8 Ciri-ciri Wirausaha Sejati, Bikin Bisnis Gak Gampang Mati

Ada banyak cara di masa pandemi Covid-19 ini, untuk bisa tetap berpenghasilan, salah satunya menjadi wirausaha. Namun, tidak sekadar jualan, sederet ciri-ciri wirausaha sejati ini, patut ada di dalam diri kamu, agar bisnis di tengah pandemi gak gampang mati.

Untuk menjadi seorang wirausaha, ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Karena, tidak semua orang memiliki ciri-ciri wirausaha sejati.

Namun, setidaknya informasi ciri-ciri wirausaha sejati berikut ini, bisa membantumu bangkit, menjadi seorang wirausahawan yang sesungguhnya.

Memang apa saja sih, ciri-ciri wirausaha sejati, yang patut dimiliki seorang wirausahawan? Berikut akan dirangkum ciri-ciri wirausaha sejati, beserta tujuan dan contohnya.

Pengertian Wirausaha

Sebelum membahas terkait ciri-ciri wirausaha sejati, yuk ketahui dulu apa itu wirausaha. Secara umum, wirausaha sendiri merupakan kegiatan dalam menciptakan sebuah produk, menentukan cara produksinya, menyusun kegiatan operasionalnya, hingga perencanaan produk baru, sampai mengatur modal dan juga pemasarannya.

Umumnya, wirausaha adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dengan kemandirian dan kekreatifan, yang dimilikinya tanpa ada batasan.

(Baca Juga: 4 KTA Terbaik untuk Wirausaha)

Jika diartikan dalam istilah bahasa, wirausaha sendiri berasal dari dua suku kata, yakni “wira” dan “usaha”.

Adapun wira artinya adalah pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung dan gagah berani.

Sementara usaha, artinya adalah sebuah kegiatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja, yang bisa memberikan hasil.

Jadi, arti dari wirausaha adalah sebuah pejuang, dalam melakukan suatu pekerjaan yang menghasilkan.

Tapi, akan berbeda lagi jika kamu mencari kata wirausaha di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pasalnya, wirausaha dalam KBBI diartikan sebagai orang yang pandai atau berbakat, di bidang bisnis.

Namun, kembali lagi, jika tidak semua orang yang memiliki kesempatan dan uang, bisa menjalankan wirausaha dengan baik.

Maka, dalam membangun sebuah usaha, harus memiliki ciri-ciri wirausaha sejati, yang seharusnya melekat di dalam diri seseorang, jika ingin berhasil berbisnis.

Ciri-ciri Wirausaha Sejati

1. Memiliki Sifat Jujur

Ciri-ciri wirausaha sejati yang pertama adalah memiliki sifat jujur. Bahkan, sifat ini menjadi ciri-ciri wirausaha paling penting.

Pasalnya, jika bisnis kamu ingin berjalan aman, tanpa kendala, dan lancar, maka kejujuran bisa menjadi suatu alat, yang harus kamu miliki.

Akan tetapi, sifat jujur tidak hanya berlaku pada kamu, sebagai pemilik perusahaan. Karena semua pihak di perusahaan tersebut, seperti pemimpin dan seluruh karyawannya, juga harus memiliki kejujuran.

Nah, dengan memiliki pemimpin dan karyawan yang jujur, maka sebuah perusahaan bisa akan lebih mudah berkembang dan sukses.

2. Disiplin Waktu

Ciri-ciri wirausaha sejati yang selanjutnya adalah disiplin waktu. Karena selain jujur, disiplin juga penting dalam membangun sebuah bisnis.

Pasalnya, sikap disiplin yang tertanam dalam diri seseorang, bisa membuat ia bisa hidup lebih semangat.

Nah, jika seorang wirausaha memiliki sifat yang satu ini, maka bisnisnya diharapkan bisa berjalan dengan lancar.

Tidak hanya itu, sikap disiplin juga akan mempermudah dan memperlancar, jalannya sebuah bisnis, yang kamu kembangkan.

Coba bayangkan, jika kamu sebagai seorang karyawan, sering telat datang ke kantor. Bagaimana perusahaan mau cepat berkembang? Tidak mungkin bukan, hanya pemimpin yang bekerja?

Tidak hanya disiplin waktu, disiplin dalam melakukan pekerjaan juga, bisa memotivasi diri sendiri dan juga orang lain, agar bisa bekerja tepat waktu dan target bisa cepat digapai.

3. Cerdas Finansial

Selanjutnya ada ciri-ciri wirausaha sejati, yang dikit-dikit mikirnya untung dan cuan, yakni cerdas finansial.

Ya, namanya juga wirausaha, tentu selalu akan kaitannya dengan urusan finansial atau keuangan.

Pasalnya, bagaimana mau jadi wirausaha, kalau tidak tahu cara mengatur finansial perusahaan sendiri? Bisa-bisa dibohongi terus!

Perlu diketahui juga, bahwa hasil atau keuntungan dari sebuah bisnis adalah berupa uang.

Nah, uang dalam bisnis, bisa dilambangkan sebagai bukti yang konkret, bahwa usahamu menghasilkan sebuah keberhasilan dan memperlihatkan kompetensi dari seorang wirausaha.

4. Memiliki Komitmen Tinggi

Yang namanya usaha, ya jangan setengah-setengah, karena ciri-ciri wirausaha sejati yang berikutnya ini adalah harus memiliki komitmen yang tinggi.

Jadi, jangan cuma niat dan semangat di awal saja. Pasalnya, ketika bisnis sedang merosot, pun kamu tidak boleh putus asa dan pasrah dengan keadaan.

Tidak hanya itu, sebuah perusahaan yang bagus, tentunya memiliki visi dan misi, sejak awal dibangun. Sehingga, seorang wirausaha juga harus punya prinsip, visi dan misi, yang telah disepakati, dan harus diterapkan.

Hal tersebut dilakukan, agar jika ada masalah dalam bisnismu, kamu dan karyawan tidak goyang, dan terus mencapai tujuan, yang sudah tertera di visi misi perusahaan.

5. Kreatif dan Inovatif

Jika kamu bukan seorang pelajar atau mahasiswa lulusan bisnis hingga ekonomi, bukan berarti kamu tidak bisa menjadi seorang wirausahawan.

Meski harus cerdas, ciri-ciri wirausaha sejati, juga harus kreatif dan inovatif. Pasalnya, untuk memiliki ciri-ciri tersebut, kamu tidak melulu harus berpendidikan tinggi.

Terlebih juga, tidak semua orang pintar itu kreatif, dan sebaliknya. Di sini, kreatif yang harus dimiliki adalah sebuah pemikiran untuk menciptakan sesuatu yang berbeda.

Sedangkan inovatif, merupakan sebuah penemuan ide atau gagasan baru. Adapun, misalnya disini kamu, menciptakan teknologi, hal, atau cara baru, dan meninggalkan cara lama, karena dirasa lebih efisien.

Nah, dengan kreatifitas dan juga pemikiran yang inovatif, maka akan membuat perusahaan lebih mudah, untuk menghadapi persaingan pasar.

6. Mandiri dan Realistis

Ciri-ciri wirausaha sejati yang tak kalah penting dimiliki adalah mandiri dan realistis. Namanya juga wirausaha, di mana kamu berusaha dengan dorongan atau kemauan sendiri.

Jika bisnis hanya diniatkan terus tanpa direalisasikan, dengan keberanian dan kemandirian, mungkin bisnis akan selalu menjadi angan-angan.

Kalau begitu terus, bisnis kamu bisa didahulukan pebisnis lain! Maka dari itu, dengan kemandirian, kamu bisa menjadi seorang pelopor.

Dengan kemandirian juga, kamu selalu bisa melakukan sesuatu, meski tanpa mengharapkan bantuan (misalnya menunggu bantuan dana pemerintah).

7. Pandai dan Berprestasi

Perlu diketahui maksud dari ciri-ciri wirausaha sejati yakni pandai dan berprestasi bukan berarti kamu, harus selalu rangking satu dan merupakan lulusan perguruan tinggi terbaik.

Namun, pandai dan berprestasi yang dimaksud adalah kamu bisa menjadi seseorang yang semangat sebagai penggerak utama, yang memotivasi diri sendiri dan juga orang lain, untuk berwirausaha.

Seperti yang diketahui, memotivasi diri sendiri saja sulit, apalagi orang lain. Maka dari itu, dengan kepandaian, kamu bisa memotivasi diri dan orang lain ke arah pencapaian tujuan.

Selain itu, dalam sebuah bisnis, pasti ada yang namanya tujuan atau pencapaian. Sehingga, tujuan inilah yang menjadikan bisnis, sebagai tantangan bagi individu, yang kompetitif.

8. Terampil

Pandai dan kreatif saja tidak cukup, untuk menjadi wirausaha sejati. Karena ciri-ciri wirausaha sejati selanjutnya, yang harus kamu miliki adalah keterampilan.

Maksudnya terampil di sini, kamu harus bisa mencari dan menangkap peluang, yang akan datang, peluang yang cocok, peluang yang sesuai dengan kondisi, demi menguntungkan usahamu.

(Baca Juga: Serba-serbi Mengenai PKM Kewirausahaan)

Pasalnya, untuk apa kamu menciptakan produk bagus nan inovatif, yang berbeda dari yang lain, jika kamu sendiri tidak bisa membaca peluang dan bagaimana cara merealisasikannya?

Lantas, bagaimana cara agar bisa menjadi seorang wirausaha yang terampil? Nah, di sini kamu bisa belajar berkomunikasi dengan siapapun, menangani masalah apapun, mencari link sebanyak-banyaknya, hingga mampu bekerja sama dengan pihak yang menguntungkan perusahaan, misalnya investor, pengiklan, influencer, dan lain-lain.

Apa Sih Tujuan Wirausaha?

Jangan pernah menganggap, bahwa membangun bisnis atau menjadi wirausaha itu, hanya kegiatan iseng, atau “yang penting punya kegiatan atau penghasilan tambahan”.

Jika pemikiranmu seperti itu, semua orang juga bisa “membangun” tapi belum tentu bisa “mengelola”, agar bisnis tersebut gak gampang mati.

Pasalnya, seorang wirausaha sejati, sedari awal, ia tentu memiliki tujuan. Adapun tujuan wirausaha, bisa menyangkut tujuan pribadi dan tujuan lainnya.

Kira-kira apa saja tujuan wirausaha? Yuk, intip tujuan dari berwirausaha berikut ini:

  • Bisa menyebarkan pengaruh wirausaha, sehingga banyak orang yang tertarik ingin berwirausaha juga.
  • Dapat membantu seseorang membangun karakter wirausahawan, sehingga yang tadinya malas, jadi semakin disiplin, semangat, bahkan bisa memotivasi orang lain.
  • Memiliki keingintahuan terkait kompetensi diri, apakah bisa menjadi wirausaha yang berkualitas. Nah, dengan banyaknya pesaing wirausaha, membuat kamu jadi terpacu dan yang bertahan adalah para wirausaha yang berkualitas.

Contoh-contoh Wirausaha di Indonesia

Hingga saat ini, bahkan ketika sedang pandemi pun, sudah banyak tercipta berbagai jenis wirausaha. Nah, contoh wirausaha yang akan disebutkan di sini, mungkin salah satunya bisa menjadi referensi untuk dicoba.

Namun, meski jenisnya sama atau sudah banyak yang membangun bisnis tersebut, dengan kreatifitas, kamu bisa membuatnya berbeda dan lebih inovatif.

Berikut contoh wirausaha, yang saat ini sudah banyak bertebaran di pasar persaingan bisnis Indonesia!

  • Cafe
  • Reseller dan dropship produk
  • Fashion
  • Waralaba kuliner (makanan dan minuman)
  • Katering
  • Percetakan
  • Bisnis ekspedisi
  • Barber shop
  • Laundry
  • Pembayaran tagihan online
  • Cuci mobil dan motor
  • Desain grafis
  • Influencer
  • Wirausaha online
  • Kerajinan tangan
  • Bimbingan belajar
  • Konter handphone dan pulsa
  • Usaha Ritel
  • Startup
  • dan lain sebagainya

Bagaimana? Mau jadi wirausaha sejati juga? Ciri-ciri wirausaha sejati apa yang sudah kamu miliki?

Jika ciri-ciri wirausaha sudah kamu miliki, itu sudah menjadi poin plus. Namun, jika modal usaha yang belum kamu miliki, solusinya bisa pinjam dana ke CekAja.com!

Pasalnya, di CekAja.com, kamu bisa menemukan banyak produk pinjaman dana modal usaha, dari berbagai perusahaan p2p ternama di Indonesia.

Sebut saja seperti Kredivo, UangTeman, hingga Julo! Yang pastinya, aman, terpercaya, dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau ada urusan kekurangan modal usaha, pinjam di CekAja.com, solusinya!

Yuk, ajukan sekarang juga pinjaman dana tunai untuk modal usaha terbaik, pilihan kamu, hanya di CekAja.com!