Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Daftar Barang yang Bisa Kamu Beli untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga

by Miftahul Khoer on 20 Agustus, 2019

Terdapat banyak faktor yang membuat pengeluaran bulanan rumah tangga bisa bengkak. Selain kebutuhan sehari-hari, penggunaan barang elektronik tertentu juga bisa memicu bengkaknya pengeluaran. Bagaimana kiat menghematnya?

pengeluaran bulanan

Selama ini mungkin kita gak sadar bahwa barang elektronik menjadi penyumbang bengkaknya pengeluaran bulanan. Padahal, kalau mau cermat, kita bisa menghemat dengan melakukan berbagai hal agar pengeluaran bulanan gak bikin keuangan boncos.

Berikuti ini kami merangkum beberapa jenis barang yang bisa kamu beli untuk menghemat pengeluaran bulanan. Kuy simak.

  • Lampu LED

Belakangan ini pamor lampu LED semakin dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas. Selain kualitas cahayanya lebih bagus ketimbang lampu pijar, lampu LED juga dikenal hemat energi sehingga mampu menekan pengeluaran bulanan.

Nah, buat kamu yang masih menggunakan lampu pijar biasa, dianjurkan untuk beralih ke lampu LED. Sebagai perbandingan, 3 watt lampu LED bisa setara dengan 40 watt lampu pijar. Ini artinya tingkat kehematan dan kualitas antara lampu LED dengan lampu pijar sangat jauh.

(Baca juga: Ini Kebiasaan Sepele yang Bikin Boncos Anggaran Rumah Tangga)
  • Lebih hemat dengan filter air

Saat ini mungkin sangat jarang orang sengaja memasak air dari kran atau sumur untuk dikonsumsi. Sebagian besar mungkin lebih memilih untuk membeli air galon yang lebih praktis dan higienis. Sekedar asumsi saja, harga satu galon air mencapai Rp15.000. Jika dalam sebulan kamu menghabiskan empat galon maka bujet yang dikeluarkan mencapai Rp60.000.

Nah, saat ini juga makin banyak teknologi filter air yang bisa menyaring air keran atau sumur untuk langsung bisa diminum. Dengan filter air kamu tidak usah repot membeli galon. Hanya saja kamu harus mengeluarkan kocek ratusan hingga jutaan untuk memiliki filter air. Namun, tentu akan sangat menghemat pengeluaran karena bisa digunakan untuk beberapa tahun.

Kalau sudah punya filter air, kamu harus rajin-rajin membersihkannya. Pastikan filter air benar-benar bersih dan terbebas dari kuman.

  • Punya mesin kopi sendiri

Nongkrong di warung kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup orang banyak. Hanya saja, biaya ngopi ini gak seramah yang dibayangkan. Dalam sekali nongkrong, kamu bisa mengeluarkan kocek puluhan hingga ratusan ribu.

Oleh karena itu, ketimbang sering menghambur-hamburkan uang di warung kopi, ada baiknya kamu beli mesin kopi sendiri untuk digunakan di rumah. Kamu bisa beli mesin kopi yang harganya kira-kira terjangkau. Banyak kok mesin kopi yang dijual seharga ratusan ribu. Setelah itu, kamu bisa puas ngopi bareng keluarga atau bahkan bisa ajak teman-teman kamu ke rumah.

  • Pilih barang elektronik hemat energi

Barang elektronik apakah yang menjadi penyumbang besar pengeluaran bulanan? Ya, di antaranya adalah AC, mesin cuci, kulkas, televisi, hingga setrikaan. Semua barang elektronik tersebut menjadi barang utama yang menunjang segala kebutuhan rumah tangga. Dengan adanya barang-barang tersebut, segala aktivitas kita akan sangat terbantu.

Masalahnya, gak jarang akibat penggunaan barang-barang elektronik tersebut biaya bulanan kita bengkak, sehingga bisa mengganggu pos pengeluaran lain. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk pandai-pandai memilih produk barang elektronik yang ramah lingkungan sekaligus hemat energi.

Saat ini makin banyak produk-produk seperti AC, kulkas, hingga mesin cuci yang dibuat dengan teknologi hemat energi sehingga bisa menekan pengeluaran bulanan.

(Baca juga: Perangkat Pintar di Rumah Bikin Hidup Makin Mudah, Apa Aja)
Cabut Saluran Listrik Tak Terpakai

Selain membeli barang-barang di atas, kamu juga harus ingat untuk mencabut saluran listrik tak terpakai. Selama ini kamu merasa malas untuk mencabut semua kabel dan saluran listrik ketika tak terpakai. Padahal, hal tersebut berdampak pada penggunaan listrik sehingga bikin bengkak pengeluaran bulanan.

Nah, mulai saat ini sebaiknya kamu rajin mencabut kabel listrik yang tak terpakai mulai dari kabel charge ponsel, televisi hingga kipas angin. Dan yang harus diperhatikan juga adalah mematikan tombol ON pada AC ketika kamu sedang bepergian. Karena, AC merupakan salah satu penyumbang besar pengeluaran bulanan.

Kalau kamu tertarik memiliki barang-barang elektronik yang ramah lingkungan sekaligus hemat listrik tetapi belum punya bujet, kamu bisa akses CekAja.com untuk mendapat panduan finansial yang terpercaya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.