Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Computer Vision Syndrome Mengintai Pekerja Kantoran

by Tisyrin N. T on 14 Oktober, 2019

Para pekerja kantoran rentan mengalami masalah pada mata karena adanya paparan dari layar personal computer (PC) atau laptop dalam jangka waktu lama. Salah satu masalah yang kerap menghinggapi para pekerja kantoran adalah computer vision syndrome (CVS).

Computer Vision Syndrome

Nah, di bulan Oktober ini terdapat perayaan Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day). Hari Penglihatan Sedunia setiap tahunnya dirayakan pada hari Kamis di minggu kedua bulan Oktober. Hari Penglihatan Sedunia telah ada sejak tahun 1998 atas inisiasi Lions Club International yang kemudian berintegrasi menjadi VISION 2020 dan berada dibawah naungan World Health Organization (WHO) serta International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB).

Mumpung masih berdekatan dengan perayaan Hari Penglihatan Sedunia, tak ada salahnya kita mengenal lebih jauh tentang computer vision syndrome. 

Apa itu Computer Vision Syndrome?

Computer vision syndrome adalah suatu gangguan yang terjadi pada mata yang penyebabnya adalah menatap terlalu lama perangkat oleh elektronik berbasis komputer seperti PC, laptop, tablet, hingga smartphone. Penelitian memperlihatkan bahwa computer vision syndrome sebenarnya adalah gangguan yang terbilang umum bagi para pekerja.

Mengapa komputer dapat mengakibatkan gangguan pada mata? Karena ketika menatap layar, otot mata bekerja keras bergerak ke satu titik ke titik yang lain. Selain itu juga berupaya untuk fokus dalam waktu lama.

Apalagi, huruf yang tertera di komputer tidak setajam yang terlihat di media cetak. Hal ini membuat mata dipaksa lebih fokus. Silau cahaya layar juga menambah beban pada mata.

Beberapa gejala computer vision syndrome yang umum adalah mata terasa pegal, sakit kepala, dan pandangan kabur sehingga membutuhkan usaha lebih keras untuk melihat sesuatu lebih jelas. Bahkan, gejala lainnya bisa berupa mata kering dan merah. Selain itu, ketika melihat sesuatu menjadi dobel atau tampak ganda. Computer vision syndrome juga dapat menyebabkan sakit pada leher dan pundak serta iritasi mata.

(Baca juga: Cegah Mata Minus Pada Anak-anak: Batasi Penggunaan Gadget Salah Satunya!)

Tips Jaga Kesehatan Mata untuk Pekerja Kantoran

Nah, untuk meminimalisir terjadinya masalah atau gangguan pada mata termasuk computer vision syndrome, kamu para pekerja kantoran sebaiknya mulai menjaga kesehatan mata. Lakukan hal-hal berikut ini untuk menjaga kesehatan mata:

  • Jaga jarak pandang

Selama bekerja, janganlah melihat ke komputer dengan jarak yang terlalu dekat. Selalu jaga jarak pandang kamu yang aman dengan komputer yaitu minimal sekitar 30 cm. Tujuannya agar mata tetap sehat dan tidak mudah lelah.

  • Mengedipkan mata

Tahukah kamu berkedip dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi kelelahan akibat menatap komputer terlalu lama? Berkedip juga akan melindungi jaringan dari kotoran dan debu. Ketika berkedip, akan membersihkan mata dengan cara alami.

  • Ambil jeda

Jangan terus-terusan memandang komputer dalam jangka waktu lama. Kamu harus sesekali mengalihkan pandangan dari komputer selama beberapa menit. Gunakan metode 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata.

Maksudnya adalah, istirahatkan mata setiap 20 menit setelah menatap layar. Istirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan ke objek lain yang jaraknya minimal 20 kaki atau 6 meter, lakukan selama 20 detik. Metode 20-20-20 ini akan menjaga mata dari kelelahan dan mengurangi ketegangan. Jadi, metode ini baik untuk dilakukan demi menjaga kesehatan mata.

  • Perhatikan kecerahan pada layar monitor

Coba perhatikan kecerahan pada layar monitormu, jangan terlalu cerah atau gelap. Carilah tingkat kecerahan yang paling membuatmu nyaman. Kalau perlu, manfaatkan screen protector agar matamu tidak mudah lelah.

  • Bersihkan layar komputer

Kamu juga harus rajin membersihkan layar komputermu. Karena, tanpa disadari, debu yang menempel di layar komputer dapat membiaskan cahaya. Dengan begitu, mata kan berusaha lebih keras untuk bisa fokus sehingga mudah lelah.

(Baca juga: Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Meski Seharian Mantengin Gadget)

  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Kamu juga sebaiknya memperbanyak asupan vitamin khususnya vitamin A. Makanan yang banyak mengandung vitamin antara lain tomat, pepaya, dan wortel. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai variasi agar tidak bosan.

Nah, selain itu, berilah perlindungan kesehatan yang memadai untuk dirimu. Pilih asuransi kesehatan terbaik di CekAja.com. Kamu bisa mengajukannya dengan mudah secara online!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami