Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Cek Kuota Internet 3 Biar Nonton Streaming di Ponsel Lancar Jaya

by CekAja on 2 Mei, 2019

Menentukan provider internet untuk smartphone memang tak boleh sembarangan. Kamu wajib teliti mencermati spesifikasi paket internet yang ditawarkan smartphone agar dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Artikel Newsletter CekAja iPad

Salah satu yang patut menjadi andalan kamu adalah 3 (Three). Selain menawarkan beragam paket internet ekonomis, cara cek kuota internet 3 juga sangat praktis.

Kamu tinggal memilih satu dari beberapa cara cek kuota internet 3 berikut ini yang paling mudah:

  • Cek Kuota Internet 3 via Dial Telepon

Hubungi *111# dari smartphone. Lalu pilih nomor 4 (cek kuota internet), nomor 2 (kuota data), dan nomor 1 (cek kuota). Selanjutnya pilih nomor 1 untuk mengecek kuota data reguler (masa aktif satu tahun) atau nomor 4 untuk kuota Get More (masa aktif satu bulan) . Maka informasi sisa kuota internet kamu pun akan muncul di layar smartphone.

  • Cek Kuota Internet 3 melalui SMS

Ada dua cara mengecek kuota internet 3 melalui SMS, yaitu:

  • Ketik INFO (spasi) DATA untuk mengecek seluruh sisa kuota internet.
  • Ketik INFO (spasi) KUOTA4G untuk mengecek sisa kuota internet 4G.

Kirim SMS ke 234 agar bisa segera mendapatkan informasi seputar kuota internet kamu.

  • Cek Kuota Internet 3 via Aplikasi Bima+

Aplikasi Bima+ kini bisa diunduh melalui Google Play Store dan AppStore. Selanjutnya, kamu tinggal membuat profil baru menggunakan nomor HP kamu. Maka Bima+ pun bisa menampilkan seluruh informasi tentang nomor HP kamu, termasuk informasi sisa kuota internet.

  • Cek Kuota Internet 3 lewat Website

Kalau kamu sedang mengakses internet melalui laptop, dapat membuka website 3 bila ingin mengecek sisa kuota internet. Mulailah dengan mengakses http://internet.tri.co.id/home kemudian lakukan proses login dengan nomor HP dan sejumlah data diri lainnya. Jika sudah berhasil login, informasi tentang sisa kuota internet kamu pun akan segera muncul.

(Baca juga: Ini Ide Isi Liburan Sehari “Anti-Mainstream” di Jakarta)

Selain efektif bisa digunakan untuk mendukung urusan pekerjaan, kuota internet juga dapat dimanfaatkan untuk streaming melalui smartphone. Kamu bisa menyaksikan acara TV, film, atau tayangan menarik lainnya secara praktis. Supaya aktivitas menonton streaming di smartphone semakin lancar, jangan lupa melakukan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Memilih provider internet terbaik

Provider internet unggulan belum tentu benar-benar mampu menyajikan kualitas streaming yang baik. Karena kualitas streaming juga ditentukan oleh sinyal internet di tempat kamu berada. Jadi, sebaiknya cermat memilih provider penyedia layanan internet yang sudah dikenal unggul di kawasan tempat tinggal, kantor, atau tempat kost kamu. Sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas streaming yang istimewa sesuai ekspektasi.

  1. Beli kuota internet dalam jumlah banyak

Hal pertama yang wajib kamu lakukan bila ingin streaming di smartphone adalah membeli kuota internet dalam jumlah banyak. Apalagi kalau kamu memang sering menonton streaming. Jangan sampai kuota internet tiba-tiba habis sehingga mengganggu streaming atau aktivitas lainnya. Biasanya paket kuota internet dengan ukuran besar dibanderol cukup murah bila dibandingkan dengan paket yang kuotanya jauh lebih kecil.

  1. Charging smartphone sampai penuh

Kalau tak ingin proses streaming terganggu, kamu juga wajib mengisi baterai smartphone terlebih dahulu. Lakukan proses ini sampai baterai smartphone benar-benar penuh. Jangan membiasakan diri menonton streaming sambil melakukan proses charging. Karena kebiasaan tersebut akan membuat baterai smartphone lebih cepat rusak.

  1. Membersihkan cache secara teratur

Tak banyak yang tahu bahwa cache smartphone yang tak pernah dibersihkan bisa menurunkan performa smartphone. Karena smartphone terbebani dengan cache dan tidak dapat mengakses streaming secara lancar. Jadi, alangkah lebih baik bila kamu terbiasa membersihkan cache secara teratur. Selain membersihkan secara manual, kamu juga dapat mengandalkan aplikasi pembersih cache populer yang bisa diunduh secara gratis.

  1. Mengunduh aplikasi streaming terbaik

Untuk mendapatkan pengalaman streaming yang istimewa, kamu perlu mengunduh aplikasi streaming terbaik. Jika beruntung, kamu juga dapat mengakses tayangan streaming paling up to date secara gratis. User interface aplikasi streaming berkualitas biasanya sangat praktis dan nyaman digunakan. Sehingga aktivitas streaming pun semakin menyenangkan.

  1. Melakukan persiapan sebelum streaming

Sebaiknya siapkan jeda waktu beberapa menit sebelum memulai aktivitas streaming. Tujuannya, supaya kamu dapat mencari channel streaming secara efektif sebelum acara dimulai. Jika terjadi kendala sebelum streaming berlangsung, kamu bisa mencari aplikasi alternatif lainnya. Maka kamu tak akan ketinggalan proses streaming melalui smartphone.

  1. Turunkan kualitas video

Kamu bisa menghemat penggunaan kuota internet dengan cara menurunkan kualitas video yang ditonton. Jangan menggunakan setting streaming untuk video berkualitas tinggi. Selain efektif menghemat kuota, kamu pun bisa menyaksikan streaming secara lancar tanpa kendala buffering. Cara ini pasti membuat kamu dapat menikmati streaming dengan durasi lebih lama.

  1. Pakai browser terbaik

Tidak semua jenis browser cocok digunakan untuk proses streaming. Kalau kamu tidak melakukan streaming melalui aplikasi tertentu, sebaiknya cari informasi tentang browser yang tepat. Karena ada browser yang mampu menghemat penggunaan kuota internet tanpa mengurangi kualitas streaming. Sehingga kamu bisa menikmati streaming sepuasnya tanpa khawatir kuota internet lekas habis.

Apakah kamu memiliki pengalaman menarik yang berkaitan dengan aktivitas streaming?

Jika teliti menyiapkan streaming dengan baik, niscaya aktivitas tersebut akan berlangsung lancar dan menyenangkan. Kamu juga tak perlu khawatir akan cepat kehabisan kuota internet bila melakukannya dengan teknik yang tepat.

(Baca juga: 6 Layanan Streaming Nonton Film Terbaru Indonesia)

Sama halnya dengan mencari produk keuangan yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu tidak perlu repot menyambangi kantor cabang bank, atau leasing kendaraan hanya untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kartu kredit, atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Cukup ajukan aplikasi lewat CekAja.com, marketplace finansial terbaik yang ada di Indonesia saat ini.  

Tentang Penulis

eCommerce Finansial Pertama di Indonesia