Cerdas Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Bujet

2 min. membaca Oleh Anonim on

Bangkrut karena tidak punya asuransi kesehatan? Kenyataan itu sangat mungkin bisa terjadi pada Anda atau orang-orang yang Anda kasihi, mengingat biaya perawatan dan pengobatan serta sarana kesehatan saat ini yang cukup mencengangkan. Terlebih apabila Anda didiagnosis penyakit yang masuk dalam salah satu penyakit kritis. Itu sebabnya keamanan finansial untuk mengatasi risiko tersebut menjadi hal yang tidak bisa ditawar.

asuransi kesehatan - CekAja

Masalahnya, dengan banyaknya tawaran perlindungan kesehatan dari berbagai penyedia asuransi, membuat Anda kebingungan untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Satu hal penting yang seringkali menjadi pertimbangan adalah [c88-article id=”17581″ title=”produk asuransi apa yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi keuangan” text=”produk asuransi apa yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi keuangan”]?

Nah, berikut ini adalah empat cara yang bisa Anda pakai untuk memilih asuransi kesehatan mana yang tepat bagi kebutuhan dan kemampuan Anda. Sehingga kelak Anda akan mendapatkan asuransi kesehatan dengan premi murah, tetapi tidak murahan. Ini dia:

Cek Rawat Inap

Coba cek dan bandingkan, mana biaya yang lebih mahal, rawat inap atau rawat jalan? Sebab, ketika mendaftar asuransi kesehatan, Anda akan ditawari dua pilihan fasilitas pertanggungan tersebut. Tentu yang paling baik apabila Anda memiliki keduanya. Sayang, premi yang harus dibayar juga jadi lebih mahal. Lalu, mana yang harus dipilih?

Saran kami, prioritaskan untuk memiliki pertanggungan rawat inap. Alasannya, ketika rawat inap banyak sekali biaya yang akan dibebankan. Misalnya biaya kamar, makan, obat-obatan, serta konsultasi dokter.

Pilih Murni atau Paket

Hal lain yang sering ditawarkan oleh asuransi kesehatan adalah sistem paket dengan asuransi lain seperti asuransi jiwa atau investasi seperti asuransi unit-link. Biasanya premi yang dibayarkan akan lebih tinggi karena harus dibagi antara pertanggungan biaya kesehatan dengan fitur lain.

Agar lebih hemat bujet, cobalah untuk memilih asuransi kesehatan murni. Jadi, premi asuransi yang nantinya dibayarkan benar-benar digunakan untuk pertanggungan biaya kesehatan.

Cashless dan luasnya pilihan rumah sakit

Menurut Anda, mana yang lebih nyaman: membayar uang tunai dahulu atau menalangi untuk setiap tindakan medis yang akan dijalani, atau dengan menggesek kartu asuransi kesehatan yang Anda miiliki alias cashless?

Dari dua pilihan itu, biaya pengobatan yang Anda jalani memang akan diganti. Namun, pada pilihan pertama, untuk mendapatkan penggantian biaya, Anda wajib melakukan klaim kepada perusahaan asuransi yang dimiliki. Istilah yang digunakan adalah sistem reimburse. Cukup repot, bukan?

Karena itu, cashless adalah sistem pembayaran yang bisa dipilih agar lebih mudah. Asuransi kesehatan dengan sistem cashless sendiri merujuk pada cara pembayaran tanpa mengeluarkan uang tunai sama sekali. Anda tidak perlu menalangi dahulu biaya rumah sakit ketika terjadi perawatan, bahkan tidak perlu menyetor deposit untuk melakukan rawat inap.

Dengan sistem ini Anda hanya perlu membawa kartu khusus yang dikeluarkan oleh pihak asuransi. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengingat nomor telepon untuk klaim ke pihak asuransi dan membawa uang tunai dalam jumlah banyak untuk membayar uang muka perawatan. Cukup menggesek kartu di rumah sakit yang bekerja sama kemudian semua biaya perawatan pun ditanggung.

Bukan hanya itu, pastikan juga jaringan rumah sakit yang dimiliki asuransi Anda banyak. dan bisa menerima sistem cashless. Dengan begitu, kemudahan yang Anda dapatkan akan semakin lengkap.

Premi sesuai

Setiap orang tentu ingin memiliki asuransi kesehatan dengan premi murah, namun memiliki pertanggungan lengkap. Sayangnya, hal itu toidak akan terjadi. Karena semakin lengkap pertanggungan yang diberikan oleh sebuah asuransi, maka semakin tinggi premi yang akan dibayarkan.

Tentang kami

Anonim

Anonim