Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ciri dan Dampak Bila Seseorang Kurang Istirahat dan Kurang Olahraga

by Rafly Aditia on 16 Mei, 2017

kurang istirahat _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Di zaman modern ini, banyak orang yang giat bekerja dari hari ke hari demi memperbaiki kualitas hidup. Sayangnya, kebanyakan dari mereka rela mengorbankan hal-hal penting, termasuk kesehatan.

Dua hal paling penting yang sering dikorbankan saat ini adalah waktu berolahraga dan waktu beristirahat. Padahal keduanya merupakan faktor penting jika seseorang ingin memperbaiki kualitas hidupnya dan memiliki tubuh yang sehat. Kurang tidur dan kurang olahraga bahkan bisa memicu berbagai risiko kesehatan, lho.

Kurang olahraga

Perlu diketahui, saat berolahraga maka detak jantung akan meningkat dan membuat aliran darah, oksigen, dan nutrisi menjadi lancar sehingga organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Sementara jika kurang olahraga, tentu akan menimbulkan masalah dan ciri tertentu. Berikut ciri bila seseorang kurang berolahraga:

  1. Menumpuknya lemak di perut, lengan dan paha
  2. Kulit bergelambir karena lemak berlebih
  3. Mudah ngantuk saat pagi hari
  4. Sering mengalami kram, kesemutan, dan gangguan otot lainnya
  5. Gampang lelah dan tarikan nafas cenderung pendek

Bahkan bukan cuma itu, jika kurang berolahraga maka tubuh manusia akan mengalami permasalahan secara keseluruhah, sistem saraf di bagian tubuh tertentu tertekan, cairan limpa tidak terdistribusi dengan baik, sehingga menurunkan imunitas tubuh seseorang, sulit tidur, dan berdampak pada gangguan kesehatan serius.

Kurang istirahat

Normalnya orang dewasa memerlukan waktu istirahat atau tidur sebanyak 7-9 jam sehari, jika kurang dari itu maka akan berdampak pada risiko kesehatan. Untuk mendeteksi apakah seseorang kurang tidur atau tidak dapat dilakukan dengan mudah. Ciri-ciri orang yang kurang istirahat atau tidur antara lain:

  1. Mudah mengantuk saat siang hari
  2. Sulit untuk berkonsenstrasi saat bekerja
  3. Seringkali merasa lapar
  4. Jadi lebih moody
  5. Kerap melamun, lupa, salah mengambil keputusan, bahkan tidak fokus saat diajak berbicara
  6. Munculnya kantung mata berwarna hitam yang terlihat jelas
  7. Wajah terlihat lesu dan pucat

Pastinya, jika seseorang kurang istirahat atau kurang tidur maka ada beberapa masalah kesehatan yang terus mengintai. Seperti misalnya obesitas yang bisa berujung pada munculnya penyakit lain seperti diabetes, ginjal, stroke bahkan serangan jantung.

Kurang tidur juga akan menimbulkan masalah kecantikan, karena orang yang kurang tidur akan terlihat lebih pucat, keriput dan munculnya garis halus terutama pada wajah.

Mulailah kebiasaan yang lebih baik dari sekarang!

Setelah sudah mengetahui betapa bahayanya kurang berolahraga dan kurang istirahat untuk kesehatan serta kualitas hidup, maka mulailah kebiasaan baru yang lebih baik dari sekarang.

Berlakukan jam tidur yang teratur selama 7-9 jam per harinya, misal waktu tidur malam pada jam 10 dan bangun jam 5 pagi. Lalu, jangan lupa untuk berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu untuk menjaga tubuh tetap fit.

Jangan lupa juga untuk selalu melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sehingga apabila terserang penyakit karena kebiasaan buruk yang selama ini dijalani, tidak perlu repot dan harus kebingungan memikirkan tagihan rumah sakit dan obat-obatan yang membengkak!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami