13 Ciri-ciri Anak Indigo dan Cara Orang Tua Memberikan Dukungan

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Ciri-ciri anak indigo wajib diketahui para orang tua sejak dini agar mampu membantunya. Dukungan yang tepat dibutuhkan anak indigo dari pihak keluarga serta lingkungannya.

Apa itu Anak Indigo?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri anak indigo, kamu harus mengetahui dulu definisi dari anak indigo itu sendiri.

Anak indigo adalah sebutan bagi anak yang memiliki kemampuan spesial dan tidak biasa. Kemampuan ini terkait dengan hal-hal supranatural yang terkadang tidak bisa dijelaskan secara sains.

Seperti memprediksi sebuah kejadian di masa depan, mengetahui masa lalu seseorang atau sejarah dari sebuah tempat, melihat hal aneh atau ajaib yang berkenaan dengan supranatural, melihat bahkan melakukan kontak dengan makhluk ghaib, dan lain-lain.

Sebutan mengenai anak indigo lahir sebagai salah satu konsep yang masuk ke dalam ilmu semu di tahun 1970-an.

Kini, sebutan anak indigo seolah makin tak asing lagi di telinga kita. Baik di dalam negeri maupun luar negeri, sudah banyak anak indigo yang bercerita tentang pengalamannya serta caranya mengolah kemampuan tersebut.

Anak indigo bisa saja terbentuk karena kemampuan yang diturunkan dari garis keturunannya, atau kemampuan yang muncul akibat terjadi sebuah peristiwa tertentu.

Misalnya pada kasus mati suri, kecelakaan hebat, dan lain sebagainya. Penyebab-penyebab ini memang sifatnya masih berupa kemungkinan, sehingga belum bisa dipastikan kebenarannya.

Anak indigo mulanya tidak menyadari kemampuannya. Sehingga ketika tumbuh semakin besar, dan dirinya menyadari kemampuan tersebut sangat jarang dimiliki orang lain, maka mereka akan merasa berbeda dan kesulitan mengontrol.

Maka dari itu, ciri-ciri anak indigo patut diketahui orang tua terlebih dulu, agar bantuan serta dukungan bisa diberikan pada anak indigo yang belum menyadari kemampuannya.

Kapan Anak Menunjukkan Ciri-ciri Indigo?

Ciri-ciri anak indigo muncul dalam usia yang berbeda-beda. Ada yang menunjukkan ciri-ciri pada usia balita, anak-anak, remaja, hingga memasuki usia dewasa muda.

Menjadi sosok orang tua yang menerima segala cerita dan pendapat anak sangat penting, agar anak mau terbuka terhadap segala permasalahannya.

Termasuk soal kemampuan indigo yang tidak biasa ini. Biasakan untuk ajak anak bercerita tentang kesehariannya, pergaulan, serta kemampuan dan pencapaian yang baru disadari atau diraihnya.

Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak akan melahirkan keterbukaan yang bermanfaat untuk mengembangkan potensi anak.

Serta mengantisipasi tindakan buruk yang mungkin akan dilakukan selama masa tumbuh kembang si buah hati.

(Baca Juga: 6 Bahaya Makeup Bagi Anak, dari Masalah Fisik hingga Psikis)

Ciri-ciri Anak Indigo yang Wajib Diketahui Orang Tua

Setiap anak terlahir dengan kemampuan dan kepintaran di bidang yang berbeda-beda. Semuanya memerlukan arahan dan dukungan yang tepat dari pihak keluarga dan lingkungan sekitar.

Bagi anak indigo, terdapat ciri-ciri anak indigo yang wajib diketahui para orang tua. Dengan cara yang tepat, kemampuan ini bisa memberi manfaat bagi si anak dan orang lain di sekitarnya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri anak indigo:

1. Berkemauan Keras

Ciri-ciri anak indigo yang pertama adalah adanya sifat berkemauan yang keras. anak indigo akan menunjukkan ketertarikan dan keinginannya, serta berusaha untuk mewujudkan hal tersebut.

Mereka mengerahkan banyak cara agar orang terdekat mengetahui apa yang diinginkan olehnya. Serta membuat orang lain turut membantu dia mendapatkan apa yang diinginkan itu.

2. Cepat Memahami Pelajaran Baru

Dalam masa pertumbuhan, anak tentu memiliki kemampuan pemahaman yang cepat dibandingkan saat sudah beranjak dewasa. Kemampuan otak dalam menyerap ilmu dan ajaran baru lebih tinggi.

Demikian pula pada anak indigo. Mereka dengan cepat memahami pelajaran baru, bahkan bisa langsung mempraktekkannya secara kontinu di masa depan.

3. Pemikirannya Dewasa

Ciri-ciri anak indigo yang ketiga ini terbilang khas. Mereka akan tumbuh dengan pemikiran yang lebih dewasa daripada anak seusianya.

Anak indigo memiliki rasa simpati, empati, dan rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki pandangan dan prioritas keinginan yang berbeda.

Misalnya, mereka lebih mudah mengatur emosi saat berpendapat atau megutarakan keinginan pada orang tuanya.

4. Merasa Berbeda dengan Anak Lain

Pada usia-usia tertentu seperti saat anak memasuki fase masuk sekolah (6-8 tahun), kesadarannya akan berbagai kemampuan serta cara berpikir mungkin akan semakin tajam.

Akibatnya, anak indigo kerap merasa kurang pandai berkomunikasi dengan teman sebaya.

Mis-komunikasi ini terjadi sehingga anak indigo cenderung merasa ‘kurang nyambung’ berkomunikasi dengan teman, dan lebih nyaman berkomunikasi dengan orang yang lebih dewasa dari dirinya.

Perasaan ini juga bisa timbul saat anak menyadari bahwa kemampuan yang berkaitan dengan supranatural tidak dimiliki banyak orang.

5. Perfeksionis

Sisi perfeksionis akan kuat dalam diri anak indigo. Ciri-ciri anak indigo ini membuatnya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan suatu hal, sesuai dengan kesempurnaan yang dibayangkannya.

Mereka percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Sehingga sifat optimis juga akan terlihat.

6. Idealis

Selain perfeksionis, anak indigo juga memiliki idealisme atau keyakinan yang kuat di dalam dirinya. Mereka tahu apa yang diinginkan.

Kemauan yang keras dan tekad yang bulat akan membuatnya ulet, namun tak jarang kesulitan menerima pendapat orang lain.

(Baca Juga: 8 Cara Parenting Positif yang Baik untuk Pembentukan Karakter Anak)

7. Memiliki Bakat yang Menonjol

Ciri-ciri anak indigo selanjutnya adalah dirinya menunjukkan ketertarikan pada bidang tertentu yang disukai. Misalnya menggambar, menari, membaca, olahraga, dan lain-lain.

Jika diberi kesempatan untuk mengasah ketertarikan ini, maka anak indigo akan menjadi sangat tekun. Sehingga bakat itu akan menonjol sekali.

Anak indigo juga memiliki obsesi yang tinggi, sehingga mereka mengatur sendiri pencapaian apa yang ingin diraih dari bakat dan minatnya tersebut.

8. Mudah Bosan

Sifat mudah bosan pada suatu bidang atau kegiatan juga menjadi ciri-ciri anak indigo. Hal ini terjadi karena tingginya minat pada berbagai bidang.

Ketika satu bidang sudah didalaminya secara serius, kemampuan menyerap pelajaran dan pengatahuan itu membuatnya merasa sudah cukup tahu sampai di tahap itu saja.

Mereka akan kembali mencari ketertarikan baru yang dirasa lebih seru dan menantang. Orang tua dengan anak indigo wajib banget nih mengenalkan pendalaman banyak bidang padanya.

9. Berpikir Kritis

Kecerdasan para anak indigo memang di atas rata-rata. Mereka memiliki bakat untuk berpikir secara kritis sejak kecil.

Seperti berani mengutarakan keinginan atau ketertarikan dengan detil, berani berpendapat, bertanya sesuatu, bahkan mengkritiknya.

10. Kadang Empatik, Kadang Cuek

Karena memiliki pengetahuan yang luas, anak indigo juga memiliki sifat-sifat yang ambigu.

Salah satu ciri-ciri anak indigo yang kentara yakni rasa empati yang terkadang tinggi, namun bisa juga berubah menjadi sangat cuek alias tidak peduli pada hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

Mereka terkadang ingin membantu banyak orang dengan berbagai kesulitan, sebab mereka peka terhadap perasaan dan derita orang lain.

Tetapi saat rasa simpati yang muncul memuncak, mereka akan menjadi stres dan justru bersikap masa bodo dengan semuanya. Sekalipun mereka tahu ada pihak yang membutuhkan bantuan.

11. Sensitif

Sifat sensitif seperti mudah tersinggung, mudah menangis, dan gejolak emosi akibat perbedaan pendapat juga bisa menjadi ciri-ciri anak indigo.

Kontrol emosi terkadang sangat sulit dilakukan, sehingga mereka kesulitan dalam menjalani kegiatan yang melibatkan kerja kelompok atau bersosialiasi.

12. Sulit Beradaptasi dengan Lingkungan

Selain sulit bersosialisasi dengan orang lain, proses adaptasi dengan lingkungan juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi anak indigo.

Jika dibiarkan, sifat ini akan menjadikannya sebagai pribadi yang tertutup, dan enggan menerima kondisi-kondisi terbaru dalam hidupnya.

13. Gelombang Otak Tinggi

Ciri-ciri anak indigo yang terakhir adalah memiliki gelombang otak yang tinggi. Jika umumnya gelombang otak pada manusia hanya berkisar 100-200 Hz, maka anak indigo bisa mencapai lebih dari 200 Hz.

Hal ini yang kemudian dianggap sebagai tanda bahwa anak memiliki kemampuan spesial terkait dunia supranatural dan metafisika, yang sifatnya ghaib dan sulit dijelaskan secara sains.

Dampingi dan Beri Anak Indigo Dukungan Penuh

Sebagai orang tua yang memiliki anak indigo, kamu harus terbuka pada setiap perkembangan baru anak. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan orang tua untuk memberi dukungan pada anak indigo:

Kenalkan pada bidang ilmu yang beragam.

Kemudian, ajarkan untuk menekuni satu hal secara konsisten saat usianya sudah mulai remaja agar lebih fokus dan menemukan bakat utama.

Berikan bantuan untuk mengontrol emosinya agar lebih stabil. Berikan pemahaman bahwa setiap orang memiliki pemikiran dan keyakinan beragam yang harus dihormati.

Ajarkan norma dan nilai sosial agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Bantu anak mengolah kemampuan supranatural agar tidak mengganggu masa pertumbuhannya. Konsultasi dengan psikiater, ahli agama, atau seorang ahli di bidang supranatural juga diperlukan dalam membantu menenangkan anak.

Itulah beberapa ciri-ciri anak indigo. Selain mendampingi anak dengan dukungan psikis dan materil, lindungi juga kesehatan anak dengan memiliki asuransi keluarga.

CekAja akan membantumu mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Proses pengajuan dijamin mudah dan cepat, karena dilakukan melalui sistem online yang canggih dan terpercaya.

Premi bulanan juga terjangkau, dengan nilai uang pertanggungan yang sangat menguntungkan.

Yuk, miliki asuransi kesehatan terbaik sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah