Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Cuma Modal Rp 10 juta, Ini Ide Bisnis Menjanjikan di Tahun 2016

by Ariesta on 18 Desember, 2015

Bosan dengan penghasilan kamu yang segitu-segitu saja? Ingin punya rumah atau kendaraan tapi bingung dari mana uang untuk cicilan?  Ingin punya penghasilan tambahan? Kalau kamu ingin mengubah nasib keuangan kamu di tahun 2016 ini, kamu tidak bisa hanya duduk diam dan mengharapkan uang jatuh dari langit. Solusi untuk menjawab permasalahan kamu adalah dengan berbisnis.

Tidak perlu sampai berhenti dari kantor atau meminjam modal dari bank. Kamu bisa berbisnis dengan memanfaatkan waktu luang atau mempekerjakan orang untuk membantumu. Dengan modal uang tabungan Rp 10 juta rupiah, ini bisnis prospektif yang bisa kamu jalani di 2016.

Dropshipper

Istilah dropshipper ramai dilakukan oleh pelaku online shop. Yang kamu butuhkan hanyalah modal pulsa, jiwa melayani, dan kesabaran. Sebagai dropshipper, kamu hanya bertugas menampung pesanan pembeli lalu meneruskannya pada pihak pertama (produsen/penyedia). Nantinya pihak pertamalah yang akan mengelola pesanan sampai dengan proses pengiriman. Sebagai dropshipper, kamu harus menjual produk-produk pihak pertama seakan-akan kamulah yang menyediakan. Tapi pada kenyataannya kamu sama sekali tidak memegang atau menyimpan barang jualan.

Ada dropsipper yang memperoleh keuntungan berdasarkan komisi, ada juga yang menentukan keuntungannya sendiri dari harga jual produk. Kelemahan dari sistem dropshipper adalah kamu tidak bisa mengecek sendiri produk yang cacat. Jadi jika ada keluhan dari konsumen, kamu akan cukup kerepotan menanganinya karena hanya bertindak sebagai perantara. Untuk menjadi dropshipper sukses yang kebanjiran order, cobalah menjalin kerja sama dengan online shop besar dengan produk yang selalu laris manis di pasaran.

(Baca juga: Jika Mau Mulai Bisnis Online, Stop Lakukan Ini!)

Reseller

Reseller adalah sistem beli putus yang artinya kamu membeli sejumlah barang dari pihak pertama lalu menjualnya kembali untuk memperoleh keuntungan. Menjadi reseller lebih berisiko karena kerugian produk yang tidak laku ditanggung sendiri. Kamu juga harus menyediakan sejumlah modal untuk membeli produk dari pihak pertama.

Tapi bukan berarti reseller kalah menjanjikan dibanding dropshipper. Reseller terpercaya yang menjual barang-barang limited pasti diburu oleh pembeli. Apalagi jika kamu sudah mengantungi status reseller resmi dari brand ternama.

Fesyen Thailand

Bisnis fesyen memang tidak pernah usang apalagi jika menargetkan pangsa pasar kaum hawa. Kalau kamu pernah berkunjung ke Thailand, kamu pasti sudah hapal betapa murahnya harga pakaian di Chatuchak night market Bangkok.

Satu potong pakaian bisa dibandrol mulai 100 baht atau sekitar Rp 40.000 dengan desain yang lucu dan kualitas yang bagus. Di Indonesia kamu bisa menjualnya dua sampai empat kali lipat dan itu masih terhitung murah jika dibandingkan harga pakaian di mall-mall besar. Menggiurkan bukan?

Tak hanya itu, fesyen Thailand juga berkiblat ke arah fesyen Korea dan Jepang yang pastinya punya banyak peminat di tanah air. Untuk memperkecil kerugian, buatlah sistem PO (Pre Order) dengan memposting foto-foto model baju di online shop kamu. Kalau kamu menjalin kerja sama dengan pihak pertama di Thailand, nantinya mereka hanya akan mengirimkan barang seuai pesanan.

(Baca juga: Bisnis Dadakan Ini Bisa Bikin Kaya Mendadak di 2016)

Hijab

Tren hijab di tahun 2016 dipastikan belum surut. Karenanya, berbisnis di bidang ini masih sangat menjanjikan karena pangsa pasar masih ramai. Baik memproduksi hijab sendiri atau membeli yang sudah jadi secara kodian sama-sama mudah dan menguntungkan. Sejatinya hijab adalah kain yang dipotong berbentuk persegi (square) atau persegi panjang (pashmina) dengan tepian dijahit rapi. Beberapa bahan bahkan tidak perlu dijahit rapi dan tetap terlihat rapi.

Menjahit hijab instan juga tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membawa kain ke tukang jahit dan menambahkan label merk agar kamu sendiri agar terkesan ekslusif. Kalau kamu ingin serius menjalani bisnis online shop hijab, selain bahan hijab yang nyaman, kunci sukses lain terletak pada pemilihan model iklan. Semakin menarik foto, semakin tertarik para hijabers untuk membeli. Saat ini sudah banyak selebgram (seleb Instagram) yang terkenal di kalangan hijabers dan memiliki jumlah follower yang banyak. Tak ada salahnya meminta mereka untuk meng-endorse produk kamu.

(Baca juga: Ide Bisnis Menarik Tapi Kurang Dana, Coba Crowdfunding)

Katering

Katering merupakan bisnis lain yang bisa dijajal dengan modal Rp 10 juta. Selain karena kamu tidak perlu menyewa tempat, bisnis ini bisa kamu kontrol meskipun masih berstatus pekerja kantoran. Kalau selama ini kamu berprofesi sebagai PR atau profesi serupa lainnya yang memiliki koneksi luas, inilah kesempatan bagus untuk masukkan bisnis katering kamu sebagai penyedia makan siang bagi kantor-kantor besar.

Tentang Penulis