Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Coldplay, Band Terkaya ke-2 Dunia Ini Otw Rilis Album Terbaru

by Sindhi Aderianti on 29 Oktober, 2019

Fans Coldplay? Siap-siap, tanggal 22 November 2019 nanti album terbaru Coldplay bakal menembus kerinduanmu terhadap Chris Martin Cs. Uniknya, album ganda tersebut dikeluarkan secara bertahap, tahun ini lalu tahun depan.

album Coldplay

Setelah 4 tahun berselang, band asal Inggris ini akhirnya kembali menyapa penggemar lewat album terbaru yang bertajuk ‘Everyday Life’. Coldplay mengumumkan informasi tentang album baru tersebut lewat akun media sosial Twitter mereka @coldplay. Mereka mengumumkan dengan tulisan singkat, berbunyi “#EverydayLife 22 November, 2019.”

Di bawah label musik Parlophone, track pada album tersebut dibagi ke dalam dua sisi yakni ‘Sunrise dan ‘Sunset’. Dua single yang diberi judul ‘Orphans’ dan ‘Arabesque’ pun sudah bisa didengar melalui seluruh platform layanan streaming musik.

Kabar baik ini awalnya muncul sejak poster bernuansa monokrom Coldplay beredar di beberapa negara. Foto itu menampakkan setiap personil yang duduk bersama filsuf Jerman, penyair, dan komposer Friedrich Nietzsche, serta copy bertuliskan tanggal 22 November 1919. Di saat bersamaan, Colplay juga mengganti foto profil media sosial mereka dengan foto serupa, serta nama yang ditambahkan emoticon bulan sabit dan matahari.

Album Ganda

Melansir Daily Stars, Coldplay bakal merilis album secara ganda. Jika konsep ‘Everyday Life’ lebih eksperimental, album satunya lagi yang launcing tahun depan akan cenderung mainstream. Trik seperti ini sebenarnya pernah dilakukan Coldplay beberapa tahun lalu. Sebelum resmi merilis ‘A Head Full Of Dreams’. Setahun sebelumnya (2014), Coldplay melepas album ‘Ghost Stories’ yang terinspirasi dari perceraian Chris Martin dan Gwyneth Paltrow.

Sekilas, album itu mengusung sentuhan Timur Tengah dengan adanya sepenggal kata dalam huruf arabik. Namun secara umum, tema album yang mereka ambil masih seputar kehidupan pribadi, isu sosial, bahkan peristiwa dunia akhir-akhir ini. Seperti lagu ‘Orphans’ yang mengisahkan tentang pemboman 2018 di Damaskus, ibukota Suriah. Pemboman brutal tersebut kemudian memunculkan beberapa korban, yakni seorang gadis bernama Rosaleen dan ayahnya yang tertulis dalam verse 1 lirik lagu tersebut.

(Baca juga: 7 Bisnis Rumahan yang Ciamik Buat Anak Band)
Band Terkaya ke-2 di Dunia

Karya masterpiece band yang sudah 20 tahun berkiprah di blantika musik internasional ini, rupanya sebanding dengan kekayaan mereka. Pada akhir 2017 lalu, Coldplay bahkan dinobatkan oleh Forbes, sebagai band terkaya ke-2 di dunia setelah The Weeknd.

Nilai kekayaan band beranggotakan Chris Martin, Johnny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion itu ditaksir USD115,5 juta atau jika di rupiahkan mencapai Rp1,6 triliun. Wow, lantas hal apa saja yang kira-kira membuat Coldplay berhasil meraih predikat tersebut?

1. Konser A Head Full of Dreams’

Menyambangi negara dari berbagai benua, A Head Full of Dreams’ berhasil dinobatkan sebagai tur konser paling menguntungkan ketiga dalam sejarah konser dunia. Tur ini membuahkan keuntungan sebesar USD523 juta atau Rp7 triliun. Nilai tersebut didapat dari penjualan tiket di 114 kali pertunjukan, selama tur mereka di seluruh dunia pada 2016-2017 berlangsung. Dengan fakta tersebut, Coldplay hanya kalah dari The Rolling Stones dan U2 yang didaulat sebagai band dengan tur terlaris sepanjang masa.

2. Merchandise konser

Band yang sudah memiliki lebih dari 7 album ini sukses mengumpulkan pundi-pundi keuangannya melalui konser dan penjualan marchandise. Akun Flock of Birds Touring band melaporkan bahwa Coldplay juga telah mengantongi omset sebesar £ 63,667,007 (Rp1,2 triliun) dan laba sebesar £ 38,4 juta (Rp746 miliar) pada tahun 2017. Semua keuntungan itu didapatnya bersih dari penjualan kaos, topi, tote bag, dan barang suvenir lain selama konser ‘A Head Full of Dreams’ diselenggarakan.

(Baca juga: Mengenal Jazz, Musik yang Bikin Joey Alexander Mendunia)
3. Film dokumenter

Kekayaan Coldplay hingga detik ini, kemungkinan besar juga karena sumbangsih dari film ‘A Head Full of Dreams’, dokumenter tentang perjalanan band Coldplay yang diputar di bioskop seluruh dunia pada 14 November 2018 silam. Tiket nontonnya saja terjual lebih dari 300 ribu lembar. Dilansir dari Variety, Trafalgar Releasing, pihak distributor film tersebut mengumumkan bahwa dalam sehari, ‘A Head Full of Dreams’ mengumpulkan pendapatan sebesar USD3,5 juta, atau sekitar Rp50,8 miliar.

Kamu gemar mengoleksi album musik dan aneka merchandise band favoritmu? Jangan lupa manfaatkan kartu kredit untuk memudahkan berbagai transaksi pembelian dan nikmati aneka promonya! Cek pilihan kartu kredit di CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.