Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Corona Belum Usai, Ini 5 Ide Usaha yang Bermanfaat untuk Menguranginya

by Miftahul Khoer on 17 Maret, 2020

Wabah Corona sudah melanda Indonesia dengan korban positif lebih dari 100 orang. Tentu ini sangat merugikan berbagai pihak. Kondisi ini membuat ketersediaan masker dan hand sanitizer cukup langka. Meskipun ada, harganya melambung tinggi hingga berkali lipat.

bisnis miliaran - CekAja.com

Situasi ini sebetulnya bisa dimanfaatkan buat siapa saja termasuk kamu yang ingin membantu banyak orang.

Paling tidak menyediakan keperluan-keperluan yang dibutuhkan di saat virus yang tergolong baru ini menyerang.

Di kala orang kesulitan memeroleh logistik yang berkaitan dengan virus tersebut, justru di situ kita harus hadir membantu orang.

Tidak ada salahnya kita buka usaha dan membuka peluang-peluang baru. Tak terkecuali peluang usaha yang berkaitan dengan pencegahan atau bahkan usaha untuk melayani kebutuhan orang saat ini.

Terlebih di hampir setiap daerah baik perusahaan dan instansi pemerintahan telah menerapkan sistem kerja work from home (WFH).

Nah, tak ada salahnya jika kamu bisa menerapkan 5 ide usaha yang bermanfaat ini. Mau tahu ide usaha apa saja? Mending simak aja langsung yuk ulasannya berikut ini.

(Baca juga: Pinjaman Dana Untuk Franchise Bagi Kamu Yang Ingin Berbisnis!)

1. Bisnis masker unik 

Nah, menjual masker saat ini bisa menjadi peluang sekaligus membantu orang karena banyak dicari.

Kamu juga bisa mulai membikin masker kreatif dari berbagai bahan menarik seperti bahan kain, batik, model buff, atau masker bergambar.

Mengingat harga masker yang kini sangat melambung tinggi, seperti masker N95 yang mencapai harga jutaan. Kamu bisa mencari bahan-bahan yang tidak terlalu mahal.

Jika kamu berminat bikin, kamu bisa melihat tutorial pembuatan masker buatan Dr Chen.

Dia memposting tutorial tersebut di laman Facebooknya. Salah satu dokter yang berasal dari Taiwan ini memberikan cara sederhana dalam membuat masker handmade yang dianggap lebih ramah di kantong dan lingkungan.

Dengan modal Rp36 ribu, kamu sudah bisa menghasilkan 3 masker yang bisa dipakai ulang dan tentu saja masker buatan kamu ini bisa dijual.

2. Usaha jual hand sanitizer

Di tengah kelangkaan hand sanitizer, justru ini menjadi peluang besar yang bisa kamu manfaatkan.

Kamu juga bisa merujuk kepada standar WHO dalam membuat hand sanitizer ini dengan berbahan ethanol 96 persen.

Nah orang juga akan lebih tertarik apabila hand sanitizer ini memiliki varian aroma yang sedap seperti aroma-aroma buah-buahan.

Jika kamu berhasil membuat produk hand sanitizer ini, kamu bisa mulai memasarkannya kepada orang-orang terdekat dulu, setelah itu kamu bisa memperluas penjualannya di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Kamu tentu harus berfokus kepada manfaatnya. Sejalan dengan itu kamu juga perlu mensosialisasikan cara pemakaiannya kepada masyarakat atau konsumen.

3. Makanan delivery yang higienis 

Usaha makanan delivery ini sangat bermanfaat sekali bagi banyak orang, terlebih bagi konsumen yang bekerja di rumah dan para pelajar yang kini tidak berangkat ke sekolah. 

Kamu bisa membuka warung sederhana di rumah kamu atau membuat lapak untuk menjajakan makanan kamu, nah untuk lebih mudahnya, kamu juga bisa menjadi mitra Gojek dan Grab. 

Hal yang paling penting adalah kamu dapat memastikan makanan kamu sehigienis mungkin.

Biasanya selain bentuk dan cara penyajiannya yang harus higienis. Kemasan dari makanan ini juga menentukan kesan baik dan buruk kepada konsumen. Oleh sebab itu, kemaslah makanan kamu sebaik mungkin.

4. Usaha rempah tradisional atau herbal

Seperti diungkapkan Profesor Chairul Anwar Nidom selaku Guru Besar Biomolekuler Unair (Universitas Airlangga) Surabaya, menurutnya tanaman obat tradisional disinyalir mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa mencegah masuknya virus, termasuk penyakit Covid-19. 

Kini sebagian orang sudah beralih kembali untuk membuat ramuan dari rempah-rempah ini.

Seperti jahe, kunyit, temulawak, kayu manis, laos, kencur, daun sereh. Jika kamu tertarik bisnis ini, kamu juga bisa berinovasi dengan hal-hal yang berbau kekinian yang berbeda dengan yang lain.

Seperti memakai kemasan paketan dengan porsi yang kecil dan harga terjangkau. Atau membuka kedai obat tradisional dengan konsep modern.

(Baca juga: 5 Tips Berbisnis Selai Kacang ala Rumahan, Banyak Untungnya) 

5. Jasa bikin video dan grafis untuk kampanye pencegahan

Peluang usaha yang satu ini tentu sangat bermanfaat apabila kamu serius. Sebab ada banyak instansi pemerintahan yang membutuhkan media seperti video dan grafis untuk mengkampanyekan pencegahan terhadap sebaran virus Corona atau tips tips mengenai kesehatan.

Dengan begitu, kamu bisa mulai menawarkan jasa kamu tersebut kepada pihak-pihak terkait yang membutuhkan. 

Untuk lebih mudahnya kamu tinggal bermitra dengan mereka, dan membicarakan seperti apa kontrak kerja atau sistem pembuatan konten video atau grafisnya nanti.

Selain kamu bisa mendapatkan cuan, kamu juga telah menjadi bagian yang peduli terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat pada umumnya. 

Nah itulah 5 ide usaha yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Selain itu, jika kamu butuh modal untuk memulai usaha ini, kamu bisa mangakses JULO. Banyak tawaran menarik yang ditawarkan JULO kepada kamu.

Selamat mencoba ya gaes!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.