Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cek Saldo Bank Danamon Dulu Biar Hobi Traveling Gak Bikin Kantong Kering

by CekAja on 5 April, 2019

Traveling merupakan kegiatan yang amat digandrungi generasi milenial. Mayoritas muda-mudi masa kini memiliki hobi traveling untuk memuaskan hasrat eksplorasi tempat baru sekaligus sarana untuk menghibur diri sendiri.

kaya berkat traveling - CekAja.com

Sayangnya, hobi traveling yang tidak dikelola dengan baik malah rentan membuat isi tabungan terkuras habis. Percuma kan sudah hafal cara cek saldo Bank Danamon atau bank lainnya kalau tabungan kamu ternyata kosong bin zonk?

Kamu tak perlu khawatir hobi traveling bisa terganggu kondisi finansial. Lakukan beberapa siasat ini agar kamu tetap bisa menikmati pengalaman traveling sesuai rencana.

1. Dahulukan kebutuhan wajib

Ketika kamu sudah menerima gaji setiap bulan, segera cek saldo dan gunakan sebagian gaji tersebut untuk berbagai kebutuhan penting. Kebutuhan pribadi, rumah tangga, tagihan, dan cicilan lainnya wajib menjadi prioritas untuk dipenuhi. Jangan sampai kamu memanfaatkan gaji untuk traveling hingga akhirnya mengalami kesulitan finansial di akhir bulan.

Jika kamu adalah nasabah bank Danamon, bisa mengecek saldo secara mudah dengan melakukan satu dari beberapa cara ini:

  • Cek Saldo Bank Danamon via ATM

Kunjungi ATM Danamon yang lokasinya paling dekat dengan kamu. Kini, ATM Danamon mulai tersebar di berbagai pusat perbelanjaan dan minimarket. Sehingga aksesnya semakin mudah dan menghemat waktu.

Setelah memasukkan kartu ATM dan PIN, kamu tinggal memilih menu informasi rekening untuk mengakses informasi saldo tabungan yang ada.

  • Cek Saldo Bank Danamon via D-Bank

Bank Danamon memiliki aplikasi mobile banking bernama D-Bank. Kamu dapat menggunakan fitur-fitur D-Bank bila sudah melakukan registrasi terlebih dahulu. Jangan ragu meminta bantuan staf customer service Bank Danamon untuk mengurus mobile banking. Jika sudah memiliki user ID dan password, kamu pun leluasa mengecek info saldo tabungan melalui D-Bank.

  • Cek Saldo Bank Danamon via Online Banking

Kalau kamu sering terhubung dengan laptop, manfaatkan layanan online banking Bank Danamon secara praktis. Hampir sama dengan aplikasi D-Bank, kamu juga harus memiliki user ID dan password online banking terlebih dahulu.

Selanjutnya, kamu bisa login di https://www.danamonline.com/ jika ingin mengakses info saldo tabungan secara real time.

2. Sisihkan dana khusus untuk traveling

Jika kamu memiliki wish list tertentu, pasti giat menabung untuk mewujudkannya. Jadi, rencana traveling juga harus menjadi bagian dari wish list tersebut, supaya kamu lebih bersemangat untuk menabung. Jangan malas menyisihkan sebagian pendapatan secara teratur demi mewujudkan rencana traveling dalam waktu dekat.

(Baca juga: Rupiah Anjlok? Lakukan Ini Saat Traveling ke Luar Negeri)

Bila rencana traveling kamu berhasil terwujud, maka kamu bisa memulainya lagi untuk traveling ke tempat lain.

3. Solo backpacking

Keinginan untuk menantang adrenalin saat traveling dapat diwujudkan kalau kamu menjadi solo backpacker. Biaya traveling bagi backpacker jelas lebih terjangkau daripada cozy trip. Kamu bisa menghemat biaya penginapan, makan, dan transportasi.

Sebenarnya konsep backpacker tak kalah menyenangkan dibandingkan dengan traveling mewah. Kamu bisa mengenal kehidupan masyarakat lokal di luar kota atau luar negeri secara lebih dekat. Keistimewaan tersebut pasti tidak bisa kamu dapatkan ketika melakukan cozy trip dengan fasilitas yang disiapkan perusahaan tour and travel.

4. Kerja sampingan sebagai tour guide

Kamu yang berprofesi sebagai freelancer bisa menekuni pekerjaan sampingan sebagai tour guide. Pekerjaan sampingan tersebut tentu sesuai dengan hobi traveling. Sehingga kamu akan menjalaninya dengan konsisten dan bahagia.

Selain bisa mendapatkan akses wisata gratis, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dengan jumlah yang lumayan. Bahkan, peluang tambahan penghasilan juga bisa berasal dari uang tip para wisatawan yang kamu dampingi.

5. Jajal profesi travel blogger

Selain menjadi tour guide, kamu juga bisa menjajal profesi travel blogger untuk mendapatkan akomodasi traveling gratis. Namun, kamu harus merintisnya dengan biaya pribadi dan menuangkan pengalaman traveling dalam bentuk dokumentasi yang menarik.

Para travel blogger kini juga mulai aktif membagikan pengalamannya dalam bentuk vlog.

Seiring dengan peningkatan popularitasmu, maka peluang untuk mendapatkan sponsor perjalanan pun akan semakin besar. Kini, banyak brand bisnis yang tak segan menggunakan jasa travel blogger untuk mempopulerkan produk dan jasanya.

6. Jangan repot membeli bagasi

Barang bawaan atau oleh-oleh yang terlalu banyak membuat kamu harus membeli bagasi ketika naik pesawat. Padahal, harga bagasi kini semakin mahal dan akan menguras isi tabungan kamu.

Alangkah lebih baik jika kamu tidak membawa perbekalan atau membeli oleh-oleh berlebihan. Bawalah barang-barang penting yang bisa dimuat di kabin pesawat atau dibawa dengan hand carry. Semakin sering traveling, maka kamu akan semakin mahir menyeleksi barang bawaan yang penting dan kurang penting.

7. Buka jasa titip saat traveling

Mungkin kamu termasuk tipe orang yang selalu butuh bagasi ketika traveling. Untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya kamu membuka bisnis jasa titip sebelum traveling.

(Baca juga: Traveling Saat Ramadan? Mengapa Tidak!)

Maka biaya bagasi kamu akan terbayar lunas dengan membawa barang-barang pesanan pelanggan. Bisnis jasa titip kini semakin menjanjikan karena keuntungannya cukup besar. Barang-barang yang hanya ada di luar kota atau luar negeri biasanya laris dipesan oleh pelanggan.

Kamu bisa memulai bisnis jasa titip dari lingkungan terdekat, misalnya sahabat dan rekan-rekan kerja. Jangan lupa pula membuat akun media sosial khusus untuk memuat informasi jasa titip, jadwal keberangkatan, dan testimoni dari para pelanggan.

Kesimpulannya, tak perlu pesimistis dengan hobi traveling yang kerap dianggap sebagai pemborosan. Kamu hanya perlu lebih cermat mengelola uang pribadi agar tetap stabil tanpa mengorbankan hobi traveling.

Nah, sebelum pergi melancong ke tempat-tempat wisata eksotis di dalam maupun luar negeri, jangan lupa lindungi diri kamu dengan asuransi perjalanan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami