Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Cek Yuk, Apa Saja Bonus Atlet Peraih Emas Asian Games 2018!

by Achmad Fauzi on 16 Agustus, 2018

Dua hari lagi Asian Games 2018 bakal digelar. Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam ajang olahraga terbesar se-Asia itu. Rencananya perhelatan akbar tersebut akan dilangsungkan di 2 kota besar di Indonesia, DKI Jakarta dan Palembang.

Dalam gelaran bergengsi itu, sekitar 45  negara bakal unjuk gigi dalam 40 cabang olahraga yang berbeda.  Tentunya sebagai tuan rumah, Indonesia berharap para atletnya menjadi pemenang dan mampu meraih medali emas dalam setiap pertandingan.

Untuk memacu semangat atlet-atlet, pemerintah menyiapkan total dana Rp64 miliar sebagai bonus  atlet jika berhasil memboyong emas dalam pertandingan. Nilai yang cukup fantastis tersebut tampaknya sepadan dengan perjuangan dan juga kerja keras yang selama ini dilakukan para pahlawan dalam bidang olahraga.

(Baca Juga : Cek Yuk! Promo Kartu Kredit Sambut Asian Games 2018)

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Olahraga (Kemenpora), bonus yang diberikan terbagi dalam beberapa kategori. Berikut detil bonus atlet yang disiapkan oleh pemerintah untuk Sang Pengharum Bangsa, Simak yuk!

Dapat uang hingga Rp1,5 miliar

Pemerintah pun menjanjikan bonus atlet berupa uang untuk yang berprestasi di Asian Games 2018 atau yang bisa dikatakan yang meraih medali. Jumlah uangnya pun sangat fantastis, atlet yang berhasil meraih medali akan diberikan bonus uang sebesar Rp1,5 miliar.

Jumlah tersebut naik 250% dibandingkan nilai bonus pada Asian Games 2014 lalu yang sebesar Rp400 juta. Selain itu, besaran bonus berbeda jika atlet yang meraih medali secara grup.

Langsung ditetapkan CPNS

Tidak hanya uang, para atlet yang berprestasi juga mendapatkan bonus lain. Salah satunya, jika atlet mendapatkan medali, maka bisa langsung bisa mendapatkan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

(Baca Juga : Ini Berbagai Persiapan Indonesia Menyambut Asian Games 2018)

Namun begitu, para atlet yang berprestasi tetap harus berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebelum mendapatkan surat keputusan sebagai PNS. Pemberian bonus atlet ini dimaksudkan jika telah pensiun atlet tidak terlantar karena mempunyai pekerjaan.

Umrah dan Naik Haji

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk memacu para atletnya yang berjuang dalam ajang Asian Games. Pemerintah pun mengupayakan agar para atlet berprestasi mendapatkan bonus atlet bisa melaksanakan umrah dan naik haji.

Untuk merealisasikan hal itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga akan bekerja sama dengan Kementerian Agama agar mendapatkan slot haji untuk atlet berprestasi.

Rumah

Selain mendapatkan bonus uang, atlet peraih medali emas Asian Games 2018 juga akan mendapatkan bonus atlet yang melimpah. Agar tidak terlantar dan mempunyai tempat tinggal sendiri, maka atlet peraih medali emas akan dibangunkan rumah oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

(Baca Juga : Yuk, Siapkan Bujet Travelling Sekaligus Nonton Asian Games 2018 di Palembang!)

Namun, tidak semua disediakan oleh kementerian terkait. Dalam bonus ini, atlet tinggal menyiapkan sebidang tanah, selanjutnya pemerintah akan membangunkan rumahnya.

Mobil

Nampaknya, untuk atlet wushu akan mendapatkan bonus lebih jika meraih medali emas Asian Games 2018. Pasalnya Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto menyiapkan bonus tiga mobil bagi peraih medali emas Asian Games 2018.

Dengan adanya bonus tersebut akan menambah total bonus atlet. Meski begitu, bonus-bonus atlet ini hanya untuk memacu para atlet agar berjuang lebih saat bertanding di Asian Games 2018.

Cabang Olahraga yang berpeluang raih emas

Tentunya tidak semua cabor dimenangkan oleh atlet Indonesia. Kementerian Pemuda dan Olahraga pun memperkirakan kurang lebih 16 emas bisa diraih para atlet. Nah berikut, cabor yang berpeluang meraih emas di Asian Games 2018.

Bulutangkis

Cabang olahraga bulutangkis berpeluang raih emas lebih banyak di Indonesia. Bulutangkis bisa menyumbangkan emas nomor beregu maupun nomor perseorangan. Apalagi, terdapat atlet bulutangis yang menduduki rangkin pertama di cabang olahraga ini yakni, Kevin-Marcus yang menduduki rangkin satu kelas ganda putra.

(Baca Juga : INTERVIEW: Tim Renang Targetkan Masuk 8 Besar di Asian Games 2018)

Angkat Besi

Cabang olahraga angkat besi juga berpeluang sumbangkan emas di Asian Games. Pasalnya, cabang olahraga ini dihuni atlet berprestasi seperti perti Eko Yuli Irawan, Triyatno, dan Sri Wahyuni. Bahkan, Triyatno pernah menyumbangkan medali perak pada ajang Olimpiade London 2012. Sehingga, peluang angkat besi menyumbangkan emas sangat besar.

Balap Sepeda

Tidak ketinggal, balap sepeda juga diramalkan akan menyumbangkan emas bagi Indonesia. Khususnya pada nomor BMX, karena salah satu atlet balap sepeda andalan Indonesia di nomor track putri di Asian Games 2018, Elga Kharisma Novanda, yang turun pada nomor BMX putri berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games 2017.

Bridge

Cabang olahraga yang menggunakan otak ini juga digadang-gadang dapat meraih emas. Dalam olahraga yang menggunakan kartu remi ini, juga terdapat orang terkaya di Indonesia sebagai atletnya, yaitu Bambang Hartono.

(Baca Juga : Daftar Bisnis yang Moncer Saat Asian Games 2018, Cek Yuk!)

Itulah bonus atlet yang didapatkan dan beberapa cabang yang bisa berkontribusi di kancah Asian Games. Dalam hal ini Anda bisa mensupport secara langsung atlet kebanggaan Anda di venue cabang olahraga. Anda juga bisa memberikan semangat kepada para atlet saat menonton langsung. Selamat berjuang para atlet!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.