Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Cek Yuk! 5 Mobil Daihatsu Terlaris

by Miftahul Khoer on 15 January, 2019

Daihatsu adalah salah satu penguasa di pasar otomotif Indonesia. Daihatsu berada di posisi kedua pangsa pasar otomotif di negara ini. Lalu, apa saja mobil Daihatsu terlaris? Cek yuk!

City Car Mobil Hatchback - CekAja
Dalam kurun waktu 10 tahun belakangan, Daihatsu masih mengekor Toyota yang penjualan mobilnya nomor satu. Sepanjang 2018, pangsa pasar Daihatsu tercatat berada di posisi kedua yakni sekitar 17,4 persen atau di bawah Toyota yang sudah lebih dari 32 persen.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) hingga November 2018, Daihatsu telah mencatat penjualan hingga 178.566 unit. Yuk simak apa saja mobil terlaris keluaran Daihatsu?

Sigra 

Sejak diluncurkan pada Agustus 2016, Daihatsu Sigra langsung menjadi primadona PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil kembaran Toyota Calya ini memang menjadi pilihan para pecinta mobil khususnya kalangan keluarga muda.

Mobil ini dibanderol mulai dari Rp111 jutaan hingga Rp152 jutaan. Sepanjang 11 bulan pada 2018 atau dari Januari hingga November, Sigra telah mencatat penjualan 43.967 unit.

Mobil ini tergolong terjangkau bagi Anda yang punya bujet terbatas tetapi ingin memiliki kendaraan. Mobil ini cukup elegan karena memiliki dashboard mewah dengan sentuhan dua tone warna yang modern dan stylish. Desain yang cukup mewah menjadikan MVP dengan 7 kursi ini cocok untuk Anda pilih.

(Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Bujet Cuma Rp80 Juta? Beli Mobil Ini Saja)

Gran Max 

Mobil laris kedua dari Daihatsu adalah Gran Max. Ada dua tipe untuk Gran Max yang dipasarkan di Indonesia yakni tipe MB penumpang dan pick up. Sepanjang Januari hingga November 2018, Gran Max telah mencatat penjualan hingga 38.389 unit.

Harga Gran Max MB dibanderol mulai dari Rp155 jutaan hingga Rp171 jutaan. Sementara Gran Max pick up mulai dari Rp124 jutaan hingga Rp155 jutaan.

Gran Max terkenal sebagai mobil yang bisa menampung banyak muatan. Ada anekdot bahwa mobil ini disebut sebagai gerobak berjalan karena saking banyaknya muatan yang bisa ditampung dalam satu mobil ini.

So, buat Anda yang ingin beli mobil yang dapat mengangkut banyak anggota keluarga, mobil ini bisa jadi pertimbangan.

Xenia

Jika Toyota punya produk andalan yakni Avanza si mobil sejuta umat, maka Daihatsu punya kembarannya yang telah sama-sama meluncur sejak 2003 yakni Xenia. Sepanjang Januari – November 2018, Xenia berhasil mencatatkan penjualan hingga 27.808 unit.

Mobil jenis MVP ini juga menjadi produk andalan bagi kalangan keluarga yang ingin berhemat dan memiliki mobil sekelas Avanza. Mobil bertransmisi manual 5 percepatan dan otomatis dengan 4 percepatan ini menjadi penyumbang ketiga penjualan Daihatsu.

Untuk urusan mesin, jangan khawatir. Ada dua tipe mesin yang dikeluarkan Daihatsu untuk salah satu anak emasnya yakni 1000 cc dan 1300 cc. Dan kabarnya Xenia keluaran terbaru akan segera meluncur. Wah, pasti banyak yang menanti kehadirannya.

(Baca juga: Ingin Balik Nama Mobil? Ini Ketentuan dan Rincian Biayanya)

Terios 

Boleh dibilang mobil satu ini adalah generasi terbarunya Daihatsu Taruna. Terios diluncurkan untuk membayang-bayangi kehadiran Toyota Rush yang mulai diproduksi pada 2006. Dan, hingga kini memang Terios dan Rush seperti anak kembar.

Penjualan Terios pada Januari hingga November 2018 tercatat telah mencapai 26.402 unit. Tentu Terios keluaran terbaru cukup berkontribusi besar terhadap penjualan Terios.

Khusus untuk Terios keluaran terbaru, mobil ini dibanderol mulai Rp195 juta untuk varian 1.5 X MT dan paling mahal Terios 1.5 R AT Deluxe dengan harga 247,9 juta. Terios anyar ini memiliki bodi yang elegan dan perwajahan baru. 

Ayla

Salah satu mobil low cost green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan yang paling laris adalah Daihatsu Ayla. Mobil ini dijual mulai Rp95 jutaan hingga Rp149 jutaan. Sepanjang Januari – November 2018, Ayla telah terjual hingga 22.251 unit.

Ayla kali pertama diluncurkan sejak 2013 berbarengan dengan saudara kembarnya Toyota Agya. Mobil ini memiliki dua tipe transmisi yakni manual dengan lima transmisi dan otomatis dengan empat transmisi.

Nah, itulah mobil-mobil keluaran Daihatsu yang paling laris sepanjang 11 bulan pada 2018. Daihatsu optimistis akan tetap berada di posisi kedua di bawah Toyota. Kita tunggu saja apakah Daihatsu tetap menjadi pemain kedua terbaik industri otomotif di Indonesia atau bisa menyalip Toyota?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami