Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Cek Fakta Film ‘Dilan 1991’, Nomor 5 Berat Kamu Gak Akan Kuat!

by Sindhi Aderianti on 28 Februari, 2019

“Jangan rindu, berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja,” gombalan khas Dilan tersebut pasti sudah dirindukan banyak penggemarnya. Tak sedikit yang bahkan langsung terkenang oleh indahnya masa-masa SMA karena film Dilan 1990.

motor sport _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Usai berhasil meraih 6 juta lebih penonton lewat film Dilan 1990, rumah produksi Max Picture kembali merilis sekuel keduanya tepat pada hari ini (28/2). Film yang diadaptasi dari novel berjudul Dilan Bagian Kedua: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991 karya Pidi Baiq itu sebelumnya telah menjalani proses syuting selama 41 hari di akhir tahun kemarin.

Sekadar mengingatkan karakter tokoh utama di dalamnya, Dilan digambarkan sebagai remaja anggota geng motor dengan julukan Panglima Tempur. Meski begitu, ia cukup taat beragama dan sayang terhadap orang tuanya.

Sikap manis seorang Dilan terhadap gadis dambaannya yakni Milea, juga kerap meluluhkan hati setiap pasang mata yang menyaksikan. Keunikan Dilan ini membuat Milea bertekuk lutut, hingga mereka pun akhirnya berpacaran.

(Baca juga: Beda Jaket dan Motor Presiden Jokowi vs Dilan, Yuk Cek!)

Masih bercerita tentang romansa dua sejoli tersebut, penikmat film Indonesia pastinya sudah tidak sabar untuk menyaksikan kelanjutan film yang dibintangi oleh Iqbal Dhiafakhri Ramadhan serta Vanesha Prescilla ini. Setelah resmi menjalin kasih, drama apa lagi yang akan dihadirkan?

Nah, sebelum menonton Dilan 1991 di bioskop kesayanganmu nanti, yuk simak dahulu 7 fakta menariknya berikut ini. Banyak hal yang tak disangka-sangka, bahkan nomor 5 akan membuatmu tercengang!

  1. Mengambil sudut pandang Milea

Kali ini, film Dilan 1991 mengambil sudut pandang dari Milea tentang sosok Dilan. Pada masa awal mereka berpacaran sejak 22 Desember 1990, Milea banyak melewati berbagai momen romantis bersama sang pujangga yang dicintainya tersebut.

Ada beberapa konflik yang terjadi, seperti ketika mereka harus putus karena suatu masalah. Terutama perdebatan tentang geng motor. Lalu Milea juga harus kembali ke Jakarta untuk kuliah di sana. Sedangkan Dilan, ia lebih memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas ternama di Bandung.

  1. Kehadiran pemain baru

Sejauh ini, film Dilan 1991 masih dibintangi oleh artis-artis yang hampir semua sama dengan sekuel terdahulu. Sebut saja Happy Salma, Ira Wibowo, Farhan, Giulio Parengkuan, Zara ‘JKT48’, Debo Andryos, serta Yoriko Angeline. Tidak mungkin rasanya menggantikan peran salah satu dari mereka, lantaran karakter yang terbangun di mata masyarakat sudah begitu ikonik.

Di sisi lain, tetap ada beberapa pemain baru juga yang ikut tampil meramaikan daftar cast Dilan 1991, yakni Bucek Depp dan Maudy Koesnaedy. Masing-masing dari keduanya berperan sebagai ayah Dilan serta tante Anis.

  1. Vanesha extension rambut

Selain dituntut lebih mengeluarkan emosi, penampilan Vanesha pun harus sedikit diubah. Adik dari aktris Sissy Priscillia ini diketahui sempat memangkas pendek rambutnya. Ia terlihat nyaman dan cantik dengan potongan bob itu.

Tapi untuk mengembalikan karakter asli Milea pada dirinya, Vanesha rela mengenakan hair extension selama produksi film Dilan 1991 berlangsung. Pemasangan rambut palsu itu sempat membuatnya merasa risih. Ia merasa berat, kepanasan, bahkan susah keramas. Namun lagi-lagi demi totalitas dalam berperan, Vanesha tetap melakukan hal ini.

  1. Iqbal diet sampai turun 12 kilo

Kembali didapuk untuk memerankan Dilan, ada perubahan dari segi fisik juga yang Iqbal lakukan. Iqbal memang sempat gemuk, lantaran sebelumnya ia diharuskan tampak lebih berisi untuk bermain dalam film bertajuk ‘Bumi Manusia’.

(Baca juga: 7 Sepeda Motor yang Paling Banyak Ditunggu di 2019)

Usahanya demi film Dilan 1991 tak tanggung-tanggung. Mantan personil boyband Coboy Junior itu melakukan diet hingga berhasil susut hingga 12 kilogram. Diet tersebut dilakukannya dengan mengurangi konsumsi gula setiap hari. Bagi Iqbal, tantangan ini tak membuatnya terbebani. Justru ia merasa dirinya seperti aktor luar negeri.

  1. Dicekal oleh mahasiswa Makassar

Santer terdengar, Dilan 1991 mengalami penolakan keras di Makassar. Beberapa mahasiswa berdemo untuk tidak menayangkannya pada bioskop-bioskop setempat. Dengan alasan, karena ada unsur dalam film yang tidak memuliakan tenaga pengajar.

Mereka datang ke Dinas Pendidikan Kota Makassar dan menyampaikan aspirasi tersebut. Jika film tetap diputar, pihaknya mengancam akan mengepung mal atau memboikot seluruh bioskop di daerah tersebut. Namun kabarnya walau bagaimanapun, film Dilan 1991 akan tetap tayang di kota asal Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bagi seluruh pemain beserta kru, ada tantangan tersendiri saat menayangkan lanjutan kisah Dilan dan Milea. Tanpa keinginan terlalu muluk, sang sutradara Fajar Bustomi pun hanya berharap kelak film tersebut dapat kembali diterima masyarakat.

Ingin nobar Dilan 1991? Manfaatkan promo buy 1 get 1 di CGV Cinemas seluruh Indonesia. Promo ini berlaku 3 Januari 2019 sampai 27 Juni 2019. Caranya, gunakan kartu kredit BRI Touch dengan apply langsung melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.