Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cukup Dilakukan 30 Menit Sehari Kamu Bisa Makin Melek Finansial

by Ariesta on 24 Agustus, 2016

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Bagi kaum urban di kota besar waktu luang adalah barang langka. Dalam sehari, 9 jam dihabiskan untuk bekerja sementara waktu tempuh pulang pergi bisa memakan waktu 3 jam. Sementara untuk tidur dibutuhkan 7 jam. Dengan kata lain, kamu yang tinggal di kota-kota besar hanya punya 5 jam untuk melakukan kegiatan lain. Sungguh waktu yang sempit.

Tapi, keterbatasan waktu jangan dijadikan alasan untuk tidak menambah pengetahuan, terutama pengetahuan di bidang finansial. Bekal pengetahuan finansial sejak muda bisa membuat masa depanmu aman. Misalnya jika saat ini gajimu pas-pasan, tapi kamu bisa mengelolanya untuk investasi, 10 tahun kemudian kamu bisa memetik hasilnya. Sebaliknya kamu yang bergaji besar tapi tidak bisa mengelolanya, kekayaanmu malah bisa menipis.

Sambil duduk di kereta dalam perjalanan pulang kerja, sebelum tidur, atau saat istirahat siang di kantor, luangkan 30 menit sehari agar kamu makin melek finansial dengan cara berikut.

Baca berita finansial di portal berita online

Cukup luangkan masing-masing 15 menit dalam perjalan menuju dan pulang kantor untuk mengupdate berita terbaru. suku bunga turun, saham A anjlok, program perumahan rakyat, semuanya secara tidak langsung akan berdampak pada hidupmu. Jadi, jangan lupa untuk baca berita, ya. (Baca juga: Dengan Lebih Sedikit Usaha Wanita Bisa Lebih Sukses Berbisnis dari Pria)

Cek keuntungan kartu kredit

Kartu kredit-mu menawarkan banyak keuntungan. Secara berkala, pihak bank akan memperbarui promo dan kerja sama dengan merchant mitranya. Nah, dengan rajin mengecek situs promo kartu kreditmu, siapa tahu kamu bisa menemukan promo menarik seperti diskon belanja, nonton hemat, cashback, atau cicilan tanpa bunga. Saat membayar, tidak semua kasir merchant update dengan promo kartu kredit. Karenanya, kamu sebagai pengguna jangan malas mengecek.

Tukarkan reward kartu kredit

Setiap menerima tagihan kartu kredit, kamu bisa melihat jumlah poin yang terkumpul. Poin yang tidak ditukar bisa kadaluarsa lho. Poin yang kamu peroleh juga memiliki masa berlaku dan akan hangus apabila tidak dilakukan redemption/penukaran sampai dengan masa kadaluarsa. Tanggal Poin kadaluarsa dapat dilihat pada lembar penagihan kartu kredit.

Kalau bingung bagaimana cara menukarkan poin, buka situs bank penerbit kartu kredit atau hubungi call center. Yang jelas, kamu bisa mendapat banyak keuntungan seperti diskon hingga 100%, dibebaskan dari biaya tahunan, voucher belanja, hingga tiket pesawat gratis hanya dengan menukarkan reward kartu kredit.

Punya semua salinan isi dompet

Orang yang melek finansial akan paham kalau segala informasi yang berkaitan dengan data pribadi sangat krusial. Tidak sampai 30 menit kok,  segera scan semua kartu penting seperti KTP, SIM, NPWP, kartu keanggotaan, kartu kredit dan debit. Sehingga, bila terjadi kehilangan proses pemblokiran dan penggantian kartu baru bisa lebih mudah, sekaligus mencegah identitasmu disalahgunakan orang lain. Jangan lupa simpan salinannya di email, dropbox, atau Google Drive.

Mewaspadai segala tindak kejahatan keuangan

Dengan semakin canggihnya teknologi, semakin banyak modus yang digunakan penjahat untuk melakukan pencurian. Dengan memahami teknik yang digunakan pekaku dan cara pencegahannya, kamu bisa mengantisipasi agar tidak menjadi korban. (Baca lebih lanjut di sini: Beragam Modus Maling Modern di Era Uang Elektronik)

Gunakan aplikasi untuk mencatat pengeluaran

Mereka yang bisa mengatur keuangan dengan baik adalah mereka yang selalu memonitor pemasukan dan pengeluaran. Tidak sempat mencatat semuanya atau merasa ribet jika harus duduk dan menuliskan semua pembelanjaan? Gunakan saja aplikasi. Sekarang ini ada banyak aplikasi yang memudahkanmu mengatur bujet. Sebut saja Money Lover Expense Manager, Expense Manager by Accountstudio, atau aplikasi keluaran lokal Uang Ku – Expense Tracker.

Semuanya mudah digunakan dan masing-masing aplikasi punya kelebihannya sendiri. Misalnya jika menggunakan Money Lover Expense Manager, ada pengingat target menabung. Expense Manager by Accountstudio punya fitur attach bon belanja, sedangkan Uang Ku – Expense Tracker menyajikan grafik pembelanjaan. Semuanya bisa kamu unduh gratis di smartphone.

Rajin cek voucher diskon

Penghematan kecil yang kamu lakukan saat belanja atau berlibur, jika dikumpulkan bisa untuk membayar pembelian besar. Rajin-rajinlah mengecek voucher diskon groupon.co.id, Lakupon.com, dll.

Subscribe news letter

Portal berita online tidak selalu menyediakan informasi seputar tips-tips finansial. Untuk melengkapi kebutuhanmu, coba berlangganan news letter. Dapatkan tips dan strategi keuangan terbaru serta rekomendasi produk finansial terbaik sesuai kebutuhan di CekAja.com.

Follow instagram

Kini, peran sosial media dalam penyebaran informasi sangat masif. Tak hanya untuk pamer selfie, kamu bisa menimba ilmu keuangan dengan memfollow sejumlah akun penasihat keuangan seperti Merry Riana (@merryrianaofficial), Ellen May (@ellenmay_official), Safir Senduk (@safirsenduk), Pandji Harsanto (@pandjiharsanto), dan tentunya Cekaja.com (@cekajaid).

Berkonsultasi dengan perencana keuangan

Tidak harus berkonsultasi dengan bertatap muka. Sekarang ini sudah banyak forum atau rubrik tanya jawab yang menjembantani kamu dengan perencana keuangan terkemuka. Salah satunya adalah CekaAja.com. Cukup kirimkan pertanyaanmu ke konsultasi@cekaja.com, kamu pun akan mendapat saran-saran yang berguna tentang finansial pribadi.

Ingin belanja lebih hemat dengan diskon kartu kredit? Dapatkan produk kartu kredit terbaik di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami