jenis ini adalah solusi bagi Anda yang tak siap menyertakan agunan.

Jika Anda mengajukan KTA online, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan termasuk kesempatan untuk membandingkan. Ya, Anda dapat membandingkan berbagai jenis KTA dari bank yang berbeda. Anda pun akan lebih mudah menemukan KTA dengan bunga rendah.

Menjual barang preloved branded

Luangkan waktu untuk memilah-milah barang yang ada di kamar dan di rumah Anda. Adakah barang-barang bermerek yang jarang Anda gunakan dan kondisinya masih bagus bahkan mendekati baru? Barang-barang semacam itu kini akrab dengan sebutan preloved branded.

Anda dapat menjual baju, tas, hingga sepatu preloved branded milik Anda ke lapak-lapak online. Tak ada salahnya juga jika Anda menjual barang bekas lainnya yang masih layak tetapi Anda tak lagi memerlukannya. Misalnya saja seperti sepeda, kendaraan, kursi, atau berbagai perabotan lainnya.

(Baca juga: Ini Cara Siasati Aturan Ganjil Genap Agar Finansial Sehat)

Menjaminkan harta benda

Jika siap, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan agunan. Pada Peraturan Bank Indonesia (BI) No 9/PBI/2007, terdapat penjelasan bahwa agunan yang bisa digunakan dalam pengajuan kredit yaitu tanah, bangunan, kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, surat berharga dan saham, dan pesawat udara atau kapal laut. Emas juga bisa menjadi jaminan tetapi khusus untuk perbankan syariah.

Keunggulan pinjaman jenis ini adalah Anda bisa mendapatkan plafon sesuai dengan permintaan dan aset yang dijaminkan. Selain menyerahkan dokumen pribadi, syarat untuk mendapatkan pinjaman adalah dengan melampirkan dokumen yang berkaitan dengan agunan seperti surat kepemilikan.

Mencari rekan bisnis

Dengan mencari rekan bisnis, memungkinkan Anda untuk mendapat kucuran modal sepenuhnya dari orang lain. Carilah rekan yang bersedia menyediakan sejumlah modal yang Anda butuhkan, Anda yang akan menjalankan bisnisnya.

Selain berupa modal mentah, Anda juga bisa mencari rekan bisnis yang bersedia menyediakan barang dagangan misalnya seorang produsen. Anda bisa menjual barang dagangan tersebut tanpa harus mengeluarkan modal. Anda pun bisa memperoleh keuntungan sesuai kesepakatan dengan rekan Anda.

Atau cara lainnya adalah dengan patungan modal dan menjalankan bisnisnya bersama-sama. Beban Anda pun akan terasa lebih ringan. Carilah rekan yang punya reputasi positif di lingkungan pergaulan Anda. Karena nantinya, Anda harus berbagi tanggung jawab dengannya dalam menjalankan bisnis.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman online dengan aman, CekAja.com bisa jadi pilihan. CekAja.com menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan terpercaya untuk menghadirkan berbagai jenis pinjaman.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.