Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cek Langkah Mudah Membangun Skor Kredit dari Nol

by Gentur Putro Jati on 12 September, 2019

Para nasabah perbankan di negara-negara dengan literasi dan inklusi keuangan maju sudah terbiasa menggunakan skor kredit, yang memudahkan mereka dalam mendapatkan berbagai produk finansial dengan bunga lebih rendah.

Sementara pihak bank sebagai calon kreditur akan dimudahkan dalam menilai kelaikan kredit seseorang berdasarkan skor tersebut.

Di Indonesia, skor kredit merupakan layanan finansial yang terbilang baru bagi masyarakat. Skor kredit adalah tiga angka dari skala 0 sampai 850 atau 999 yang menggambarkan tingkat kelaikan kredit seorang nasabah.

Semakin tinggi skor kredit yang dimiliki, maka semakin sehat histori keuangannya. Kondisi yang membuat pihak bank maupun lembaga keuangan non bank lainnya tidak ragu dalam melayani kebutuhan keuangan kamu.

Bukan hanya itu, keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh pemilik skor kredit tinggi adalah bisa menikmati kucuran pinjaman atau kartu kredit dari bank dengan bunga yang lebih rendah.

Semakin tinggi skor kredit seseorang, maka semakin rendah bunga yang dikenakan kepadanya. Asyik bukan?!

(Baca juga: Mengenal Manfaat Skor Kredit untuk Masyarakat dan Industri Keuangan Indonesia)

Sementara jika skor kredit kamu rendah hal itu merefleksikan adanya masalah yang perlu diperbaiki. Misalnya saja kamu selalu terlambat dalam membayar cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau tagihan kartu kredit dari bank.

Segera perbaiki hal itu, sehingga nilaimu bisa meningkat karena skor kredit bisa berubah menyesuaikan dengan kepatuhan dari si debitur dalam menyelesaikan kewajibannya.

Cara membangun skor kredit sendiri

Pada era kemudahan digital, beberapa perusahaan financial technology (fintech) yang beroperasi di negara-negara Asia Tenggara sudah lebih dulu memulai layanan skor kredit.

Mereka telah membantu kliennya menekan risiko kredit secara signifikan, mengurangi waktu yang diperlukan untuk memutuskan penyaluran kredit, sampai mendapatkan segmen nasabah baru.

Di Indonesia sendiri, layanan skor kredit akan mulai dirintis oleh PT Puncak Finansial Utama, pemilik CekAja.com yang dikenal sebagai pionir marketplace finansial di Indonesia.

CekAja.com selama ini menyediakan perbandingan dan memudahkan pengajuan produk-produk keuangan milik mitranya seperti kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), dan berbagai jenis asuransi.

(Baca juga: Pengajuan Kredit Sering Ditolak Bank Tanpa Penjelasan? Skor Kredit Solusinya)

Tidak lama lagi, perusahaan rintisan yang lima tahun lalu didirikan oleh J.P. Ellis tersebut, juga bakal melayani kebutuhan skor kredit bagi masyarakat Indonesia dan perusahaan perbankan yang menjadi mitra terbaiknya.

Untuk membangun skor kredit apa perlu punya kartu kredit?

Kepemilikan kartu kredit pastinya akan mempermudah biro penyedia skor kredit dalam menghitung nilai kamu.

Namun, kalau kamu tidak memiliki kartu kredit, masih ada cara lain untuk menghitung skor kredit kamu kok. Begini caranya:

1. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Membeli mobil melalui pinjaman bank atau leasing adalah cara lain untuk mengetahui skor kredit kamu. Jika selalu melakukan pembayaran tepat waktu, maka hal tersebut bisa mendongkrak skor kredit kamu.

2. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Catatan pembayaran KPR juga bisa kamu gunakan sebagai dasar mendapatkan layanan skor kredit.

3. Tagihan ponsel dan data pasca bayar

Penggunaan paket ponsel dan data pasca bayar juga bisa djadikan data alternatif yang memungkinkan kamu memiliki skor kredit.

4. Pinjaman pribadi

Pinjaman pribadi peer-to-peer dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah membangun skor kreditnya sendiri.

Gampang bukan untuk mendapatkan skor kredit kamu sendiri? Jangan lupa untuk terus membayar seluruh tagihan utang kartu kredit atau utang bentuk lain secara tepat waktu ya. Tujuannya tentu saja agar skor kredit kamu tidak merosot dan bisa terus meningkat.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum