Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cuka Apel: Asal-Usul, Harga, dan 1001 Manfaatnya

by Kartika Ratnasari on 3 Januari, 2018

Tak hanya populer dengan makanan serba apelnya, Kota Malang juga memiliki oleh-oleh khas yaitu cuka apel.

Kota Malang yang terkenal dengan buah Apel, berinovasi dengan menciptakan ragam olahan buah apel. Mulai dari keripik apel, dodol apel, pia apel, minuman sari buah apel, dan tak ketinggalan yang paling unggul disini adalah fermentasi dari Apel yaitu cuka apel.

Cuka apel yang sudah dikenal dengan berbagai khasiat, tentunya selalu muncul di setiap pencarian untuk pengobatan di kalangan masyarakat.

Untuk menyeimbangkan kembali beberapa mineral yang merupakan kebutuhan tubuh, coba konsumsi cuka apel dengan dosis 1 sendok makan saja dimasukkan ke 1 gelas air putih. Selain untuk diminum, bisa juga celupkan sisir pada larutan tersebut lalu sisirkan ke rambut secara perlahan dan biarkan hingga menjadi masker rambut dalam 15 menit.

Memiliki kandungan yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah dan kadar kolesterol, cuka apel juga berfungsi mengatasi rasa pegal dan linu pada persendian, serta masalah osteoporosis atau kesehatan tulang lainnya.

Hal ini berdasar pada kandungan magnesium yang terbentuk dari fermentasi buah apel. Tidak hanya magnesium, kandungan quercetin yang ada juga memberikan perlindungan terhadap kanker serta mengurangi oksidasi lemak guna melindungi hati dari kerusakan oksidatif.

Cuka Apel juga dipercaya mengandung serat fito kimia dan quacertin yang efektif mencegah pertumbuhan sel kanker prostat.

Bagi yang memiliki berat badan berlebih (obesitas), cuka apel mengandung kalsium yang berfungsi untuk menghambat timbunan lemak dalam tubuh kita, lho. Mengingat rasa asam pada cuka apel ini, baiknya untuk yang memiliki penyakit maag disarankan mengonsumsinya dengan meminum lebih banyak air agar tidak merangsang asam berlebih pada lambung.

Sejumlah manfaat yang terkandung di cuka apel bergantung pada gizi yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Sebagai penetral racun dalam tubuh, tidak jarang pencarian yang muncul adalah tentang harga cuka apel untuk wajah berjerawat. Padahal, cuka apel yang ada untuk kulit berjerawat dan cuka apel dengan khasiat dalam tubuh memiliki jenis yang sama.

Untuk mendapat kandungan bermanfaat dari cuka apel, tentu kita harus pintar memilih jenis cuka apel terbaik guna menjamin kualitasnya. Nah, untuk itu baiknya kita intip harga cuka apel di kota Apel dengan yang dijual di pasar swalayan maupun online shop, yuk!

No.Produk (di Malang)UkuranHarga
1Cuka Apel Kusuma Agrowisata Malang Apple Cider Vinegar300 mlRp40.000 – Rp50.000
2

 

Cuka Apel Tahesta300 mlRp39.000
3Cuka Apel Samba300 mlRp55.000

Harga cuka apel berdasarkan tabel di atas berasal dari Malang, dan berkisar dari tiga puluh hingga lima puluh ribu per 300 ml botolnya. Bandingkan dengan macam-macam merk cuka apel di pasar swalayan, harga cuka apel selalu stabil diantara produk lain yang dijual.

No.Produk (Swalayan)UkuranHarga 
1Dynamic Health – Cuka Apel Organic473 mlRp112.500
2Cuka Apel Tahesta300 mlRp55.800
3Herbal Cuka Apel BiofittoRp66.160
4La Rambla Cuka Apel250 mlRp65.000
5Heinz Apple Cider Vinegar473 mlRp38.200

Nah, itu tadi perbandingan harga cuka apel yang ada di swalayan.  Kisaran harga yang tidak terlalu jauh, dapat mempermudah kita untuk mengonsumsinya meskipun tidak bepergian ke Kota Apel. Itu tadi sekilas harga cuka apel yang ada di pasaran sepanjang 2017.

(Baca juga: 6 Pilihan Mobil Harga Dibawah 200 Juta di Tahun 2018)

Dengan begitu, artinya cuka apel dengan 1001 manfaat tersembunyi yang belum banyak diketahui.

Tentang Penulis