Cek Mitos atau Fakta 5 Hal yang Membatalkan Puasa

2 min. membaca Oleh Gentur Putro Jati on

Ummat Islam di seluruh dunia telah menjalani ibadah puasa sejak 1 Ramadan atau 24 April 2020 yang lalu. Berpuasa atau saum, adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, perbuatan buruk, atau dari segala hal yang melibatkan hawa nafsu sehingga dapat membatalkannya.

Ketahui 6 Penyebab Mual di Jam Kritis Puasa beserta Cara Mengatasinya

Puasa bagi ummat Islam dimulai sejak berkumandang azan Subuh dini hari dan berakhir pada azan Magrib di sore hari. Nah, selain makan dan minum yang sudah jelas-jelas membatalkan puasa, ada beberapa hal yang sering kali dipertanyakan dapat membatalkan puasa atau tidak jika kita melakukannya.

Dirangkum dari beberapa sumber, kita Cek Aja 5 hal ini sekadar mitos atau fakta dapat membatalkan puasa?

1. Berenang

Berenang - Cek Mitos atau Fakta 5 Hal yang Membatalkan Puasa

Beberapa profesi seperti atlet dan pelatih perenang hingga nelayan jenis ikan tertentu mau tidak mau harus nyemplung ke dalam air untuk dapat melakukan pekerjaannya, tidak terkecuali saat sedang berpuasa.

Ustaz Yahya Zainul Ma’arif atau Buya Yahya, mengutip mazhab Imam Syafi’I mengatakan berenang atau menyelam TIDAK MEMBATALKAN PUASA, selama orang yang melakukannya meyakini tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh melalui lubang mulut, hidung, atau telinga.

“Kalau orang yang melakukannya sudah ahli, dia yakin bahwa tidak akan masuk air ke dalam lubang-lubang tersebut, maka tidak apa-apa menyelam dan berenang,” jelasnya.

2. Muntah

Muntah - Cek Mitos atau Fakta 5 Hal yang Membatalkan Puasa

Muntah bisa MEMBATALKAN PUASA kalau dilakukan secara sengaja. Contohnya apabila kamu menderita penyakit Bulimia seperti yang diidap mendiang Putri Diana, maka kebiasaan memuntahkan makanan setelah melahapnya agar tetap kurus jelas akan membatalkan puasa.

(Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Mual di Jam Kritis Puasa beserta Cara Mengatasinya)

Sementara kalau kamu tidak sengaja muntah, maka hal tersebut TIDAK MEMBATALKAN PUASA. Contoh, kamu mencium bau tidak sedap dari bangkai tikus di dekat rumah sehingga membuatmu mual sampai muntah maka hal tersebut tidak mengganggu puasa kamu.

3. Menangis

Menangis - Cek Mitos atau Fakta 5 Hal yang Membatalkan Puasa

Menangis TIDAK MEMBATALKAN PUASA, kecuali air mata yang menetes dengan sengaja kamu telan. Pernyataan yang bilang menangis membatalkan puasa hanyalah mitos, yang biasa diucapkan orang tua kepada anaknya yang terus-terusan merengek dan menangis minta izin berbuka puasa sebelum waktunya karena merasa lapar atau haus.

4. Sikat Gigi

Sikat Gigi - Cek Mitos atau Fakta 5 Hal yang Membatalkan Puasa

Sikat gigi dan berkumur saat mandi seperti biasa TIDAK MEMBATALKAN PUASA. Asalkan kamu tidak melakukannya sesering mungkin, atau dengan sengaja melakukannya untuk mengambil kesempatan meneguk air.

Bukankah Nabi Muhammad SAW selalu mencontohkan pentingnya menjaga kebersihan dan kesegaran mulut bagi ummatnya? Beliau mencontohkannya dengan selalu menggosok gigi menggunakan kayu siwak setiap hendak menunaikan ibadah salat.

5. Mencicipi Masakan

Mencicipi Masakan - Cek Mitos atau Fakta 5 Hal yang Membatalkan Puasa

Bagi seorang ibu rumah tangga yang setiap hari memasak makanan untuk berbuka puasa, mencicipi masakan yang dibuatnya TIDAK MEMBATALKAN PUASA. Caranya adalah dengan meletakkan makanan diujung lidah, dirasakan, lalu dikeluarkan/diludahkan, dan tidak ditelan sedikitpun.

(Baca juga: Rekomendasi 5 Channel YouTube Buat Belajar Masak dengan Mudah)

Sebagai mana diketahui, indra pencecap manusia adalah lidah. Di bagian lidah inilah kita bisa merasakan rasa manis, asin, asam, dan pahit. Jadi saat mencicipnya dengan lidah, kita sudah bisa menentukan rasa dari masakan tersebut tanpa harus menelannya.

Nah, sudah jelaskan mana hal-hal yang membatalkan atau tidak membatalkan puasa. Sebarkan juga informasi ini kepada orang-orang terdekatmu, supaya lebih banyak lagi orang yang mengerti ya.

Tentang kami

Gentur Putro Jati

Gentur Putro Jati