Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cek Produk Bank Paling Sering Digunakan Nasabah Disini!

by Maria Nofianti on 21 Februari, 2020

Masyarakat sudah sangat dekat kehidupannya dengan bank. Setiap aktivitas manusia banyak yang berkaitan dengan perbankan. Bank sekarang fungsinya bukan hanya untuk menyimpan uangmu saja. Tapi, ada fungsi lain yaitu tempat transaksi, kredit dan yang paling familiar saat ini adalah sebagai lembaga yang bisa meminjamkan uang.

produk bank paling sering digunakan nasabah

Sampai 2019 di Indonesia terdapat 115 bank umum dan 1.597 Bank Perkreditan Rakyat (BPR).  Bank juga mempunyai banyak produk yang memiliki banyak manfaat bagi kebutuhan finansial kamu.  Bank juga sekarang tidak hanya digunakan oleh nasabah individu saja, tapi ada banyak perusahaan besar yang juga menyimpan uangnya di bank karena sifatnya yang relatif aman.

Saat kamu menyimpan uang di bank kamu juga akan mendapatkan bunga bank yaitu jasa karena menyimpan uang di bank. Inilah yang membuat bank banyak diminati masyarakat. Semua uangnya juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dari semua produk di bank ada 5 produk bank paling sering digunakan nasabah. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Tabungan

Produk bank yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh nasabah adalah tabungan. Produk ini menjadi populer karena dianggap sebagai tempat yang aman untuk menyimpan uang. Tabungan sekarang juga memiliki banyak jenisnya seperti tabungan haji, tabungan pendidikan, tabungan umum dan masih banyak lainnya. Tabungan sebagai produk bank paling sering digunakan nasabah ini memiliki beberapa hal yang mesti kamu ketahui seperti:

  • Buku tabungan : ini adalah buku untuk mencatat segala aktivitas keuangan yang terjadi dalam rekeningmu. Saat kamu menyimpan uang, menarik uang, transfer dan juga bunga akan ditulis disini.
  • Setoran awal : setiap akan menabung di bank pasti kamu akan diminta untuk memberikan setoran awal. setiap bank akan berbeda-beda dalam menetapkan setoran awal ini. Ada yang hanya Rp50.000 kamu bisa membuka rekening bank, tapi ada juga yang minimal setoran awal Rp500.000 untuk bisa membuka rekening.
  • Bunga bank : ini yang membuat masyarakat mau menyimpan uangnya di bank. Kamu akan mendapatkan keuntungan meskipun nilainya lebih kecil dari investasi.
  • ATM : fasilitas yang diberikan kepada nasabah yang akan mempermudah nasabah dalam melakukan kegiatan transaksi keuangan seperti transfer, tarik tunai dan bahkan beberapa sudah bisa yang setor tunai.

Dengan menabung di bank kamu akan mendapatkan banyak keuntungan loh. Keuntungan itu misalnya kamu tidak usah khawatir lagi uangmu akan dicuri karena pihak bank tentu akan menjamin uang yang ditabung oleh kamu. Selain itu jaminan itu sendiri bukan datang hanya dari bank saja. Seperti yang telah disebutkan bahwa uang yang berada di bank telah dijamin oleh lembaga pemerintah bernama LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Dengan ini kamu akan lebih aman menyimpan uang di bank. Kamu juga bisa lebih hemat karena kamu memiliki tabungan di bank. Paling tidak kamu akan menyisihkan uangmu untuk ditabung di bank. Dengan menabung di bank juga kamu akan mendapatkan kemudahan dalam membayar berbagai transaksi seperti bayar PLN atau layanan elektronik lainnya melalui ATM atau mobile banking.

Inilah salah satu yang penting saat ini, kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi. Saat ini kita dimanjakan dengan layanan online perbankan, kita tak lagi berlama lama antri untuk membayar listrik, atau lupa membayar listrik.

(Baca Juga: Syarat Untuk Mendapatkan Kredit Multiguna Bank Mandiri)

Selain itu ada manfaat menabung yang tak bisa dipungkiri. Jika Anda baru saja lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan impian, dan mulai bekerja serta memiliki banyak pengeluaran setiap bulan seperti biaya sewa rumah, kos, apartemen, dan biaya perjalanan. Mungkin akan sulit memprioritaskan menabung setiap bulannya. Tapi tak ada salahnya jika mau tetap mencoba menabung. Karena menabung memiliki manfaat yang sangat bagus. Terlebih untuk kondisi keuangan di masa depan.

Misalnya saja manfaat menabung yang akan kita rasakan adalah kita akan mandiri secara finansial lebih cepat. Ya, terkecuali jika Anda senang mengandalkan uang dari orang tua selamanya (dan mereka mungkin kurang bahagia tentang Anda tentang hal ini). Ada saatnya kita harus berdiri di atas kedua kaki sendiri secara finansial pada akhirnya. Memiliki tabungan dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan ini, karena kamu dapat menggunakan dana ini untuk membantu memiliki rumah sendiri, kendaraan, dll, atau melunasi hutang yang mungkin kamu miliki lebih cepat.

Tabungan di bank memang menjadi satu produk yang banyak diminati nasabah. Manfaat lain menabung adalah membuat kamu juga tidak perlu khawatir dengan pengeluaran yang tidak terduga.  Misalnya saja pada titik tertentu, kita semua menghadapi tagihan besar yang belum kita rencanakan, apakah itu untuk memperbaiki mobil kita atau mengganti laptop yang rusak. Jika kita memiliki tabungan, kita dapat menggunakan beberapa di antaranya untuk menutup biaya tersebut, tanpa harus beralih ke kartu kredit atau pinjaman pribadi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Selain itu, tabungan membuat kita memiliki cadangan keuangan jika kita kehilangan pekerjaan. Tentu saja jika tiba-tiba menemukan diri kehilangan pekerjaan atau memutuskan resign dan menganggur bisa menakutkan, tetapi itu adalah sesuatu yang banyak orang akan alami pada suatu saat. Memiliki penyangga tabungan tersedia untuk membantu menutupi biaya hidup kamu saat kamu mencoba menemukan pekerjaan baru dapat memberi Anda ketenangan pikiran.

2. Giro

Ada banyak orang yang tidak bisa membedakan apa itu giro dengan tabungan. Karena memang hampir mirip antara giro dengan tabungan. Mereka sama-sama untuk menyimpan uang. Beberapa hal yang membedakan giro dengan tabungan adalah biasanya tabungan dimiliki oleh nasabah individu tapi giro biasanya dimiliki oleh badan usaha. Jumlah uang yang disimpan di giro juga tidak memiliki batasan sehingga giro mampu melakukan transaksi transfer uang dengan jumlah yang besar. Giro juga tidak bisa dipakai dengan menggunakan ATM seperti tabungan biasa. Untuk menarik dan melakukan transfer pada giro kamu harus mengisi bilyet giro dan tidak boleh diwakilkan. Saat kamu akan membuka rekening untuk produk giro maka kamu harus mempunyai NPWP.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki giro antara lain adalah:

  • Aman dan praktis jika harus melakukan transaksi dengan jumlah nominal yang sangat besar jadi kamu tidak usah repot membawa uang tunai yang bisa jadi malah mengundang kejahatan.
  • Pada giro tidak ada limit dalam melakukan pembayaran atau pembelian, selama saldo kamu mencukupi kamu bisa dengan bebas melakukan pembayaran atau pembelian.
  • Giro mempermudah transaksi besar karena biasanya giro dipakai untuk membayar gaji karyawan, bayangkan repotnya jika tidak memakai giro untuk membayar gaji karyawan dengan jumlah yang banyak.
3. Deposito

Deposito juga menjadi salah satu produk bank paling sering digunakan nasabah. Ini adalah simpanan dengan jangka waktu tertentu. Biasanya mereka memakai deposito untuk berinvestasi. Terutama kalangan ibu-ibu yang ragu berinvestasi saham atau reksa dana. Bunga yang diterapkan juga lebih tinggi daripada produk simpanan lainnya di bank. Kamu akan mendapat penalti jika kamu mencairkan tidak pada waktu yang sudah ditentukan. Menyimpan uang sebagai deposito di bank memiliki batas waktu penyimpanan yaitu mulai dari 1, 3, 6, 12 bulan sampai ke 24 bulan. Keunggulannya kamu bisa menyimpannya dengan mata uang lain selain rupiah. Dengan memiliki deposito kamu bisa menjadikannya sebagai jaminan loh kala kamu membutuhkan jaminan dalam peminjaman di bank. Kamu juga bisa mengelola uang kamu dengan rencana terbaik. Karena ini berjangka waktu yang lumayan lama dan memiliki bunga tinggi maka kamu bisa rencanakan untuk masa depan kamu nantinya.

4. Kredit

Satu lagi produk bank paling sering digunakan nasabah yaitu kredit. Ini adalah produk dari bank yang membuat nasabah akan membayarkan barang yang akan dibeli nanti setelah dibayarkan oleh bank dulu. Dalam kredit ada banyak karakteristiknya seperti jangka waktu yang dibutuhkan untuk pelunasan, suku bunga yang sudah disetujui, jaminan, cara pembayaran kredit, biaya administrasi sampai asuransi jiwa jika ada risiko meninggal dunia. Ada banyak jenis kredit yang ditawarkan oleh bank seperti:

Kredit rumah

Kredit yang memiliki tujuan untuk bisa memiliki rumah ini juga banyak diminati nasabah. Kredit ini sangat membantu dimana semakin tahun harga rumah semakin mahal. Dengan adanya kredit rumah kamu bisa mendapatkan rumah impian. Cicilannya juga memiliki waktu yang panjang hingga 20 tahun dan ini membuatnya menjadi murah.

Kredit usaha

Kredit yang tujuannya untuk para pengusaha ini memiliki jumlah pinjaman yang lumayan besar. Karena itu bank tidak akan sembarangan menerima siapa saja untuk melakukan kredit usaha ini. Bank juga harus mampu memperhitungkan kemampuan dalam mengembalikannya. Kamu juga harus punya usaha minimal satu tahun.

Selain dua kredit diatas masih ada jenis kredit lain seperti kredit tanpa agunan, kredit motor/mobil, dan kartu kredit. Dalam melakukan pinjaman kredit seperti ini biasanya kamu akan disurvei latar belakang kamu dan alasan kamu mengambil kredit.

5. Layanan jasa

Sekarang ini produk bank dalam layanan jasa semakin menjadi yang populer. Hal ini disebabkan nasabah akan lebih mudah dalam melakukan berbagai transaksi keuangan seperti pembelian, pembayaran, transfer dan penagihan. Di jaman yang serba digital sekarang semua bentuk transaksi keuangan seperti di atas akan dilayani melalui ATM, Internet Banking, SmS Banking, Mobile Banking. Transaksi langsung kepada teller juga masih digunakan. Manfaat dari layanan jasa dari bank ini adalah lebih hemat waktu dalam prosesnya, karena ini menggunakan system online jadi waktu yang dipakai sangat singkat. Kedua adalah transaksi ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kamu tidak harus repot-repot ke bank untuk transaksi itu. Kemudian selanjutnya adalah transaksi menjadi lebih aman karena memakai PIN yang hanya kamu yang tahu.

Nah itu dia 5 produk bank paling sering digunakan nasabah yang perlu kamu tahu. Setiap produk dari bank selalu ada manfaat dan risikonya. Dengan memahami manfaat dan risikonya tentu kamu akan menemukan produk bank yang tepat untuk kamu. Semoga tulisan ini membantu ya!

Untuk mendapatkan kredit terbaik kamu bisa ajukan hanya di Cekaja.com.

Tentang Penulis