Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Corona Masuk Indonesia, Konsumsi 5 Makanan Penangkalnya!

by Anes Saputra on 3 Maret, 2020

Pemerintah memastikan kalau sudah ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif tertular virus Corona. Virus ini memang tengah menjadi ancaman global, oleh karena itu penting bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Menu diet sehat

Mengonsumsi menu diet sehat bisa jadi salah satu cara mencegah infeksi virus corona. Makanan-makanan sehat ini diharapkan bisa membentuk sistem imun memadai untuk membantu mencegah maupun mengurangi risiko terserang penyakit disebabkan virus.

Menu yang dimaksud adalah sayuran hijau dilengkapi berbagai buah dan mengandung vitamin C tinggi. Berikut adalah 5 bahan makanan yang dapat membantu mencegah terserang virus Corona:

  1. Jahe

Jahe - Corona Masuk Indonesia Konsumsi 5 Makanan Penangkalnya

Jahe sudah lama diketahui mengandung banyak bahan aktif untuk mencegah flu dan masuk angin. Biasanya jahe bisa digunakan sebagai campuran teh, sup, masakan, ataupun wedang.

Jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan, meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan karena terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

  1. Paprika dan cabai merah

Paprika dan cabai merah - Corona Masuk Indonesia Konsumsi 5 Makanan Penangkalnya

Para pecinta pedas tentu akan senang mengetahui kalau ternyata paprika dan cabai merah termasuk bahan makanan peningkat sistem imun tubuh. Keduanya juga mengandung banyak vitamin C.

Bahkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa paprika dan cabai merah, dua kali lebih banyak kandungan vitamin C daripada buah jeruk. Cara mengonsumsinya, tentu membuat sambal dan bisa juga menumis paprika merah dicampur dengan sayur lain. Khusus untuk paprika juga bisa dimakan mentah, dicocol mayonnaise, atau sebagai campuran salad.

  1. Bawang putih

Bawang putih - Corona Masuk Indonesia Konsumsi 5 Makanan Penangkalnya

Bawang putih juga salah satu tanaman mujarab komposisi obat herbal yang sudah dipercaya ribuan tahun. Bawang putih memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bawang putih juga didukung dengan antioksidan yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium.

Senyawa aliicin yang membuat aroma khasnya, sangat bermanfaat melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya. Mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti flu, pilek, batuk, dan radang tenggorokan.

(Baca juga: Cara Efektif Budidaya Bawang Putih Berkualitas Sampai Sukses Panen)

Namun, kalau tidak suka dan tahan baunya, gunakan bawang putih lebih banyak pada masakan di rumah.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan - Corona Masuk Indonesia Konsumsi 5 Makanan Penangkalnya

Bagi kamu yang suka ngemil, ubah saja kudapan kamu menjadi kacang-kacangan. Pasalnya, kacang-kacangan bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, dan tinggi protein sehingga akan lebih baik untuk mencegah terjangkit virus Corona.

Kalau tidak suka kacang-kacangan, cobalah makan tahu dan tempe yang memang berbahan dasar kedelai. Selain itu, bisa juga kacang almond, yang akan memberi asupan vitamin C dan E. Konsumsi secara rutin bisa mencegah flu dan demam. Makanan peningkat sistem imun tubuh yang gurih dan lezat.

  1. Jamur

Jamur - Corona Masuk Indonesia Konsumsi 5 Makanan Penangkalnya

Jamur diketahui memiliki rasa yang sangat mirip dengan daging. Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau daging. Apalagi jamur juga mudah diolah untuk campuran capcai atau yang sangat ini tengah tren dengan ala Korea.

Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Sehingga jamur sangat baik bagi tubuh, kemudian mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan pastinya menjaga sistem kekebalan tubuh.

Cuci tangan

Selain karena daya tahan tubuh yang kurang baik, penyebaran  virus corona bisa melalui kontak langsung dari percikan air yang keluar dari mulut seseorang saat bersin dan batuk. Juga, melalui benda-benda yang terdapat di tempat umum seperti pegangan kereta, pegangan tangga, tombol lift, dan bisa pula lapisan luar masker.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Cucilah tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan, seperti makan dan memegang benda di tempat umum.

Namun, cuci tangan tidak hanya sekadar basah saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, jangan hanya mencuci tangan hingga pergelangan saja, basuhlah sampai ke siku. Setelah itu, bersihkan punggung tangan dan sela-sela jari.

Perhatikan pula untuk membersihkan bawah kuku bagi yang memanjangkannya. Lakukan langkah di atas paling sedikit selama 20 detik. Kemudian jangan lupa keringkan baik dengan handuk ataupun tisu kering, sebelum makan dan juga setelah berpergian.

Pakai masker dengan benar

Masker juga menjadi bagian yang penting untuk menghalau virus Corona. Cara pakai masker penutup hidung yang benar adalah bagian kerasnya (kawat) diletakkan di atas hidung supaya efek kebocorannya lebih kecil. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memasang masker.

Selanjutnya, cari sisi luar masker, jika masker memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit, sementara lapisan hijau menghadap ke luar.

(Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Masker, Nomor 2 Tak Mampu Cegah Virus Corona!)

Untuk masker yang menggunakan tali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala bagian atas. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher.

Untuk masker karet, hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung agar masker lebih tertutup rapat. Panjangkan lekukan-lekukan masker ke bawah untuk menutupi semua bagian yang perlu ditutup yaitu hidung, mulut serta dagu.

Berikan perlindungan lebih bagi dirimu dan keluarga tercinta dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih dan ajukan lewat CekAja.com. Prosesnya cepat, syaratnya mudah. Ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke