Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cek 6 Fakta Kevin Systrom, Sang Pendiri Instagram!

by Miftahul Khoer on 28 September, 2018

Tak bisa dipungkiri, aplikasi berbagi foto dan video, Instagram merupakan salah satu media sosial paling banyak digemari saat ini. Hingga Juni 2018 pengguna Instagram di seluruh dunia berhasil menembus hingga 1 miliar. Siapa orang dibalik suksesnya Instagram? Yuk Cek!

Adalah Kevin Systrom, 34 tahun, seorang miliarder asal San Fransisco yang pertama kali mengenalkan aplikasi tersebut ke seluruh dunia. Hingga kini, Instagram makin populer dan digunakan banyak orang. Penasaran dengan sepak terjang seorang Kevin Systrom?

Memiliki harta kekayaan Rp20,8 triliun

Forbes mencatat jumlah kekayaan Kevin mencapai 1,4 juta dolar AS atau sekitar Rp20,8 triliun untuk kurs saat ini. Tentu tak mudah bagi Kevin mengumpulkan harta kekayaan sebanyak itu. Kevin harus melalui proses panjang hingga ia akhirnya menjadi salah satu orang muda terkaya di dunia.

Karir yang digelutinya saat ini tak bisa lepas dari jerih payahnya saat ia mengenyam pendidikan di Universitas Stanford. Ia lulus pada 2006 dan mendapat gelar sarjana di bidang Management Science and Engineering.

Sejak menjadi mahasiswa hingga lulus, ia sudah tertarik dengan dunia teknologi terutama di dunia startup. Kevin terpilih sebagai salah satu dari 12 orang yang terlibat dalam Mayfield Fellows Program di kampusnya.

Program tersebut difasilitasi pihak universitas yang menawarkan pelatihan dan pengalaman mendalam kepada mahasiswa dalam kewirausahaan teknologi tinggi. Saat itu Kevin menjajal untuk magang di Twitter.

(Baca juga: 5 Media Sosial dan Aplikasi Chatting yang Kini Tinggal Nama)
Sempat bekerja untuk Google

Karir Kevin di dunia startup bermula ketika ia banyak belajar saat bekerja di Google. Di perusahaan teknologi mesin pencari tersebut, Kevin bekerja sebagai manajer pemasaran produk. Ia bertanggung jawab atas beberapa produk Google seperti Gmail, Google Calendar, Docs dan Spreadsheets.

Tak lama bekerja di Google, Kevin kemudian bekerja untuk Nextstop, perusahaan rintisan yang didirikan oleh para mantan karyawan Google. Namun ia bekerja di perusahaan tersebut tidak lama. Kevin merupakan seorang yang memiliki tipe penasaran terhadap suatu hal. Maka mulailah ia bereksperimen dengan hal-hal baru.

(Baca juga: 4 Trik Bisnis Internet Gratis Menggunakan Media Sosial)

Mendirikan Burbn cikal bakal Instagram

Setelah keluar dari perusahaan sebelumnya, Kevin mendirikan startup baru yang diberi nama Burbn. Kevin tak sendiri, ia mengajak rekannya Mike Krieger yang memiliki ide sama. Burbn ini merupakan aplikasi cikal bakal dari Instagram.

Setelah dikenalkan, aplikasi tersebut dinilai terlalu banyak fitur. Sementara Kevin menginginkan aplikasi yang sederhana yang bisa berbagi foto, kolom komentar dan tombol likes. Maka muncullah Instagram sebuah aplikasi yang tak sekedar bisa sharing foto tetapi juga video.

Kehadiran Instagram ini sebetulnya tak lepas dari peran sebuah lembaga permodalan Baseline Ventures dan Andreessen Howowitz yang telah menyuntikan modal sekitar 500.000 dolar AS pada 2010. Sebulan setelah resmi diluncurkan, Instagram berhasil diunduh oleh sejuta pengguna di seluruh dunia.

(Baca juga: Cara Kreatif Mencari Pekerjaan Lewat Media Sosial)
Facebook akuisisi Instagram

Pada 2012, Kevin harus melepas saham Instagram yang diakuisisi Facebook. Tak tanggung-tanggung, jumlah dana yang digelontorkan Facebook untuk mencaplok Instagram saat itu mencapai 1 miliar dolar AS.

Namun, bukan berarti Kevin harus hengkang setelah karya yang dibuatnya menjadi hak milik Mark Zuckerberg. Kevin tetap mengelola Instagram karena Zuckerberg ingin pengelolaan Instagram tetap independen.

Pada saat diakuisisi Facebook, pengguna Instagram masih mencapai 30 juta. Saat ini, Instagram sudah digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Padahal pada saat dibeli, Instagram belum memiliki penghasilan.

Namun, banyak pengamat mengatakan bahwa keputusan Facebook mengakuisisi Instagram merupakan keputusan yang tepat. Sebab, saat ini Instagram bukan hanya dipandang sebagai aplikasi yang paling banyak digemari, tetapi juga menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan.

Mengundurkan diri dari Instagram

Namun, di saat Instagram sedang melesat, kabar terbaru kembali datang dari Kevin dan Mike. Keduanya dikabarkan mengundurkan diri dari perusahaan yang mereka dirikan. Alasan yang beredar dari hengkangnya para pendiri Instagram tersebut karena keduanya sering tak sepaham dengan Zuckerberg.

Kevin Systrom yang menjabat sebagai CEO) dan Mike Krieger Direktur Teknis Instagram juga disebut-sebut sering tak seirama dengan Zuck yang terkesan menggantungkan masa depan Facebook kepada Instagram. Terlebih, popularitas Instagram saat ini dinilai lebih moncer ketimbang Facebook.

Selain itu, kabar tak sedap dari Facebook yang sering diterpa kasus mengenai privasi pengguna dan berita palsu semakin membuat namanya perlahan seolah disalip Instagram. Nah, mari kita lihat, bakal seperti apa Instagram jika ditinggalkan kedua pendirinya itu?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami