Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cerdas Sebelum Mencari Tempat Gadai Ijazah di Jogjakarta

by lhmdi on 3 Maret, 2016

tips bisnis mahasiswa - CekAja.com

Tidak terelakkan rasanya jika melihat tempat gadai ijazah di Jogja menjadi tempat paling diburu oleh mahasiswa atau mahasiswi yang sedang berkuliah di kota Gudeg tersebut.

Apalagi jika melihat kebutuhan mahasiswa yang sedang berkuliah di Jogjakarta secara umum juga sangat besar. Belum pula jika dihitung dengan kebutuhan mereka yang lain. Apalagi karakter lingkungan di Jogja yang atraktif dan terus bergerak selama 24 jam, sehingga membuat berbagai macam peluang untuk mahasiswa menularkan ide-ide mereka.

Ide saja tidak cukup terlintas di benak mereka, namun harus dijalankan. Oleh karena itu semakin banyak bermunculan berbagai macam jenis usaha yang dikelola oleh mahasiswa atau pun mahasiswi yang ada di Jogjakarta.

Usaha-usaha ini pun tidak akan terlaksana tanpa adanya modal, sehingga tidak jarang mahasiswa memilih menggadaikan ijazah mereka di beberapa tempat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah untuk mencari tempat gadai ijazah di Jogja haruslah berhati-hati. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya tempat selain Pegadaian yang membuka layanan ini.

Tidak jarang beberapa kegiatan melawan hukum seperti dokumen berupa ijazah dari calon nasabah dijual kembali oleh orang yang menyediakan jasa gadai untuk diuangkan kembali. Jadi, jika kamu sedang melanjutkan pendidikan di Jogjakarta harap untuk berhati-hati dengan berbagai macam tempat jasa pegadaian ijazah ini.

Agar tidak tertipu, perhatikan beberapa tips sederhana ini sebelum menggadaikan ijazah yang kamu miliki:

  1. Menentukan jangka waktu pinjaman saat akan menggadaikan ijazah merupakan hal yang sangat penting lainnya. Jika kamu memilih waktu yang sangat lama maka nilai bunga yang diberikan oleh tempat-tempat pegadaian ijazah ini pun akan sangat besar. Sehingga membuat kamu nantinya akan kesulitan membayarnya.
  2. Cari informasi yang akurat tentang tempat gadai ijazah terlebih dahulu. Informasi ini bisa kamu dapatkan dari orang-orang yang sebelumnya sudah pernah menggadaikan ijazahnya. Berbekal informasi ini kamu bisa mendapatkan hal-hal positif dan negatif sebelum menggadaikan ijazah.

Oleh karena itu pastikan untuk membuat batas waktunya sendiri. Pilih dalam jangka waktu dua atau empat minggu saja untuk menggadaikan ijazah yang akan kamu lakukan. Selain itu faktor keamanan dari ijazah juga harus diperhatikan. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, beberapa tempat pegadaian yang jahil bahkan menjual ijazah tanpa sepengetahuan kamu.

  1. Cek nilai bunga yang ditawarkan oleh tempat gadai ijazah di Jogja juga akan menjadi sangat penting. Oleh karena itu, pastikan untuk teliti melihat bunga yang akan dibebankan ke kamu setiap minggunya.

Jika tempat gadai ijazah ini memberikan bunga yang terlalu besar, alangkah lebih baik untuk berpaling sementara waktu terlebih dahulu, dan mulai memikirkan tempat gadai yang lainnya.

  1. Memahami prosedur cicilan, juga menjadi sangat penting. saat akan mengajukan pinjaman dengan cara menggadaikan ijazah di Jogjakarta. Setelah menemukan pembayaran cicilan yang sesuai dengan kemampuan kamu, pastikan untuk tidak telat melakukan pembayarannya.

Jika tidak, ini justru akan menambah beban keuangan kamu. Apalagi jika peminjaman disepakati dengan rentang waktu yang lama.

Meskipun terdapat beberapa tempat yang menerima gadai ijazah di Jogjakarta, namun alangkah lebih bijaknya menggunakan tempat gadai yang lebih resmi. Sebagai contoh, Pegadaian yang merupakan lembaga keuangan resmi dari pemerintah masih ada yang bisa menerima ijazah sebagai alat tukar untuk mendapatkan pinjaman. Nah, cara menggadaikan ijazah di bank, tidak susah. Sebab, pinjaman dengan jaminan ijazah, seperti samdede jogja, ada juga tempat gadai ijazah di jakarta. Kemudahannya sama seperti tempat gadai ijazah di jogja

Selain itu terdapat juga jasa pinjaman online yang bahkan tidak membutuhkan agunan atau jaminan sama sekali, sehingga ijazah kamu lebih aman tersimpan dan dapat digunakan untuk kepentingan lainnya yang lebih bermanfaat.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.