Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cek Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Mudik

by Tisyrin N. T on 6 Juni, 2018

Asuransi perjalanan adalah hal yang paling sering terlupakan oleh seseorang yang akan melakukan perjalanan mudik. Padahal sejatinya, asuransi perjalanan sangatlah penting untuk menunjang perjalanan mudik Anda.

kehabisan tiket mudik _ kartu kredit - CekAja.com

Dengan premi yang sangat terjangkau yaitu di angka mulai dari belasan atau puluhan ribu saja, asuransi perjalanan akan memberikan segudang manfaat kepada para pemudik. Sayang sekali bukan jika tidak memilikinya? Apalah arti premi semurah itu apabila dibandingkan dengan biaya total perjalanan Anda?

Biasanya, pemudik hanya fokus mempersiapkan tiket perjalanan, barang-barang yang akan dibawa, hingga oleh-oleh. Nah, sebelum terlambat, yuk kenali kenapa asuransi perjalanan saat mudik itu penting.

Rumah yang ditinggal pun rawan kemalingan atau kebakaran

Anda mungkin berpikir asuransi perjalanan hanya akan melindungi diri Anda selama perjalanan. Padahal asuransi perjalanan juga bisa melindungi harta benda di dalam rumah yang Anda tinggalkan. Dan, asuransi perjalanan juga bisa menanggung risiko jika terjadi kebakaran.

Ingat, saat musim mudik lebaran, kompleks tempat tinggal Anda akan sepi karena ditinggal para penghuninya. Hal itu merupakan kesempatan emas bagi para pencuri untuk beraksi. Mereka bisa beraksi dengan lebih leluasa.

Anda merasa was-was dengan kondisi seperti itu? Saatnya membeli asuransi perjalanan. Namun, untuk mendapatkan perlindungan bagi rumah Anda, pastikan asuransi yang Anda beli memiliki jaminan perluasan terhadap isi rumah dan kebakaran. (Baca juga: Tiket Kereta Mudik Masih Ada! Ini Jurus-jurus Mendapatkannya)

Mendapatkan ganti rugi saat pesawat delay

Bagi pengguna moda transportasi pesawat, Anda tentu merasa kesal apabila pesawat mengalami delay atau penundaan penerbangan.  Nah, jika Anda memiliki asuransi perjalanan, Anda tak perlu khawatir akan adanya risiko tersebut.

Asuransi perjalanan akan menanggung risiko apabila terjadi keterlambatan atau pembatalan perjalanan. Nah, saat musim mudik, risiko semacam itu rentan terjadi karena padatnya aktivitas di bandara.

Anda tentu akan merasa kesal apabila mengalami hal tersebut. Untuk itu, berjaga-jagalah dengan membeli asuransi perjalanan untuk bekal mudik Anda agar lebih nyaman.

Menanggung risiko jika bagasi hilang

Kepadatan di bandara saat musim mudik juga membuat Anda harus ekstra ketat dalam menjaga barang bawaan. Bagasi rentan hilang saat melakukan perjalanan di musim mudik.

Namun tenang saja, lagi-lagi asuransi perjalanan siap menanggung risikonya. Tak hanya menanggung risiko jika bagasi hilang, asuransi perjalanan juga akan menanggung risiko jika bagasi mengalami kerusakan.

Risiko kecelakaan dan sakit selama perjalanan mengintai

Hal ini memang terdengar menyeramkan bukan? Namun faktanya, risiko kecelakaan memang mengintai para pemudik. Jika melirik data Posko Pusat Operasi Ramadniya Korlantas Polri, terdapat 2.441 kasus kecelakaan pada musim mudik Idul Fitri 2017. Sedangkan pada 2016, jumlah kecelakaan lalu lintas musim mudik 2016 adalah 1.947.

Jika memiliki asuransi perjalanan, pemudik akan terlindungi dari risiko kecelakaan. Asuransi siap menanggung biaya rumah sakit atau kerusakan kendaraan.

Tak hanya kecelakaan, asuransi perjalanan juga akan menanggung risiko apabila pemudik mengalami sakit. Bagaimana, tertarik memiliki asuransi perjalanan untuk mudik?

Selain asuransi perjalanan, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan produk yang hampir serupa yang lebih spesifik yaitu asuransi mudik. Baik asuransi perjalanan maupun asuransi mudik, sama-sama akan memberikan manfaat yang berlimpah bagi Anda. (Baca juga: Fintech Dinilai Tak Akan 'Ganggu' Perbankan, Cek Faktanya!)

E-commerce finansial nomor satu di Indonesia CekAja.com menyediakan berbagai pilihan asuransi termasuk asuransi perjalanan dari berbagai lembaga keuangan terpercaya. Anda dapat mengajukan asuransi secara online sehingga menghemat waktu dan tenaga. Yuk cek demi perjalanan yang lebih nyaman!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami