Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cuma di Indonesia! Cara-cara Aneh Ini Dipercaya Bikin Cepat Kaya

by Ariesta on 16 April, 2016

tips kaya _ kartu kredit - CekAja.com

Banyak orang yang terobsesi menjadi kaya raya. Obsesi sehat membuat orang berusaha menjadi kaya dengan cara bekerja keras. Namun ada juga yang memilih jalan pintas tanpa berusaha.

Di Indonesia, praktik klenik dan ilmu gaib masih dipercaya oleh masyarakat tradisional. Mulai dari pengobatan, urusan jodoh, dan tentu saja upaya menjadi kaya. Cuma di Indonesia, praktik klenik di luar akal sehat ini masih dipercaya mendatangkan kekayaan. Tak hanya itu, berbagai modus penipuan juga marak dan menjebak banyak korban. Korbannya, siapa lagi kalau bukan mereka yang ingin cepat kaya secara instan. Apa saja cara-cara tak  lazim yang dipercaya bikin cepat kaya?

Memelihara tuyul

Upaya menjadi kaya ditempuh dengan cara mengambil tuyul dari alam gaib lalu tuyul yang sudah dipelihara tersebut membantu pemiliknya untuk menjadi kaya. Tuyul merupakan makhluk  gaib yang dipercaya berwujud seorang anak kecil, botak, dan pendek. Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia, tuyul yang dipelihara beroperasi dengan cara mencuri uang dari tetangga yang di simpan di tempat-tempat rahasia seperti di lemari atau di balik bantal. Karenanya, lebih aman menyimpan uang di bank bukan?

(Baca juga: Kenapa Orang Kaya Sering Tidak Sadar Kalau Mereka Kaya?)

Babi ngepet

Ritual pesugihan babi ngepet dilakukan oleh dua orang yang bekerja sama. Satu orang berubah menjadi siluman babi dan yang lainnya menjaga lilin. Keselamatan si babi sangat tergantung pada penjaga lilin. Apabila api lilin bergoyang-goyang, kemungkinan besar si babi sedang dalam kesulitan. Penjaga lilin harus mematikan api agar si babi berubah wujud menjadi manusia kembali sebelum dia tertangkap warga.

Penglaris

Masih segar di ingatan kita isu rumah makan atau toko yang memakai ajian/penglaris agar dagangan semakin laku dan makin banyak tamu yang berkunjung. Konon, penglaris ini bisa berupa jimat, pantangan-pantangan, atau perlakukan khusus terhadap barang dagangan. Misalnya dengan membacakan mantra sebelum memasak atau bahkan yang ekstrem seperti meludahi masakan. Penglaris juga bisa dalam bentuk makhluk gaib yang dipelihara di dalam rumah makan atau toko. Konon ketika kamu melewati toko yang memakai penglaris, seperti ada yang menarik agar kamu berkunjung ke dalam meski toko di sampingnya menjual barang yang sama.

Dukun yang bisa menggandakan uang

Ada-ada saja modus penipuan para kriminal. Salah satunya dengan memanfaatkan keinginan orang-orang yang mau kaya tanpa bersusah payah. Modus penipuan dengan beraksi sebagai dukun yang bisa menggandakan uang tidak terjadi sekali dua kali. Umumnya mereka meminta mahar berupa uang tunai dengan janji uang tersebut bisa berlipat ganda. Bukannya menjadi kaya, uang yang disetorkan ke dukun malah dibawa kabur. Korbanpun menderita kerugian sampai puluhan juta rupiah.

Investasi bodong

Berbeda dengan beragam praktik klenik yang telah disebutkan di atas, investasi bodong jauh dari hal berbau gaib. Namun modus operasinya tidak jauh  beda karena menjanjikan keuntungan berlipat. Semakin banyak uang yang diinvestasikan, semakin banyak pula keuntungan yang didapat. Bedanya dengan investasi sungguhan, korban tidak tahu wujud investasi tersebut. Sistem perekrutannya pun mirim MLM. Di awal, uang para investor memang tumbuh seperti yang dijanjikan. Namun di akhir cerita, mereka menderita rugi karena uang dibawa kabur entah ke mana.

(Baca juga: Mau Investasi Emas atau Perak? Simak Dulu Perbandingan Untung-Ruginya di Sini)

Orang-orang yang ingin cepat kaya lewat jalan singkat biasanya menempuh jalur berisiko dan cenderung tidak logis. Uangmu memang tidak akan bertambah jika hanya disimpan di balik bantal. Jika ingin untung, berbisnislah secara jujur atau investasikan uangmu di jalan yang benar dan kepada lembaga yang sudah teruji.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami