Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time  

by Gesti Weningtyas on 20 Maret, 2020

Virus Corona yang semakin mewabah membuat beberapa pengembang di belahan dunia bersatu untuk menampilkan sebaran virus Corona melalui situs resmi yang bisa diakses oleh berbagai masyarakat. Data yang disajikan terkait perkembangan virus korona atau Covid-19 tersebut diharapkan bisa menjadi wadah informasi untuk masyarakat agar mengetahui kondisi sebaran virus korona secara real-time. Beberapa negara situs resmi ini sudah digunakan dan bahkan untuk Korea Selatan sendiri mewajibkan aplikasi khusus virus Corona. Aplikasi tersebut diakses oleh para turis sehingga mereka bisa mencatat suhu tubuh dan mengisi kolom-kolom terkait gejala Covid-19. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah ada beberapa situs resmi informasi terkait penyebaran virus Corona. Yaitu situs milik Kemenkes dari pemerintah pusat dan beberapa daerah seperti DKI Jakarta serta Jawa barat juga telah meluncurkan website serupa.

Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time  

Saat ini ratusan ribu orang sudah terinfeksi di berbagai negara dengan korban meninggal 7.171 dan pasien yang sembuh menjadi 79.881 orang. Who menyebutkan bahwa pandemi virus Corona ini semakin meluas di sejumlah negara. Selain Tiongkok Italia menjadi negara yang memiliki jumlah korban virus Corona terbanyak yaitu 27.980 orang terinfeksi dan korban meninggal 2.158 orang. Kemudian negara selanjutnya setelah Italia adalah Iran dengan jumlah kasus 14.991 pasien dan korban yang meninggal sudah mencapai 853 orang per 17 Maret 2020. Posisi selanjutnya adalah Spanyol dengan angka kasus 9.942 kasus dan angka kematian 342 orang. Sementara di Indonesia sendiri total pasien yang tertular mencapai 134 orang per 17 Maret 2020. Oleh karena itu penting buat kamu apabila ingin mengetahui informasi yang lebih terkini terkait berapa penambahan jumlah dan angka kasus terkait virus Corona melalui situs informasi sebaran virus Corona.

Situs Informasi Sebaran Virus Corona:
1. Nexstrain

Nexstrain - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Nexstrain merupakan salah satu situs yang menyediakan data terkait sebaran virus Corona secara digital melalui peta. Namun berbeda dengan situs lainnya Nexstrain memberikan data yang lebih teknis dan menyediakan perubahan genom dari virus SARS-cov-2. Sehingga tidak hanya memberikan informasi terkait jumlah pasien yang telah terkena virus saja namun juga memberikan peta dan penjabaran secara detail terkait mutasi virus tersebut dari pertama kali muncul di Wuhan hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

(Baca Juga: Penularan Corona di Acara Besar Sangat Berbahaya, Banyak Acara yang Ditunda)

Pengembang situs informasi virus Corona ini menyediakan data tersebut dari yang merupakan lembaga nirlaba tempat berbagi data soal virus influenza di seluruh dunia. Badan kesehatan yang juga turut menyumbang data di badan tersebut adalah Jerman, Singapura, Amerika Serikat. Dengan melihat data dari situs ini kamu bisa melihat perkembangan virus influenza yang dulu juga sempat mewabah.

2. Bing Covid Tracker

Bing Covid Tracker - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Bing Covid Tracker merupakan salah satu situs yang juga menyediakan informasi terkait virus Corona. Informasi yang disediakan pada situs ini adalah jumlah orang yang sudah terinfeksi baik total yang masih dalam perawatan maupun orang yang sudah sembuh. Selain itu disebutkan juga jumlah fatal kasus atau korban yang meninggal akibat virus Corona dari seluruh dunia. Selain itu ada juga berbagai video terkait virus Corona atau beberapa orang yang membuat video dan menceritakan kondisi mereka saat ini di negara asalnya. kamu juga bisa mengakses berita terkini tentang virus Corona dari berbagai media asing di situs ini. Situs informasi besutan Microsoft tersebut diluncurkan untuk memberi lebih banyak informasi terkait penyebaran virus Corona dari seluruh negara. Banyak orang-orang yang bekerja untuk membuat pemetaan dan sumber berita resmi. sehingga orang-orang yang masuk dalam situs resmi ini tentunya terhindar dari informasi hoax karena berita dan artikel maupun video di situs tersebut berasal dari media terpercaya.

Situs Bing ini merupakan bentuk kepedulian Microsoft terhadap virus Corona. Hal ini terkait himbauan dari presiden Amerika serikat Donald Trump yang sudah meminta perusahaan teknologi raksasa untuk bersama-sama membantu pencegahan virus Corona lebih meluas.

3. WHO

WHO - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Kamu juga bisa mengakses peta yang cukup interaktif dari WHO atau badan kesehatan dunia. Peta tersebut akan menunjukkan total kasus infeksi di seluruh dunia, jumlah kematian dan negara-negara yang sudah terinfeksi oleh virus Corona kamu juga bisa mengakses grafik jumlah Kasus yang sudah terjadi menurut tanggal. Lebih detail lagi peta tersebut bisa kamu gunakan untuk melihat data infeksi virus Corona berdasarkan provinsi dari setiap negara.

4. Healthmap

Healthmap - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Peta yang dikembangkan oleh mapbox ini data yang merupakan kontribusi dari berbagai pihak. Dan ada pula animasi terkait penyebaran virus Corona mulai dari China dan negara lainnya. Help map ini dikembangkan oleh berbagai kelompok peneliti, epidemiologis, hingga pengembang software dari rumah sakit Boston children yang sering memberikan sumber informasi secara online saat terjadi wabah.

Kamu juga bisa melihat siapa saja yang sudah menyumbang pembaruan data di peta dengan klik tulisan full list contributors. dengan demikian, data yang diberikan pun terjaga keakuratannya dan jelas sumbernya.

5. The Wuhan Virus

The Wuhan Virus - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Situs informasi the buhan Virus ini menyediakan peta yang berisi data orang yang terinfeksi virus Corona namun sayangnya kamu tidak bisa melakukan zoom atau melihat detail berapa jumlah pasien di tiap negara. Pengembang situs ini hanya memberikan data angka peningkatan kasus virus Corona dan dibuat oleh the Base Lab.

6. John Hopkins

John Hopkins - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Peta digital dari universitas John Hopkins Amerika serikat ini dinilai lebih akurat karena dibuat oleh departemen sipil universitas John Hopkins dari berbagai sumber seperti WHO, US Centers for disease control and prevention national health conditions of the people’s Republic of China dan Ding Xiang Yuan, yang merupakan situs jejaring sosial bagi tenaga medis yang menyediakan informasi kasus virus Corona secara real time.

Peta dari John Hopkins ini cukup interaktif dan kamu bisa melihat berapa jumlah orang yang sudah terinfeksi Virus Corona maupun yang sudah sembuh dan yang telah meninggal. Ada juga grafik total terinfeksi di berbagai wilayah. kamu juga bisa melakukan perbesaran atau zoom untuk melakukan untuk melihat jumlah kasus di berbagai negara tertentu bahkan khusus kawasan Amerika serikat, kamu juga bisa melihat berapa jumlah kasus secara detail di tiap negara bagian Amerika serikat.

7. Corona Tracker

Corona Tracker - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Hampir sama dengan situs milik Bing, ada juga situs Corona Tracker. Platform satu ini menyajikan berbagai informasi terkait virus Corona dari negara-negara yang sudah terinfeksi dengan berita resmi dan terpercaya. kamu bisa melihat grafik kenaikan angka kasus virus Corona dan jumlahnya dari berbagai negara. dengan tampilan situs yang cukup ramah dengan pengguna kamu juga dapat melihat angka kasus setiap negara dan kamu juga bisa gabung dengan grup telegram mereka untuk menyampaikan kondisi terkini di wilayahmu sekarang terkait virus Corona. Situs ini mengambil data-data dari WHO dan berbagai organisasi kesehatan lainnya media terpercaya internasional yang menyajikan data real Time terkait sebaran virus Corona.

8. WorldoMeters.info

WorldoMeters - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Situs ini juga menyajikan sebaran virus Corona dari berbagai negara dan juga artikel terkait virus Corona seperti masa inkubasi, kemunculan angka kasus pertama dan berbagai informasi lainnya. Hampir sama dengan website ini, Kff.org juga menyajikan data yang sama. keduanya bisa kamu akses dengan mudah melalui ponsel untuk melihat sebaran virus Corona di berbagai belahan dunia dan detail jumlah korban yang sudah terinfeksi Virus Corona yang ada di setiap negara.

Situs Informasi Sebaran Virus Corona di Indonesia

Selain situs-situs yang berasal dari lembaga internasional atau asing pemerintah kita juga telah memberikan situs penyebaran peta Corona secara real-time melalui situs milik kementerian Kesehatan yang bisa kamu akses.  Dalam situs tersebut ada beberapa pembaruan informasi terkait virus Corona dari jumlah Kasus yang sudah dikonfirmasi negara yang sudah terjangkit hingga kondisi Indonesia dan data terbaru terkait situasi terkini yang telah ditampilkan. data secara nasional ini bisa kamu akses melalui website resmi kementerian Kesehatan di http://infeksiemerging.kemkes.go.id/

Kamu akan mendapatkan data terkait pasien virus Corona dan berbagai informasi penting lainnya.

Corona Jakarta

Corona Jakarta - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

pemerintah provinsi DKI Jakarta juga telah membuat situs yang khusus memberikan informasi terkait penyebaran virus Corona di kota Jakarta secara real-time. sehingga buat kamu yang tinggal di kota Jakarta bisa dengan mudah mengakses situs di alamat https://corona.jakarta.go.id.

Situs ini menunjukkan data jumlah pasien yang sudah masuk daftar orang dalam pemantauan serta pasien dalam pengawasan ada juga peta penyebaran virus, dari kawasan Jakarta barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara hingga Jakarta Pusat. kamu juga akan mendapatkan informasi penting terkait virus Corona alias penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh SARS-CoV2 ini terkait gejala hingga penularan maupun apa saja yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dari coronavirus seperti menutup mulut dan hidung saat batuk dan melakukan desinfeksi permukaan benda yang sering disentuh, menggunakan masker saat sakit, cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi dan juga olahraga. Dalam situs tersebut juga disediakan layanan hotline apabila kamu mengalami gejala mirip seperti Covid-19.

Pikobar

Pikobar - Cek Situs Informasi Penyebaran Corona Real Time

Pikobar merupakan situs pusat Informasi dan koordinasi Covid-19 yang diluncurkan oleh gubernur Jawa barat dan tidak berbeda jauh dengan situs Corona Jakarta. pada bagian beranda. Laman website ini menunjukkan nomor hotline yang bisa dihubungi oleh masyarakat apabila ingin bertanya maupun melaporkan hal-hal darurat terkait coronavirus.

Situs ini juga menampilkan sebaran dari virus Corona secara berkala dan diperbaharui. Kamu bisa mengetahui daerah mana yang paling banyak orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan, maupun pasien yang sudah konfirmasi positif terkena virus Corona. Kamu bisa mengaksesnya di https://pikobar.jabarprov.go.id/#/

Nah, demikian adalah berbagai situs resmi yang memberikan informasi terkait penyebaran virus Corona baik di dalam negeri maupun secara keseluruhan dari berbagai negara. Saat ini ini setiap lini dari pengembangan teknologi hingga ilmuwan bersatu untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan memberikan informasi penyebaran virus Corona melalui situs atau website agar lebih mudah diakses oleh masyarakat dari seluruh dunia.

Persiapan Dana Saat Kondisi Darurat

Disaat kondisi seperti ini, tentunya kebutuhan dan ada nya dana tak terduga bisa saja terjadi. Jika kamu memerlukan dana cepat dan aman, kini hadir JULO.

Bersama JULO, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana yang bisa kamu gunakan untuk persiapan dana darurat kamu. Segera ajukan pinjaman dana mu bersama JULO!

Tentang Penulis