Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Daftar Bintang Dunia yang Terlilit Utang

by Ariesta on 12 Maret, 2016

Lindsay Lohan - CekAja.com

Bintang Hollywood terkenal suka pamer kekayaan. Tapi di balik penampilan glamor mereka, bukan berarti mereka benar-benar menyimpan tumpukan dolar di brankas. Karena kenyataannya, banyak dari mereka yang terlilit utang karena manajemen uang yang buruk. Kanye West adalah salah satunya.

Forbes memperkirakan Kanye West mendapatkan US$ 1,1 juta  sekali manggung. Sementara, total kekayaan sosok kontroversial ini mencapai  US$ 72 juta dalam tiga tahun terakhir. Meski penghasilannya fantastis, rapper sekaligus desainer fesyen ini secara terang-terangan mengaku tengah terlilit utang hingga US$ 53 juta.

Suami dari Kim Kadarshian tersebut bukan satu-satunya. Masih ada bintang Hollywood lain yang terililit utang seperti daftar di bawah ini.

Lindsay Lohan

Lilo

Lindsay Lohan telah wara-wiri di layar kaca sejak kecil sebagai bintang Disney. Tapi belakangan, reputasi buruknya lebih santer terdengar dibandingkan prestasi di layar kaca. Setelah kasus mabuk-mabukan dan narkoba yang mengharuskan Lohan direhabilitasi, dia dilaporkan memiliki tunggakan pajak sebesar US$ 233.000. Untungnya dia mendapatkan bayaran hingga US$ 2 juta setelah diwawancara secara mendalam oleh Oprah Winfrey pada 2013.

Dengan kebiasaan berpesta yang tak kunjung berkurang, tunggakan pajak, dan minimnya tawaran film, aktris kelahiran 2 Juli 1986 sempat kesulitan membayar semua utang-utangnya. Untungnya Lohan segera sadar, karena setelah pindah ke London beberapa tahun terakhir, dia berhenti menciptakan gosip negatif dan kembali mendapatkan tawaran film. (Baca juga: Kebiasaan Boros yang Membuat Kanye West Terlilit Utang)

Michael Jackson

michael jackson

Bukan rahasia lagi jika raja musik pop Michael Jackson menumpuk banyak utang sebelum kematiannya menjelang. Kariernya dimulai sejak ia masih tergabung dalam grup vokal Jackson 5. Saat ia muncul sebagai penyanyi solo, uang pun mengalir deras dan Michael menghabiskannya utnuka apapun yang dia inginkan. Misalnya untuk membeli koleksi lagu yang ditulis oleh The Beatlers senilai US$ 47 juta. Dia juga menghabiskan US$ untuk membeli rumah mewah yang ia beri nama The Neverland Ranch.

Pengeluaran  besar lainnya adalah untuk membayar biaya operasi plastik demi membuatnya tampak ‘putih’ dan tampak lebih muda. Tuduhan pedofil yang sempat menimpanya membuatnya harus membayar mahal untuk  jasa pengacara. Saat meninggal pada 2009, dia dinyatakan terlilit utang sebesar US$  500 juta. Untungnya ia memiliki aset bernilai miliaran dollar dan terus menghasilkan uang lewat royalti.

Nicolas Cage

Nicolas-Cage

Selama bertahun-tahun, Nicolas Cage telah menghasilkan banyak uang lewat berbagai film yang dibintanginya. Namun  dia mengakui jika dia tidak memilih manajer yang tepat. Kelalaian manajer Samuel Levin dalam membayar pajak membuat Nicolas Cage berutang hingga US$ 6 juta. Cage juga dituntut karena tidak mengembalikan pinjaman dari dua bank berbeda menyebabkan beberapa rumahnya disita oleh  bank.

Pada 2009, untuk membayar semua utangnya, Nicolas Cage mulai menjual 15 properti berupa kastil di Jerman, mansion di Inggris, Lousiana, Nevada, dan California. Tah hanya itu, empat yacht, dan aset bribadi berupa sembilan mobil Rolls Royces juga ikut tergadaikan. Untungnya, Nicolas Cage masih cukup laku di dunia film sehingga masih mendapatkan bayaran tinggi setiap mendapatkan peran.

Brendan Faser
Brendan-fraser-as-rick-o-connell-in-the-mummy_(1)

Dikenal lewat perannya dalam The Mummy dan Journey To The Center Of The Earth, aktor Brendan Fraser menikmati kesuksesan finansial sebagai bintang Hollywood. Akan tetapi perceraiannya dengan sang istri Afton Smith di tahun 2007 menuntunnya kepada utang yang besar. (Baca juga: Kebiasaan yang Malah Membuatmu Terjerat Utang Makin Dalam)

Faser secara terbuka mengungkap jika biaya untuk memenangkan perkara melebihi penghasilannya. Meskipun dia menghasilkan US$ 205.000 per bulan, uangnya habis untuk membayar jasa pengacara dan membayar tunjangan istri. Sehingga pada akhirnya, ia hanya meninggalkan US$ 87.000 setiap bulannya.

Tentang Penulis