Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cek Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN yang Cari 11.000 Karyawan!

by Gentur Putro Jati on 11 Maret, 2019

Sebanyak 110 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar proses perekrutan secara serempak yang menjadi Program Perekrutan Bersama (PPB) Kementerian BUMN bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Pendaftaran seleksi calon karyawan perusahaan pelat merah tersebut dibuka sejak Jumat (8/3) sampai Minggu, 17 Maret 2019 mendatang, jadi pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan menarik ini!

Bisnis online gagal - CekAja.com

Untuk mendaftar PPB, ada beberapa tahapan yang harus kamu pahami. CekAja.com merangkum tahapan pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Buat akun di FHCI BUMN

Proses seleksi calon karyawan ke-53 BUMN tahun ini hanya dibuka melalui satu pintu, yaitu https://rekrutbersama.fhcibumn.com/. Segera buat akun kamu melalui laman tersebut dengan mengikuti tahapan mudahnya.

  1. Cek BUMN dan daftar pekerjaan yang tersedia

Setelah memiliki akun, kamu bisa login dan mengecek daftar perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja serta seluruh informasi lengkapnya. Secara total ada 11.000 posisi di 110 BUMN yang bisa kamu lamar lewat laman tersebut.

(Baca juga: Keuntungan Jadi Pegawai BUMN, Apa Saja?)

Beberapa nama BUMN yang CekAja pantau ada di dalam daftar tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Jasa Raharja (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Timah (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), Perum Bulog, dan masih banyak lagi.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, 11.000 posisi tersebut terbuka untuk semua lulusan, dari SLTA/SMK, vokasi, S1, hingga S2.

  1. Pilih proses seleksi

Setelah mengetahui ketersediaan posisi dan BUMN yang kamu incar, kamu bisa memilih satu dari tiga proses seleksi yang tersedia. Yaitu Reguler, Disabilitas, atau Kawasan Indonesia Timur. Berikut penjelasan lengkapnya:

Perekrutan Reguler adalah proses seleksi terbuka bagi lulusan SLTA (SMA & SMK), Diploma (D1 s/d D4) dan Sarjana (S1 s/d S2).

Perekrutan Disabilitas adalah proses seleksi khusus bagi penyandang disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1 – D4) dan Sarjana (S1).

Perekrutan Kawasan Indonesia Timur adalah proses seleksi calon karyawan BUMN yang merupakan warga Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1-D4) dan Sarjana (S1).

  1. Isi biodata dan unggah dokumen

Tahap berikutnya, kamu diminta untuk mengisi secara lengkap biodata pribadi dan mengunggah sejumlah sejumlah dokumen pendukung di https://rekrutbersama.fhcibumn.com/.

  1. Seleksi awal

Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan diarahkan ke halaman kartu peserta dan melakukan tes Seleksi Awal.

  1. Tes kemampuan dasar

Sebelum melakukan psikotes kemampuan dasar atau lebih dikenal dengan nama Psikotes Kognitif secara online, peserta harus memilih 3 posisi di BUMN yang akan dijadikan prioritas. Pastikan kamu memilih posisi yang tersedia, disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki agar bisa memperoleh nilai maksimal.

Agar proses tes dapat kamu lalui dengan lancar, pastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil. Kamu pasti gak mau kan, gagal di tahap ini gara-gara internet lemot?

Tes secara online juga biasanya berlangsung dengan cepat, dan ada petunjuk waktu di bagian atasnya. Pastikan kamu sudah memiliki sejumlah referensi sebelum mengikuti tes tersebut. Mengingat batas waktu yang tersedia tidak memungkinkan kamu untuk mencontek jawaban lewat mesin pencari.

(Baca juga: 9 Kesalahan Sepele yang Perlu Dihindari Saat Interview Kerja)

  1. Seleksi langsung

Setelah melewati seleksi kemampuan dasar, para peserta akan diseleksi masing-masing BUMN yang diincarnya. Di tahap ini minimal masih ada tiga langkah lagi yang harus kamu ikuti, antara lain: Tes kemampuan sesuai posisi pilihan, Wawancara Manajemen, dan Tes Kesehatan.

  1. Pengumuman

Setiap hasil tes yang dilakukan di setiap tahapan akan diumumkan melalui laman rekrutbersama.fhcibumn.com dan dikirimkan ke e-mail kamu yang telah didaftarkan.

Semoga kamu berhasil melalui proses seleksinya ya. Tapi jika belum berhasil lolos dan menjadi karyawan BUMN, jangan patah semangat. Masih banyak lapangan pekerjaan di Indonesia yang tepat buat kamu selama mau mencari dan tidak patah semangat.

Ajukan Kredit Lewat CekAja

Atau bisa jadi, kegagalan kamu mengikuti proses seleksi untuk menjadi karyawan merupakan kode keras dari Tuhan bahwa kamu ditakdirkan untuk menjadi pengusaha yang mandiri? Jangan pernah jadikan alasan kekurangan modal menjadi penghambat bisnis yang kamu rintis.

Ajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Usaha Kecil Menengah (UKM) lewat CekAja.com. Syaratnya mudah, prosesnya cepat! Silakan dicoba.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami