Check Point Larangan Mudik Jabodetabek Resmi Berlaku, Ini Lokasinya

3 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Larangan mudik sudah resmi berlaku sejak 24 April lalu. Sejumlah titik check point larangan mudik pun telah dipersiapkan untuk memantau kendaraan yang bakal keluar masuk wilayah Jabodetabek.

Check Point Larangan Mudik Jabodetabek Resmi Berlaku, Ini Lokasinya

Kebijakan larangan mudik yang akhirnya diambil oleh pemerintah ini semata-mata untuk memutus rantai penyebaran virus corona alias COVID-19. Karena seperti yang diketahui, pandemi corona tidak hanya menyebar dengan cepat di wilayah Jabodetabek saja.

Hingga Minggu (26/4) lalu, jumlah pasien positif di seluruh Indonesia mencapai 8.882 orang. Dari data tersebut, pasien yang dinyatakan meninggal dunia menembus angka 743 orang, sementara pasien yang dinyatakan sembuh 1.107 orang.

Untuk menekan jumlah pasien yang terus bertambah itu, Presiden Joko Widodo akhirnya mengeluarkan kebijakan larangan mudik beserta check point di kawasan Jabodetabek, yang dikenal sebagai zona merah virus corona.

(Baca Juga: Aturan Larangan Mudik PNS Terbit, Tapi Kok Gak Ada Sanksi?)

Kebijakan Larangan Mudik Diatur dalam Peraturan Permenhub

Sejatinya larangan mudik ini telah ditetapkan satu hari sebelum kebijakan tersebut resmi dikeluarkan, yakni per 23 April 2020 lalu. Dimana kebijakannya sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 mengenai Rincian Larangan Operasional Angkutan Umum, Darat maupun Udara.

Dalam aturan Permenhub itu dijelaskan bahwa, untuk mencegah penyebaran virus corona alias COVID-19 di berbagai wilayah Indonesia, maka diberlakukanlah larangan sementara penggunaan transportasi, khususnya selama masa mudik Idul Fitri 2020.

Pengendalian transportasi ini berlaku untuk seluruh moda transportasi, baik darat, laut, dan udara yang mulai berlaku per 24 April hingga 31 Mei 2020 mendatang.

Khusus transportasi darat, jenis kendaraan yang dilarang adalah sepeda motor, mobil bus dan mobil penumpang, serta kapal angkutan penyeberangan.

Sementara transportasi laut yang dilarang adalah kapal berukuran besar untuk mudik antar wilayah, kabupaten, bahkan provinsi yang mana pelabuhan asal atau singgah merupakan kawasan yang menerapkan aturan PSBB.

Kemudian di moda transportasi udara, hanya kriteria tertentu saja yang diperbolehkan untuk terbang, seperti pemimpin negara, tamu negara, WNI yang bekerja di luar negeri, perwakilan organisasi internasional, dan kondisi darurat yang mengharuskan untuk menggunakan moda transportasi udara.

Untuk semakin memperketat kebijakan tersebut, pemerintah pun turut mendirikan check point larangan mudik yang tersebar di sejumlah kawasan Jabodetabek (zona merah virus corona).

Check Point Larangan Mudik Jabodetabek

Bersama dengan beberapa pihak terkait, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi mengatakan bahwa, mereka telah mendirikan sejumlah titik check point larangan mudik untuk kendaraan yang akan keluar dari Jabodetabek.

Titik lokasinya sendiri tidak hanya berpusat pada jalan tol saja, namun di sejumlah ruas jalan non-tol. Mulai dari jalan nasional, provinsi, hingga jalan tikus yang biasanya dipilih pengendara untuk menghindari arus macet mudik.

Berikut lokasi check point larangan mudik Jabodetabek yang telah ditetapkan pihak Kemenhub.

1. Check Point Tol Jakarta – Cikampek KM 31

Titik check point larangan mudik yang pertama adalah tol Jakarta-Cikampek KM 31. Di titik ini, kendaraan yang melaju dari arah Jakarta bakal diarahkan kembali lewat perbatasan timur Bekasi dan Karawang.

2. Chek Point Tol Tangerang – Merak

Selanjutnya check point larangan mudik juga diberlakukan bagi kendaraan yang masuk dari Merak atau mengarah ke Banten lewat tol Tangerang – Merak. Lokasi penyekatannya sendiri berada di dua jalur pintu tol Bitung, yakni jalur A dan B serta Kabupaten Tangerang.

3. Check Point Kabupaten Bogor – Cianjur

Tidak hanya di jalan tol saja, seperti yang dijelaskan sebelumnya check point larangan mudik juga berlaku untuk wilayah perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur. Dimana lokasi pastinya berada di Puncak Pas.

4. Check Point Bekasi – Karawang

Selain Puncak Pas, wilayah Bekasi yang banyak dilalui sebagai jalan nasional pun turut diterapkan penyekatan atau check point larangan mudik. Titik penyekatannya dilakukan tepat di perbatasan Bekasi dan Karawang.

5. Check Point Sukabumi

Lokasi check point yang terakhir ialah Sukabumi. Penyekatan yang berlaku di kawasan tersebut berada tepat di perbatasan Kabupaten Bogor dan Sukabumi, wilayah Cigombong.

Nantinya kebijakan ini akan berlangsung hingga 31 Mei 2020 mendatang, khususnya untuk jalur darat. Meski begitu, Kemenhub menegaskan bahwa tidak akan ada penutupan jalan tol selama kebijakan tersebut berlangsung walau kendaraan pribadi maupun angkutan umum dilarang beroperasi.

(Baca Juga: Peraturan dan Check Point PSBB Depok, Simak Aturan Lengkapnya!)

Batas Waktu Kebijakan Larangan Mudik untuk Tiap Transportasi

Walaupun kebijakan larangan mudik efektif diberlakukan serentak pada 24 April lalu. Namun faktanya, kebijakan ini memiliki batas waktu yang berbeda untuk tiap moda transportasi.

Jika penghentian operasional untuk transportasi darat berlaku sampai dengan 31 Mei mendatang. Lain halnya dengan transportasi udara yang mana batas waktu penghentiannya dilakukan hingga 1 Juni. Kemudian disusul pula moda transportasi laut pada 8 Juni dan kereta api pada 15 Juni.

Menurut kabar yang beredar, penghentian operasional pada moda transportasi ini kemungkinan besar dapat diperpanjang jika nyatanya pandemi COVID-19 di Indonesia belum berakhir atau bahkan mengalami peningkatan.

Nah, itulah informasi seputar check point larangan mudik Jabodetabek yang resmi berlaku hingga dua bulan kedepan. Tetap jaga kesehatan dengan selalu menerapkan gaya hidup yang benar.

Hindari aktivitas di luar rumah jika memang kondisinya tidak mendesak. Biar proteksi diri makin afdhal, jangan lupa pula untuk menggunakan produk asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Yuk, miliki sekarang juga dan dapatkan beragam manfaatnya!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri