Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Cukup Makan Cokelat, Kamu Bisa Terhindar Dari 4 Penyakit Orang Tua Ini

by Rafly Aditia on 1 Februari, 2016

Cokelat ditengarai sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Dengan berbagai kandungan nutrisinya, cokelat terbukti dapat menjadi salah satu makanan yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan cokelat yang terdiri dari 14% karbohidrat, 9% protein dan 31% lemak, dan zat-zat lain seperti alkanoid membuat cokelat dapat membuat kamu terhindar dari beberapa macam penyakit. Berikut ini 4 penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi cokelat:

Serangan jantung

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan cokelat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan John Hopkins dari University of School Medicine yang mengungkapkan cokelat hitam atau dark chocolate dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50%.

Alasannya, pada saat makan cokelat trombosit dalam darah akan bekerja lebih lambat. Trombosit diketahui memiliki kegunaan saat membeku yaitu membentuk blok bekuan dalam pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

(Baca juga: Ingin Sehat? Ini Rekomendasi Makanan Sehat Berdasarkan Shio di Tahun 2016)

Diare

Penyakit lain yang bisa dicegah cokelat adalah diare. Pada saat pensiun orang akan lebih beresiko mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Cokelat diketahui dapat mencegah diare sejak abad ke-16, dimana orang-orang di Amerika Selatan dan Eropa seringkali menggunakan kakao atau cokelat sebagai obat pencernaan.

Hal ini didukung oleh penelitian di sebuah rumah sakit anak di Oakland yang menemukan bahwa kandungan flavanoid dalam kakao dapat mengikat protein serta mengatur sekresi cairan dalam usus kecil yang bisa menghentikan diare.

Pikun

Bukan cuma lezat dan enak, cokelat menunjukkan beragam manfaat. Berdasarkan penelitian Colombia University Medical Center sera Mars Inc, kandungan flavanol alami dalam cokelat dapat mengembalikan penurunan daya ingat yang kerap terjadi saat pensiun.

Para peneliti juga mendapatkan fakta bahwa hilangnya ingatan pada ketika penuaan dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi cokelat yang kaya akan kandungan flavanol.

(Baca juga: 5 Makanan Murah Ini Bisa Bikin Bentuk Tubuh Keren)

Kolesterol

Cokelat juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh manusia. Kandungan antioksidan serta flavonoid dalam cokelat bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Sehingga, sangat baik untuk mengonsumsi cokelat dalam porsi cukup secara rutin.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.