Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cek Persiapan Rekrutmen Pegawai Pemerintah Setara PNS!

by Miftahul Khoer on 20 Februari, 2019

Pemerintah akan melaksanakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau pegawai setara PNS tahap pertama pada 23 Februari hingga 24 Februari 2019 mendatang.

semangat kerja - CekAja.com

Rekrutmen tenaga pegawai setara PNS ini dilakukan seiring kebutuhan pegawai pemerintah saat ini cukup mendesak. Rekrutmen PPPK tahap pertama dilakukan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK yang merupakan turunan dari Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam beleid tersebut, ada dua pembagian dalam ASN yakni PNS dan PPPK. Rekrutmen PNS sendiri telah dilakukan pada tahun lalu. Untuk mencukupi kebutuhan ASN, maka salah satu caranya dengan membuka peluang bagi PPPK. Rekrutmen PPPK juga sebagai langkah rekrutmen CPNS yang sebelumnya tidak lulus.

362 Pemerintah Daerah Siap

Rekrutmen PPPK atau pegawai pemerintah setara PNS dilaksanakan di berbagai pemerintah daerah. Sebagian besar yang mendaftar adalah mereka yang sebelumnya merupakan pegawai honorer baik di tingkat dinas, lembaga hingga guru honorer.

Selain pemerintah daerah, ada juga dua instansi dari pemerintah pusat yakni Kemenristek Dikti dan Kementerian Agama yang juga membutuhkan tenaga PPPK. Nantinya, mereka akan bekerja seperti biasa, hanya bedanya tingkat kesejahteraan mereka akan setara dengan gaji PNS.

(Baca juga: Gaji Perangkat Desa Akan Setara PNS Golongan IIA, Cek Besarannya!)

1.310 Soal Seleksi

Kemendikbud telah menyerahkan ribuan soal tepatnya 1.310 soal yang akan digunakan untuk tes PPPK kepada Kemendagri. Bagi pelamar yang telah lolos administrasi akan mengikuti seleksi kompetensi dan wawancara.

Adapun jenis seleksi PPPK tersebut antara lain seleksi kompetensi manajerial sebanyak 530 soal, kompetensi sosio kultural 130 soal, uji kompetensi teknis 520 soal, dan wawancara tertulis 130 soal.

Secara rinci, seperti dijelaskan dalam PP No. 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK dijelaskan bahwa kompetensi manajerial merupakan pengetahuan keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.

Kompetensi teknis yakni terkait pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Sementara seleksi kompetensi dilakukan guna menilai kesesuian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi  jabatan.

Adapun kompetensi sosial kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, budaya, perilaku, wawasan kebagsaan, etika, nilai-nilai moral, emosi dan prinsip yang dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memeroleh hasil kerja yang sesuai dengan peran fungsi dan jabatan.

Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural

Dikutip dari laman resmi Setkab, Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan, kompetensi manajerial dan sosio kultural hanya berlaku pada jabatan yang bisa diisi oleh PPPK. Dengan demikian, kelompok soal tersebut disiapkan oleh Kemendikbud. Adapun, soal-soal kompetensi teknis disesuaikan dengan jabatan masing-masing dan disiapkan oleh instansi yang menjaring.

Muhadjir memaparkan pihaknya akan berkomitmen untuk selalu membantu proses pengadaan ASN secara akuntabel dan transparan. “Agar diperoleh calon-calon ASN yang profesional dan berintegritas,” katanya.

(Baca juga: Aturan Baru, Gaji Pegawai Honorer Bakal Sama Dengan PNS!)

Lebih dari 95.290 Pendaftar

Sama seperti rekrutmen PNS, peminat PPPK juga tak kalah antusias. Hingga Minggu, 17 Februari 2019, jumlah peminat PPPK dalam akun terdaftar mencapai 95.290 peserta. Mengutip dari laman Setkab, peserta yang telah selesai mendaftar mencapai 87.561 pelamar. Namun hingga saat ini, data pelamar yang telah diverifikasi baru mencapai 30.111 pelamar. 

Oleh karena itu, Kementerian PANRB mengimbau kepada instansi pemerintah untuk segera melakukan verifikasi para pelamar tersebut untuk dijadikan sebagai proses penentuan jadwal dan tempat tes. 

Nah, apakah kamu salah satu yang akan ikut tes rekrutmen PPPK?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.