Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Waspada, Ini 10 Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja Via Online!

by Vera Khairifah on 25 Februari, 2020

Mencari kerja kini semakin mudah berkat bantuan internet dan platform situs pencarian lowongan kerja. Namun, kamu juga harus waspada dengan penipuan yang mungkin terjadi. Pahami ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online yang akan dibahas berikut ini.

Waspada, Ini 10 Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja Via Online!

Ya, meskipun situs online pencarian lowongan kerja memiliki situs yang memudahkan, nyatanya penipuan masih kerap terjadi. Baik yang mengatasnamakan perusahaan populer maupun perusahaan non-populer.

Hal ini terjadi karena adanya oknum yang tak bertanggung jawab yang memanfaatkan tingginya kebutuhan lowongan kerja. Maka dari itu, para pencari kerja harus berhati-hati dalam melamar pekerjaan yang tersedia di media manapun.

Perhatikan kredibilitas penyebar informasi lowongan kerja tersebut dan ketahui ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online.

1. Persyaratan Begitu Mudah

Ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online yang pertama adalah persyaratan pelamar kerja yang terlampau mudah. setiap pekerjaan tentu akan menyesuaikan antara level jabatan dengan tingkat pendidikan dan pengalaman, deskripsi pekerjaan dengan kemampuan calon pegawai, dan hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Namun tidak halnya dengan ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online. Para oknum akan memasang iklan lowongan pekerjaan dengan syarat yang mudah. Misalnya hanya membutuhkan tenaga kerja minimal lulusan SMA sederajat, dan tidak wajib memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Dengan persyaratan mudah itu pun, para oknum biasanya hanya menyebutkan nama perusahaan tapi tidak menyebutkan nama pekerjaan. Jika hal ini ditemui, kamu wajib curiga.

2. Nama dan Lokasi Perusahaan Tidak Jelas

Selanjutnya, nama perusahaan dan lokasi yang tercantum terasa kurang familiar. Untuk memverifikasi kebenaran ini, kamu perlu melakukan pengecekan di mesin pencarian Google.

Jika sudah ada review dan rekomendasi yang jelas dari pengguna internet yang lain, baru lah ini bisa dikatakan lowongan kerja yang benar adanya.

3. Lokasi Interview Berbeda dengan Alamat Kantor Resmi

Ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online juga bisa ditandai dengan lokasi interview yang berbeda dengan kantor pusat resminya.

Misalnya, ada tawaran kerja yang mengatasnamakan PT X yang sangat populer yang berdasarkan situs resminya lokasi perusahaan itu seharusnya berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Namun, kamu justru diarahkan untuk datang ke lokasi interview di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kemudian, jika kamu terlanjur akan datang ke lokasi interview, amati lokasi dan lingkungan kantor yang didatangi.

Jika berada di daerah pelosok yang jauh dari keramaian atau daerah kantor dan pusat bisnis, ditambah dengan bentuk bangunan kantor yang mencurigakan (misalnya berada di ruko), maka disarankan kamu tak melanjutkan proses seleksi kerja itu.

(Baca Juga: 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya yang Paling Direkomendasikan)
4. Alamat Email Mencurigakan

Penyebar informasi lowongan kerja harusnya mengarahkan pelamar kerja untuk mengirimkan Curriculum Vitae (CV) ke email professional dengan format yang sesuai dengan nama perusahaan. Bukan malah mengirim ke alamat email yang mencurigakan.

Contoh email professional misalnya adalah hrd@astraindonesia.com atau rizkiawan@wingsfood.com. Sementara alamat email yang mencurigakan tidak menggunakan format email professional, hanya menggunakan email biasa yang umumnya berformat Gmail. Contoh: gina.hrdastra@gmail.com, atau humancapital_astra@gmail.com.

5. Disebarkan Lewat SMS atau Medsos dan Situs Tak Resmi

Kini, perusahaan-perusahaan besar memang menyebarkan info lowongan kerja di akun media sosial (medsos) maupun situs. Tapi, perlu diketahui, medsos dan situs yang digunakan adalah akun medsos dan alamat situs resmi. Jadi, kamu harus mengecek kebenaran akun tersebut.

Sebaliknya, kamu juga harus curiga bahwa sebuah lowongan memiliki ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online dengan penyebaran di akun medsos perseorangan (yang bukan pegawai perusahaan itu), atau malah sebarkan begitu mudah lewat SMS.

6. Ada Pungutan Biaya

Waspada lah dengan ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online yang satu ini. Perekrut yang meminta pungutan biaya dengan alasan apapun wajib kamu tolak.

Sebab logikanya saja, pencari kerja yang sedang berusaha mencari kesempatan mendapat gaji tidak mungkin dimintai pungutan biaya di muka.

Penipu biasanya akan menarik biaya dengan alasan sebagai jaminan mendapatkan kerja, jaminan peningkatan jabatan atau pengembangan karir, dan lain sebagainya.

7. Besaran Gaji Tak Normal

Setiap orang pasti menginginkan pekerjaan dengan gaji besar. Tapi jika tak sesuai dengan jabatan atau deskripsi pekerjaan, serta persyaratan yang terlalu mudah sebagaimana yang tertera di poin pertama tadi, maka bisa jadi tawaran pekerjaan dengan gaji besar masuk ke dalam ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online.

8. Deskripsi Pekerjaan yang Tidak Jelas

Ciri-ciri penipuan lowongan kerja lainnya adalah yang tidak menyertakan deskripsi dan penjelasan mengenai pekerjaan tersebut. Walaupun masih berbentuk lowongan kerja, namun harusnya tetap ada penjelasan rinci terkait tugas dan kewajiban yang dilakukan pegawai yang lolos seleksi.

9. Kop Surat Terdapat Logo yang Kurang Rapi

Para penipu yang berkedok sebagai perwakilan perusahaan cabang daerah yang abal-abal biasanya membuat surat lowongan pekerjaan dengan kop yang berisi logo perusahaan yang kurang rapi.

Padahal, rilisan lowongan kerja resmi umumnya ditampilkan dengan desain dan tampilan pengumuman yang rapi, serta logo yang tertempel jelas.

10. Panggilan Interview Tidak Menyebutkan Jabatan

Ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online juga bisa terlihat jika kamu dihubungi oleh perekrut yang tidak menyebutkan jabatannya. Pelaku penipuan biasanya hanya mengaku sebagai perwakilan sebuah perusahaan.

Padahal, perekrut resmi harusnya menyebutkan nama dan jabatan sebagai staf Human Resource Development atau staf Human Capital.

Selalu jeli dan teliti saat melamar pekerjaan. Jika ada hal-hal yang mencurigakan, langsung hentikan proses seleksi kerja dan laporkan ke pihak berwajib.

Selain melamar pekerjaan, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara online. Pilih CekAja.com, lalu bandingkan produk KTA dari berbagai bank yang sesuai untuk kebutuhanmu dan ajukan sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast