Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik, Bikin Hasil Foto Makin Ciamik!

by Ayunindya Annistri on 10 Juli, 2020

Saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi kamera Android terbaik yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan kamu yang gemar fotografi untuk mendapatkan hasil foto yang ciamik dengan resolusi berkualitas untuk nantinya diunggah di media sosial.

Aplikasi Kamera Android Terbaik

Awas Disadap, Perhatikan Aplikasi Kamera Android yang Digunakan

Perkembangan teknologi yang kian pesat rupanya juga mempengaruhi evolusi dari aplikasi kamera. Bagaimana tidak? Jika kamu perhatikan, sekarang ini sudah banyak developer yang mengembangkan aplikasi kamera Android terbaik, yang bisa diunduh secara cuma-cuma oleh penggunanya.

Tapi, ada satu hal yang sering dilupakan oleh pengguna Android saat menggunakan aplikasi kamera, yaitu keamanan data. Menurut laman CNBC Indonesia, setidaknya hingga pertengahan Januari 2020 lalu, ada sekitar 30 aplikasi kamera Android yang mencuri data penggunanya, serta menayangkan iklan-iklan ‘sampah’ sehingga penggunanya akan langsung diarahkan ke situs phishing (situs penipuan).

Beberapa diantaranya adalah Beauty Plus, BeautyCam, Selfie Camera, YouCam Perfect, Sweet Snap, Sweet Selfie, B612, Face Makeup, Z Beauty, Photo Editor, dan Pretty Makeup.

Bahkan beberapa diantara aplikasi tersebut sangat populer di kalangan masyarakat dan total unduhannya bisa mencapai lebih dari 300 juta instalasi. Jika dilihat dari sudut pandang pengguna, tentu saja aplikasi ini merugikan.

Namun kalau dilihat dari sudut pandang para developer, aplikasi-aplikasi itu justru menguntungkan. Bahkan rata-rata pengembang yang berhasil mengumpulkan data penggunanya bisa meraup untung USD 4.000 per bulan. Jadi, ini semua tergantung pada kamu, apakah ingin merugi dan menguntungkan pihak-pihak nakal tersebut?

(Baca Juga: 6 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik)
7 Aplikasi Kamera Android Terbaik

Ketimbang menggunakan aplikasi abal-abal yang justru membahayakan data-data pribadimu, kenapa tak coba aplikasi kamera Android terbaik berikut ini, yang kualitasnya enggak perlu diragukan lagi.

 Yuk, mulai beralih ke aplikasi-aplikasi tersebut.

1. VSCO Cam

VSCO Cam - Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik Bikin Hasil Foto Makin Ciamik

Jika berbicara mengenai aplikasi kamera Android terbaik, satu nama yang tak boleh dilupakan adalah VSCO Cam. Aplikasi ini memang sangat tenar enggak hanya dikalangan pengguna Android saja namun juga iPhone.

Penamaan VSCO sendiri diketahui berasal dari Visual Supply Company, sebuah komunitas sekaligus perusahaan yang didirikan oleh Joel Florry dan Greg Lutze pada 2011 dengan kantor pusatnya terletak di Oakland, California.

Bisa dibilang VSCO Cam ini adalah sebuah paket komplit. Kalau ingin memotret sesuatu, kamu dapat menggunakan fitur kamera dengan mode RAW dan mengatur white balance, exposure, hingga ISO secara manual.

Kemudian setelah mendapatkan hasil foto yang bagus, langsung saja edit di aplikasi kamera Android terbaik ini, yang mana VSCO Cam juga telah menyediakan beberapa tool untuk menyunting foto dan berbagai preset yang siap kamu pakai, guna mengubah tone foto agar sesuai dengan feed Instagram.

Namun sayangnya, tidak semua preset dapat kamu gunakan secara gratis. Kamu mesti membeli beberapa preset tersebut dengan kisaran harga Rp25 ribu hingga Rp200 ribu, tergantung dari kualitas dari preset itu sendiri.

2. Camera FV-5

Camera FV-5 - Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik Bikin Hasil Foto Makin Ciamik

Seperti klaimnya “professional camera application”, Camera FV-5 hadir dengan fitur-fitur unggulannya yang dikenal sangat mirip dengan kamera DSLR.

Kamu bisa mengatur ISO, exposure, light metering, shutter speed, bahkan white balance secara manual. Karena hal inilah mengapa Camera FV-5 dijuluki sebagai salah satu aplikasi kamera Android terbaik.

Hebatnya lagi, pengguna juga bakal dimanjakan dengan berbagai informasi penting layaknya tampilan kamera DSLR, seperti f-stop, exposure, dan aperture. Bahkan kalau kamu ingin mengambil gambar di malam hari, kualitas dari kamera ini pun enggak perlu diragukan.

Mode long exposure dan night mode di aplikasi ini, tentu saja bakal membuat hasil fotomu sangat bagus. Kamu juga bisa menyimpan foto dalam bentuk JPG, lossless, dan 16-bit RAW DNG. Hanya dalam satu aplikasi, seluruh aktivitasmu dapat menjadi memori indah yang kapanpun bisa kamu pamerkan di media sosial.

3. KUNI Cam

KUNI Cam - Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik Bikin Hasil Foto Makin Ciamik

Belakangan ini, orang-orang sangat senang dengan hasil foto ala-ala vintage. Tema foto seperti itu memang lagi ngetren di 2020 seiring dengan perubahan gaya berpakaian di seluruh dunia. Kalau kamu ingin mencoba tren tersebut, berarti butuh aplikasi kamera yang mendukung, salah satunya seperti KUNI Cam.

Menurut ulasan di Google Play Store, KUNI Cam meraih rating sebesar 3,6 dengan rata-rata review yang positif. Makanya tak heran kalau aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi kamera Android terbaik. Lantas, apa sih sebenrnya yang membuat aplikasi ini unggul?

Selain bisa digunakan untuk memfoto sebuah objek, KUNI Cam juga biasa dipakai untuk menyunting hasil foto dengan beberapa tools menariknya. Hanya dengan memilih foto yang bakal diedit, kemudian pilih filter, pencahayaan, hingga efek berbintik layaknya hasil foto jadul, maka foto tersebut sudah bisa kamu simpan di media penyimpanan HP.

Kalau kamu ingin mengunggahnya pun, bisa menggunakan fitur unggah dengan simbol anak panah pada bagian atas kanan aplikasi, dan fotopun bisa langsung kamu post di Instagram, ataupun media sosial lainnya yang dimiliki.

4. Polarr

Polarr - Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik Bikin Hasil Foto Makin Ciamik

Walaupun aplikasi ini lebih ditujukan untuk edit foto, namun kamu juga dapat memanfaatkan Polarr sebagai pilihan aplikasi kamera Android terbaikmu loh. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memotret objek baik dalam mode dekat ataupun jauh, dan pastinya hasil foto tersebut akan tetap bagus.

Kalau belum puas akan hasil foto tersebut, tinggal beralih ke fitur editingnya. Kamu bisa mulai dengan mengatur pencahayaannya lewat tools brightness.

Apabila foto masih tampak terlalu terang, kurangi pencahayannya agar dimensi dan tone foto lebih terlihat menonjol, begitupun sebaliknya.

Jangan lupa untuk mengedit kontras, tone warna, hingga efek instan biar hasil fotonya makin ciamik. Atau kalau kamu kurang jago mengedit foto, gunakan saja preset gratis yang disedaiakn oleh aplikasi Polarr ini.

(Baca Juga: 3 Cara Bikin Konten Slide Instagram)
5. Camera MX

Camera MX - Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik Bikin Hasil Foto Makin Ciamik

Aplikasi kamera Android terbaik yang berikutnya adalah Camera MX. Aplikasi ini tak hanya bisa dipakai untuk mengambil foto saja, melainkan pula video dan tersedia pula fitur ‘Live Photo’ mirip seperti aplikasi bawaan di IOS.

Berbicara mengenai kualitas gambarnya, Camera MX patut diacungi jempol. Setara dengan kamera bawaan HP, dan canggihnya nih aplikasi tersebut memiliki optimalisasi yang lebih bagus selayaknya aplikasi fitu HDR.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Camera MX seperti pengaturan eksposur, pengaturan fokus kamera, timer, pengaturan lampu kilat, hingga fitur shoot the past yang bisa dipakai penggunanya saat ingin melihat gambar bahkan sebelum menekan tombol shutter.

Selain digunakan untuk kebutuhan mengambil foto, aplikasi kamera Android terbaik ini juga bisa kamu gunakan untuk edit foto, lewat fitur crops, brightness, kontras dan tone warnanya. Benar-benar lengkap bukan?

6. Open Camera

Open Camera - Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik Bikin Hasil Foto Makin Ciamik

Hasil review di berbagai situs menjelaskan bahwa Open Camera sangat pantas disebut sebagai aplikasi kamera Android terbaik, karena kontrol fotografinya yang anti mainstream.

Bagaimana tidak? Dengan kehadiran fitur tersebut, Open Camera dianggap sebagai aplikasi unik karena menyuguhkan fitur berbeda yang jarang sekali ditawarkan oleh aplikasi kamera Android lainnya.

Selain mode manual, Open Camera punya sejumlah mode penting untuk pengambilan gambar seperti mode aksi dan mode pengambilan gambar stabil. Bahkan penggunanya juga dapat mengatur ISO dan jarak fokus, serta menggabungkannya dengan salah satu diantara mode pengambilan gambar.

Tersedia pula format RAW, sehingga saat kamu mengedit foto tersebut lewat PC, hasilnya dijamin juga tak akan kalah bagus. Unggulnya lagi, Open Camera ini bisa digunakan secara gratis dan tanpa iklan, jadi benar-benar bikin betah penggunanya selama menjalankan aplikasi tersebut.

7. Manual Camera

Manual Camera - Daftar Aplikasi Kamera Android Terbaik Bikin Hasil Foto Makin Ciamik

Aplikasi kamera Android terbaik yang terakhir adalah Manual Camera. Meskipun masih terdengar asing bagi kamu yang mungkin gemar fotografi, tapi aplikasi yang satu ini benar-benar layak kamu coba karena sejumlah fiturnya yang lebih bagus. Misalnya saja pada kualitas rekaman video, yang mana Manual Camera juga telah didukung dengan resolusi 4K.

Selain itu, setelan kameranya juga punya banyak pilihan, baik saat ingin bermain fokus pada objek yang ingin difoto ataupun saat akan mengatur exposurenya. Pilihan pengaturan ISO yang ditawarkan oleh Manual Camera pun sangat beragam, mulai dari 50,100,200,400, hingga 3200.

Nah itu tadi tujuh aplikasi kamera Android terbaik yang bisa kamu gunakan. Meski beberapa aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis. Namun enggak ada salahnya kalau kamu mempersiapkan kartu kredit untuk berjaga-jaga, mana tahu ada aplikasi yang kamu sukai namun beberapa fiturnya, seperti preset mesti dibeli terlebih dahulu.

Belum punya kartu kredit? Bingung mencari kartu kredit yang sesuai kebutuhan? Bandingkan saja di CekAja.com. Lewat layanan kami, kamu bisa membandingkan produk kartu kredit dari mitra bank yang telah bekerja sama.

Selain itu, di CekAja pula kamu bisa mengajukan pembuatan kartu kredit, sehingga tak perlu repot lagi mendatangi bank penerbit kartu kredit tersebut. Yuk, tunggu apalagi? Miliki kartu kredit dari CekAja.com dan dapatkan berbagai penawaran menarik salah satunya seperti iuran tahun pertama gratis.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau