Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Pilihan Hotel Murah untuk Keluarga di Samarinda, Mulai dari 90 ribuan

by Vera Khairifah on 29 Oktober, 2019

Perkembangan Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Timur cukup cepat, sehingga memiliki banyak tujuan wisata. Tak cukup rasanya kalau menjelajah Samarinda dalam satu hari. Oleh karenanya, hotel murah untuk keluarga di Samarinda perlu kamu ketahui sebagai pilihan tempat menginap.

Tujuan Wisata di Samarinda

Enggak usah bingung mau berkunjung ke mana, ini beberapa tujuan wisata di Samarinda yang bisa kamu singgahi.

Pulau Kalimantan identik dengan sungai yang membentang luas hingga menuju laut. Makanya, tujuan wisata air terjun memiliki daya tarik yang tinggi, salah satunya Air Terjuan Pinang Seribu. Letaknya ada di daerah Sempaja Utara, Samarinda Utara.

Air terjun ini dikelola dengan baik oleh Pemerintah dan penduduk setempat dan dibuka dari jam 10.00 WITA hingga 17.00 WITA. Untuk masuk ke sini, dikenakan biaya Rp20 ribu.

Beberapa spot yang bisa kamu nikmati antara lain air terjun utama yang tidak terlalu terjal dan cukup aman untuk wisata keluarga, anjungan rumah tradisional, taman, dan masih banyak lagi.

Masih dari Sempaja Utara tepatnya di Jalan Berambai, ada puncak tinggi yang pemandangannya begitu indah. Dari sini, kamu bisa melihat hampir keseluruhan daratan Samarinda. Lebih indah lagi saat matahari terbit atau tenggelam.

Tapi, untuk sampai ke puncak, kamu harus melakukan penanjangan terlebih dulu. Sehingga tempat wisata ini kurang cocok untuk anak kecil atau lansia.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menuju Puncak Samarinda dari pusat kota Samarinda.

Wisata di malam hari juga tak kalah seru. Sebab ada Mahakam Lampion Garden alias taman lampion indah di pinggiran Sungai Mahakam. Tempat ini buka di jam 15.00 WITA sampai 23.00 WITA, berlokasi di Jalan Slamet Riady No. 75, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

(Baca juga: Sebelum Cusss Libur Long Weekend, Cek Dulu Diskon Hotel dan Tiket Pesawat Ini)

Ada ikon-ikon negara terkenal yang dihias dengan lampion cantik, cocok untuk berswafoto bareng keluarga. Mahakam Lampion Garden juga dilengkapi dengan area food court untuk memanjakan perut kamu.

  • Samarinda Islamic Center

Ada pula spot wisata religi yang terkenal, yakni Samarinda Islamic Center atau yang juga dikenal sebagai Masjid Baitul Muttaqien. Masjid agung dengan desain ala timur tengah ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara.

Banyak umat muslim atau wisatawan yang mengunjungi masjid ini, terutama di musim liburan. Letaknya di Jalan Slamet Riady No. 1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

Nah, setelah lelah seharian menjelajah Samarinda, sekarang saatnya memilih tempat beristirahat saat senja menghadang. Simak yuk rekomendasi hotel murah berikut ini.

Hotel Murah untuk Keluarga di Samarinda
1. RedDoorz near Samarinda Square

Di ibu kota Kalimantan Timur ini, ternyata kita masih bisa menemukan hotel murah untuk keluarga di Samarinda dengan harga puluhan ribu. Di RedDoorz dekat Samarinda Square, harga per malam hanya Rp99 ribu untuk kamar berkapasitas dua orang dewasa dan satu anak kecil.

Hotel ini berlokasi di Jalan AW Syahronie, Gg. Pondok Asri No. 26, Sempaja Selalatan, Sempaja, Kota Samarinda. Fasilitas yang tersedia yaitu terdiri dari Wi-Fi, TV Satelit, toilet di dalam kamar, dan parkir luas. Selain itu, lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan yang paling ngehits di kota tersebut.

2. Airy Eco Syariah Pangeran Suryanata 157

Dengan fasilitas yang sama dengan RedDoorz, ada pula hotel murah untuk keluarga di Samarinda lainnya dengan harga Rp108 ribu per malam. Hotel ini terletak di Jalan Pangeran Suryanata No. 157, Bukit Pinang, Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Di sini, kamu bisa memilih kamar tipe standard double atau standard twin.

3. Airy Eco Syariah Bugis Pirus 30

Mencari kamar yang cukup luas dan dekat dengan Sungai Mahakam? Hotel murah untuk keluarga di Samarinda yang satu ini cocok untuk kamu dan keluarga. Alamatnya ada di Jalan Piruz No. 32, Bugis, Samarinda Kota, dengan harga Rp119 ribu per malam.

Selain kamar tidur, ada juga fasilitas ruang tamu umum yang nyaman. Tipe kamar ber-AC, toilet di dalam kamar, Wi-Fi gratis, peralatan mandi lengkap, dan TV. Hotel ini juga dengan dengan tempat wisata Tepian Mahakam Park.

4. Sleep Well Guest House

Tipe kamar studio yang tidak terlalu luas namun nyaman juga bisa menjadi pilihanmu saat mencari hotel murah untuk keluarga di Samarinda. Salah satunya seperti Sleep Well Guest House yang memiliki tarif Rp175 ribu per malam.

(Baca juga: Liburan Irit, Ini 7 Hotel Murah untuk Keluarga di Balikpapan)

Hotel ini berlokasi di Jalan Agus Salim No. 8, Samarinda. Untuk keluarga kecil, hotel ini cocok karena tampilannya yang simple dan minimalis, serta berada di pusat kota. Hotel ini juga dekat dengan Galeri Samarinda Bahari.

5. Celia Hotel

Ada pula hotel murah untuk keluarga di Samarinda yang dekat dengan Samarinda Islamic Center dan Tepian Mahakam Park sekaligus. Yakni Celia Hotel yang berlokasi di Jalan Delima Dalam No. 07, Sidodadi, Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Harga per malamnya dipatok Rp205 ribu, dengan fasilitas ruang kamar lengkap dengan peralatan mandi, ruang makan umum, dan parkir luas. Untuk kamar yang disertai sarapan untuk dua orang, harganya hanya sekitar Rp245 ribu per malam.

Jadi kapan nih liburan ke Samarinda? Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu pilih lewat CekAja.com supaya agenda jalan-jalanmu semakin nyaman ya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast