Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cuaca Buruk, Puluhan Wilayah Dapat Peringatan Dini Dari BMKG!

by Gito on 3 Januari, 2020

Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek menyisakan banyak pilu. Ratusan rumah dan barang berharga lainya harus rela terendam ganasnya terjangan luapan air. Meski begitu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memproyeksikan, cuaca buruk masih berpotensi terjadi kembali. Bahkan terdapat 26 wilayah yang mendapatkan peringatan dini dari BMKG.


Wilayah DKI Jakarta dan juga Jawa Barat juga masuk dalam wilayah yang mendapatkan peringatan dini dari BMKG.

Nah, sikap waspada dan juga antisipatif tampaknya masih harus dilakukan, mengingat puncak curah hujan diramal baru akan terjadi pada bulan Februari dan Maret mendatang.

Selain itu kerugian yang diderita para korban banjir diproyeksikan bakal menggunung. Pasalnya dari sisi bisnis, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menaksir kerugian yang dialami anggotanya mencapai Rp900-an miliar.

Melansir laman BMKG, berikut merupakan wilayah yang mendapatkan warning pada hari ini (3/1). Waspada ya guys,

(Baca juga: Peluang Usaha Musim Hujan, dari Kuliner Sampai Laundry)
1. DKI Jakarta

Ibukota kita tercinta ini diproyeksikan mengalami hujan disertai kilat / petir pada sore hari. Selain itu angin kencang juga akan melanda wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur di waktu sore.

Padahal beberapa wilayah di DKI Jakarta hingga saat ini masih tergenang. Seperti di wilayah Kemang, Jakarta Selatan lalu Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan beberapa titik lainnya di wilayah Jakarta Barat.

2. Jawa Barat

Salah satu provinsi terbesar di Pulau Jawa itu mendapatkan peringata dini dari BMKG agar waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat petir pada siang hingga sore hari.

Wilayah yang patut diwaspadai adalaah Bogor Selatan, Cianjur, Karawang, Bandung Utara, Purwakarta, Subang, Kuningan, Sumedang, Cirebon, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar.

3. Bali

Pulau yang menjadi salah satu destinasi utama wisatawan itu diproyeksikan akan mengalami hujan lebat disertai kilat / petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi di wilayah Bali bagian barat dan utara.

Selain itu, kamu yang akan menempuh jalur laut waspada gelombang laut setinggi 2 meter yang bisa terjadi di laut Bali, selat Bali bagian selatan, selat Badung, selat Lombok bagian selatan dan Samudera Hindia Selatan Bali.

4. Bangka Belitung

Pada hari ini seluruh wilayah di Bangka Belitung berpotensi mengalami cuaca buruk. Di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan bakal mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir pada siang hari.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur bakal diguyur hujan pada waktu dini hari.

5. Banten

Kota industri yang berada di wilayah provinsi Banten, Cilegon diproyeksikan akan dilanda angin kencang.

Selain itu, terdapat juga potensi gelombang tinggi di wilayah Samudera Hindia bagian Selatan Banten, perairan selatan Banten dan selat Sunda bagian selatan Banten.

6. D.I Yogyakarta

Kamu yang tinggal di wilayah Sleman diproyeksikan akan diguyur hujan hingga lebat disertai angin kencang dan juga petir.

Sementara di laut, gelombang laut setinggi 2 hingga 3 meter bakal terjadi di pesisir Selatan DI Yogyakarta.

7. Bengkulu

Di wilayah yang terkenal akan bunga bangkainya ini diramalkan bakal disiram hujan lebat disertai Guntur dan angin kencang berdurasi singkat.

Adapun wilayah yang berpotensi terkena hujan tersebut adalah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur dan Bengkulu Selatan.

8. Jambi

Di wilayah Jambi diramalkan bakal diguyur hujan sedang hingga lebat yang disertai petir. Wilayah yang berpotensi hujan adalah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

9. Gorontalo

Wilayah yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya itu diproyeksikan akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga hujan lebat.

Selain itu petir serta angin kencang juga akan melanda di wilayah Sumalata, Tolinggula, Kwandang, Suwawa, Pinogu dan Atinggola saat siang, sore dan malam hari.

10. Jawa Tengah

Kamu yang tinggal di wilayah Jawa Tengah harap mewaspadai gelombang tinggi di perairan utara dan selatan Jawa Tengah.

Sementara potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir akan terjadi di daerah pegunungan tengah, Pantura bagian barat hingga tengah, Jawa Tengah bagian tiur dan daerah pesisir selatan di siang hingga malam.

11. Jawa Timur

Wilayah ujung timur Pulau Jawa itu diproyeksikan diguyur hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Magetan dan Pasuruan di pagi hari.

Sedangkan saat siang, wilayah yang bakal disiram hujan adalah Magetan, Kota Malang, Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Bondowoso dan Pulau Bawean di dini hari.

12. Kalimantan Selatan, Tengah, Timur dan Utara

Empat provinsi ini diproyeksikan akan dilanda hujan sedang hingga lebat yang disertai petir juga angin kencang. Waktu terjadinya diramalkan pada siang, sore dan dini hari.

(Baca juga: Musim Hujan, Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima)
13. Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Selatan dan Maluku

Kepulauan Riau, Lampung dan Maluku bakal dilanda angin kencang dan hujan lebat disertai petir. Selain itu perlu diwaspadai juga adanya ptensi gelombang tinggi yang terjadi di perairan Natuna, Anambas, Bintan dan Lingga.

Sedangkan di Maluku, wilayah yang perlu diwaspadai adalah wilayah Kabupaten Seram bagian barat yang berpotensi diguyur hujan sedang.

14. NTB dan NTT

Di Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang pada siang sampai malam hari. Sedangkan di Nusa Tenggara Timur (NTT) terdapat potensi angkin kencang dan gelombang tinggi di perairan NTT bagian selatan hingga barat.

15. Papua Barat, Sulawesi Barat, Selatan, Tengah dan Tenggara

Di 5 provinsi ini diproyeksikan terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir di beberapa wiayah. Selain itu juga terdapat potensi angin kencang dan gelombang laut tinggi 1,25 m – 2,5 m di selat Makassar bagian selatan, Pare-Pare, Spermonde Pangkep barat dan Spermonde Pangkep.

Kamu yang tinggal di wilayah tersebut diatas harus waspada ya. Jangan lupa lengkapi proteksi kamu dengan asuransi. Sibuk? Akses CekAja.com dan temukan produk yang cocok untukmu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit