Ciri-ciri Beli Like Instagram dengan Followers Palsu

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang paling digemari warga dunia selain Facebook. Sayangnya, banyak orang yang berburu likes terbanyak untuk eksis di media sosial ini demi mendapatkan pengakuan tertentu atau demi mendapat endorsment. Ciri-ciri beli like Instagram perlu kamu ketahui agar tak salah memilih selebgram untuk endorsement, nih!

Ciri-ciri Beli Like Instagram dengan Followers Palsu

Sejarah Instagram

Instagram pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010 oleh penemunya yakni Mike Krieger dan Kevin Systrom. Di minggu pertama perilisan, Instagram langsung mendapat 100 ribu pengguna, kemudian meningkat menjadi 1 juta pengguna dalam waktu 2 bulan.

Penggunanya terus meningkat, terlebih saat memasuki pasar Amerika Serikat dan Asia. Di Indonesia, media sosial ini mulai populer pada tahun 2012, dan dikenal luas tiga tahun setelahnya hingga kini. Total pengguna Instagram pada Juni 2018 mencapai 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Wow!

Pemanfaatan Instagram kini tidak hanya dijadikan sebagai media sosial tempat berbagai informasi dalam bentuk foto, video, dan caption. Tapi juga menjadi media bisnis jual beli maupun iklan digital. Makanya, muncul lah istilah influencer atau selebgram di Instagram.

Instagram Hapus Tampilan Like

Tampilan jumlah like pada foto yang dibagikan di Instagram dianggap menjadi ajang ‘mencari pengakuan’ bagi para penggunanya. Maka dari itu, di pertengahan tahun 2019, Instagram mulai menghapus tampilan jumlah like ini secara bertahap.

Mulanya hanya di beberapa negara di benua Amerika, kemudian menyusul di beberapa negara lainnya termasuk sebagian pengguna di Indonesia.

Mulanya, tampilan jumlah like tertera dalam bentuk angka. Namun, kini jumlah like hanya bisa dilihat oleh pemilik akun tersebut, bukan untuk khalayak umum atau follower-nya.

Kebijakan ini menuai kontroversi, apalagi untuk para influencer yang membutuhkan tampilan jumlah like untuk manrik datangnya iklan digital maupun endorsement. Tapi, sepertinya pihak Instagram belum berencana menarik kebijakan ini.

Dalam pernyataan yang diunggah di Twitter, pihak Instagram berpendapat bahwa penghapusan jumlah like bertujuan agar pengguna fokus pada foto dan video yang dibagikan, bukan mengejar jumlah like yang didapat.

Ciri-ciri Beli Like Instagram

Dengan meningkatnya kepopuleran Instagram, banyak pengguna yang ingin juga eksis dan mendapatkan pengakuan melalui jumlah follower dan like. Enggak heran jika sebagian dari mereka membeli follower dan like. Terlebih selama sebagian pengguna belum merasakan kebijakan penghapusan tampilan jumlah like.

Biar makin tahu, simak deh akun yang memiliki ciri-ciri beli like Instagram berikut ini:

1. Jumlah like langsung banyak saat foto baru di-upload

Ciri-ciri beli like Instagram yang pertama adalah jumlah like yang langsung memuncak saat foto baru di-upload. Ciri-ciri ini bakal makin kuat ketika jumlah like di satu jam pertama setelah foto ter-upload lebih banyak dibanding jumlah follower yang dimiliki.

Pengguna yang beli like Instagram akan menggunakan jasa peningkatan jumlah like instan, yakni like dari follower bodong alias follower palsu. Jumlah like rata-rata pada sebuah akun yang real setidaknya adalah 5 persen sampai 25 persen dari jumlah follower yang ada.

2. Punya banyak followers walau bio kosong

Selain itu, pengguna yang beli like Instagram juga biasanya ditandai dengan jumlah follower yang banyak walaupun akun tersebut tak mendeskripsikan secara jelas profilnya.

Seperti yang kita tahu, umumnya pengguna akan mengisi bagian biodata atau bio sebagai sarana untuk mengenalkan siapa dirinya pada calon follower baru.

Tapi, jika akun tanpa bio memiliki follower dan jumlah like yang banyak, bisa jadi dia membeli like Instagram. Apalagi jika akun itu tidak meng-upload foto secara rutin atau menambahkan hashtag pada postingan-nya.

3. Sepi komentar walau follower banyak

Ciri-ciri beli like Instagram lainnya adalah jumlah komentar yang minim, padahal akun itu memiliki banyak follower. Sebab, komentar menunjukkan kedekatan atau engagement pemilik akun dengan follower-nya.

(Baca Juga: Indonesia Menang Turnamen PUBG Kelas Dunia, Intip Kiat Jadi Gamer Profesional!)

4. Muncul komentar aneh dan terkesan asal

Nah, sekalipun sebuah akun memiliki like dan komentar yang banyak, ada pula ciri-ciri beli like Instagram yang harus kamu ketahui. Yakni jika kolom komentar dipenuhi dengan komentar aneh dan asal yang dicurigai datang dari follower palsu. Misalnya komentar dengan kata “bagus”, “sip”, “looks great”, dan kata lainnya yang tak sesuai konteks foto maupun caption yang tertulis.

5. Akun followers ternyata bodong

Kamu juga bisa mengecek langsung sebagian follower sebagai ciri-ciri beli like Instagram. Biasanya follower yang enggak real dan hanya spam like ditandai dengan foto profil yang tak tertera, serta jumlah postingan dan follower sedikit. Akun follower bodong biasanya dibuat oleh penjual follower yang kini marak beredar menjajakan jasanya.

Cara Dapatkan Banyak Like Instagram

Ciri-ciri beli like Instagram enggak akan muncul pada akunmu kalau kamu mendapatkan like secara organik. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara berikut:

  • Sertakan hashtag dalam setiap postingan foto dan video terbaru. Gunakan hashtag yang umum orang cari, agar postingan yang kamu upload menjangkau banyak pengguna lainnya.
  • Jangan kunci publisitas akunmu. Akun yang terkunci pada setting privacy-nya akan membuat jangkauan postingan menjadi terbatas. Biarkan semua orang bisa melihat profil, asalkan postinganmu sesuai dengan etika yang berlaku, ya.
  • Posting konten secara teratur. Hal ini akan membantu meningkatkan engagement-mu dengan follower. Semakin sering pengguna lain melihat postingan-mu, makin berpeluang mendapat like yang banyak.
  • Banyak interaksi dengan follower. Seperti dengan saling melempar komentar atau like. Ini akan membuat postinganmu berada di urutan pertama pada timeline follower-mu. Sebab kini urutan timeline tidak lagi berdasarkan urutan waktu posting, melainkan berdasarkan tingkat engagement tersebut.
  • Bagikan postingan barumu di Instagram story. Dengan begitu orang akan menyadari bahwa ada postingan baru dari akunmu dan siapa tahu mereka bakal memberikan like.

Agar makin asyik bermain media sosial, pastikan smartphone-mu mempunyai cukup pulsa untuk mengaktifkan paket internet. Beli pulsa makin mudah dengan bermacam kartu kredit yang bisa kamu ajukan di CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah