Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cuan dari Durian: 8 Olahan Durian yang Menarik Jadi Ladang Bisnis

by Miftahul Khoer on 28 Januari, 2020

Banyak orang yang memanfaatkan musim durian sebagai ajang untuk mendapatkan penghasilan. Mulai dari menjual buah durian yang sudah matang maupun mengolah buah durian menjadi makanan lain yang lebih lezat. Kamu pun bisa mencari cuan dari durian. Yuk, temukan peluang bisnis olahan durian yang menjanjikan!

bisnis olahan durian

Ketika musim durian tiba, tentunya buah ini tersedia melimpah. Namun, durian akan cepat membusuk kalau tidak segera dikonsumsi. Karena itu, ketimbang membusuk akibat lama tidak dimakan, lebih baik diolah lagi saja menjadi makanan yang kekinian. 

Tekstur buah durian yang lembut ini ternyata bisa diolah menjadi bahan makanan lain. Harganya bahkan bisa lebih tinggi ketimbang hanya menjual buah duriannya saja. Lumayan bukan untuk menambah penghasilan? Lalu apa sajakah berbagai macam produk olahan durian ini yang bisa jadi peluang bisnis? Yuk simak penjelasannya.

1. Pancake durian

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan adalah menjual olahan durian berupa pancake. Pasti kamu nggak asing lagi dengan pancake durian. Produk olahan durian dengan berwarna-warni ini sempat booming dan menjadi makanan yang wajib dicoba. Pancake durian ini terbuat dari daging buah durian yang sudah dipisahkan dari kulit dan bijinya. Kemudian durian tersebut diselimuti oleh adonan pancake yang berwarna-warni. Hal inilah yang membuat makanan tersebut diberi nama pancake durian.

Cara membuat pancake durian pun tidak sulit. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit pancake yaitu tepung terigu, telur, susu cair, dan essens pandan. Sedangkan untuk bagian isinya terdiri dari daging buah yang sudah lumat yang dicampur dengan whipped cream. Setelah jadi, adonan tersebut dimasukkan ke dalam kulit pancake. 

Biasanya, pancake durian ini dijual dengan berbagai macam warna. Kamu bisa menambahkan pewarna makanan pada kulit pancake tersebut. Dan juga, pancake durian kebanyakan dijual dengan kotak plastik, hal ini menjadikan pancake durian lebih awet.

(Baca juga: Tips Bisnis Videografi)

2. Cokelat durian

Buah durian juga ternyata bisa diolah menjadi isian cokelat. Bayangkan, kamu makan cokelat yang didalamnya berisi selai durian yang akan meleleh ketika digigit atau dimakan? Enak bukan? Pastinya makanan ini sangat cocok buat kamu yang sangat menyukai cokelat dan buah durian.

Cara membuatnya pun tidaklah sulit. Pastinya, kamu harus menyiapkan cokelat batangan yang sudah dilelehkan. Lalu, lelehan coklat tadi dimasukkan ke dalam cetakan. Lelehan cokelat ini kemudian diisi dengan selai durian. Setelah itu, lapisi dengan lelehan coklat lagi agar seluruh permukaan selai durian tertutup oleh cokelat. Masukan adonan tersebut ke dalam kulkas dan tunggulah hingga mengeras. Coklat durian pun siap untuk dijual.

3. Kue sus durian

Biasanya kue sus berisi susu atau coklat. Nah, bagaimana kalau isinya adalah durian? Kalau kamu pengusaha kue sus, tidak ada salahnya mencoba olahan daging durian sebagai pengganti isi kue sus. Rasanya pasti akan khas dan patut dicoba.

4. Sop durian

Durian ternyata tidak cuma dijadikan es krim saja. Ternyata durian juga bisa dijadikan sop durian yang sekarang sedang hits. Beberapa brand sop durian yang cukup terkenal diantaranya Sop Durian Lodaya milik Choky Sitohang, Sop Durian Van Depok, Sop Durian Durio, dan lain-lain.

Namun yang pasti, sop durian ini berbeda dengan sop pada umumnya. Sop durian dibuat dari daging buah durian yang sudah dipisahkan dari kulit dan bijinya.  Disajikan dengan tambahan es dan akan lebih enak lagi jika di atasnya diberi beberapa topping seperti parutan keju, coklat, susu, dan lain-lain.

5. Kolak durian

Kolak adalah makanan tradisional yang biasanya menemani kamu di saat berbuka puasa. Biasanya, bahan utama kolak berisi pisang, ubi, tape, maupun kolang-kaling. Ternyata, ada juga bahan utama kolak dari buah durian. 

Cara membuatnya hampir sama dengan membuat kolak pada umumnya, yang terdiri dari santan, gula merah, gula pasir, teh, garam, dan daun pandan. Buah durian yang dipilih adalah daging durian yang sudah dipisahkan dari biji dan kulitnya. Buat kamu pecinta durian pastinya tidak akan melewatkan kolak durian saat berbuka puasa tiba.

6. Durian bakar

Ternyata bukan hanya jagung saja yang bisa dibakar. Durian juga ternyata bisa dibakar dan menjadi olahan makanan yang enak. Usaha durian bakar ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Durian bakar ini ternyata sedang populer di negeri Jiran, Malaysia. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau durian bakar ini akan ikut populer juga di Indonesia.

Cara membuat olahan makanan ini adalah dengan membakar buah durian beserta kulitnya di atas bara api. Biarkan selama beberapa menit hingga duri dari kulit durian menjadi hitam. Ketika sudah benar-benar matang, maka kulit di bagian bawahnya akan sedikit terbuka. Tekstur durian bakar ini tentunya lebih lembut dan rasanya lebih manis dibandingkan dengan durian yang langsung dimakan.

7. Puding durian

Sama seperti buah lainnya, durian juga bisa diolah menjadi puding. Rasanya pasti tidak kalah dengan pusing-pusing dari buah lainnya. Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama, kamu harus memisahkan daging buah durian dari kulit dan bijinya.

Selanjutnya, masukan adonan seperti susu cair, bubuk agar-agar, gula pasir, dan garam ke dalam blender beserta daging buah durian. Kemudian, adonan yang sudah diblender tersebut direbus dan dicampur dengan kuning telur. Kalau sudah selesai, masukkan ke dalam loyang dan dinginkan. 

(Baca juga: Bisnis untuk Mahasiswa)

8. Kopi durian

Buat kamu yang mencintai kopi, tidak ada salahnya mencoba olahan kopi durian. Beda dengan kopi yang pada umumnya menggunakan gula, susu, dan cream, kali ini kopi dicampur dengan olahan durian. Kalau kamu mempunyai warung kopi atau kedai kopi, tidak ada salahnya menambahkan menu kopi durian dalam usaha bisnis kamu.

Caranya pun cukup mudah. Kamu cukup masukan kopi tubruk ke dalam air, kemudian masak hingga mendidih. Setelah itu, masukkan durian Mayang yang sudah dipisahkan dari kulit dan bijinya. Tambahkan sedikit gula supaya lebih manis. Aduk rata selama 5 menit, dan saring halus ke dalam gelas. Durian kopi pun siap dihidangkan.

Itulah beberapa produk hasil olahan dari buah durian yang bisa jadi peluang bisnis. Bisnis olahan durian ini ibarat mendapatkan durian runtuh, kamu pastinya akan mendapatkan keuntungan yang banyak, karena banyak orang yang menyukai buah ini dan mencari berbagai produk olahannya. Sehingga, ketimbang kamu menjual buahnya langsung yang nantinya akan cepat busuk, maka lebih baik menjual hasil olahan produk durian.

Gimana? Tertarik mencoba garap bisnis olahan durian? Nah, kalau kamu butuh tambahan modal bisnis, cek berbagai pilihan pinjaman di CekAja.com!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.