10 Daftar Bus Sleeper Seat di Indonesia, Mewah, Nyaman dan Anti Pegal!

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Kapok naik bus ke luar kota, karena pegal? Daftar bus sleeper seat di Indonesia ini, seperti tidak akan membuat perjalananmu pegal! Karena, kamu bisa bebas berselonjoran, di kursi bus anti pegal ini!

Masa sih ada bus, yang kursinya bisa digunakan buat tiduran? Siapa bilang, cuma pesawat saja yang punya kursi, sekaligus tempat tidur?

Dilengkapi Fasilitas Bak Pesawat Mewah

Nyatanya, bus-bus luar kota saat ini, sudah menggunakan fasilitas super nyaman, dengan sleeper seat.

Tidak hanya itu, daftar bus sleeper seat di Indonesia ini, juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya, yang dijamin bikin penumpang betah berlama-lama.

Sebut saja seperti kursi yang empuk, full AC di setiap seat, WiFi, bar makanan, TV di setiap seat, hingga toilet bersih.

Biasanya, daftar bus sleeper seat di Indonesia ini, digunakan untuk para penumpang mudik antar kota dan pulau.

Sehingga, fasilitas bus mewa ini, bisa menunjang kenyamanan para penumpangnya, selama perjalanan berjam-jam, bahkan berhari-hari.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin naik, juga bisa loh! Tidak perlu menunggu mudik, kamu bisa menggunakan jasa transportasi bus sleeper seat, untuk traveling dengan nyaman.

(Baca Juga: Karoseri Bus Terbaik di Indonesia 2020)

Tapi, bus apa saja yang memiliki fasilitas sleeper seat, dan tujuan mana saja? Yuk, buat kamu yang ingin mencoba, intip informasi daftar bus sleeper seat di Indonesia, yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini!

10 Daftar Bus Sleeper Seat di Indonesia

1. Harapan Jaya

Daftar bus sleeper seat di Indonesia yang pertama ada bus PO Harapan Jaya. Bus ini menjadi salah satu bus mewah, yang banyak diminati masyarakat.

Bus sleeper seat Harapan Jaya, biasa melayani penumpang, dalam rute antarkota dan antarprovinsi (AKAP) di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Magelang, Cikarang, dan Jabodetabek.

Selain itu, bus Harapan Jaya juga dikenal dengan bus double decker , dengan tipe sleeper bus.

Harga tiket perjalanan yang ditawarkan, untuk rute Blitar-Pulogebang adalah sekitar Rp465.000.

Untuk fasilitas yang disediakan bus Harapan Jaya ini meliputi:

  • Kursi (sleeper seat)
  • Kursi pijat
  • Bantal
  • Selimut
  • Wifi
  • Makan dua kali
  • Sandaran kaki
  • Toilet
  • USB
  • Colokan (charger)
  • TV
  • Recleaning seat, dan masih banyak lagi

2. Rosalia Indah

Daftar bus sleeper seat di Indonesia yang kedua adalah Rosalia Indah. Bus yang melayani rute Pulau Jawa ini, juga tak kalah mewah!

Bahkan, bus Rosalia Indah memiliki kelas super Top SHD, yang umumnya disediakan di pesawat.

Untuk tiket perjalanan yang ditawarkan PO Rosalia Indah ini, sekitar Rp225.000-Rp250.000 (Tangerang-Solo).

Sedangkan rute Jakarta-Madiun, dibanderol Rp245.000-Rp265.000.

Untuk fasilitas yang disediakan PO Rosalia Indah ini, meliputi:

  • Kursi empuk bak kursi pesawat
  • Sandaran kaki
  • Layar audio dan video
  • Layar interaktif berisi banyak film dan musik
  • Toilet
  • Makan
  • TV disetiap seat
  • Selimut
  • Bantal dan masih banyak lagi

3. Nusantara

Masih bus sleeper seat yang melayani rute Pulau Jawa, berikut ini ada bus Nusantara, yang memiliki fasilitas tak main-main.

Bus Nusantara, masuk dalam daftar bus sleeper seat di Indonesia, yang memiliki kursi elektrik, seperti pesawat dengan model cangkang.

Sehingga, jika kursi direbahkan, maka tidak akan mengganggu penumpang yang ada di belakangnya.

Bus Nusantara ini, melayani perjalanan dengan rute tujuan Rawamangun, Pulogadung, Kalideres, Lebak Bulus, Cikarang, Ciputat, Kampung Rambutan, Daan Mogot, Cikarang, Bekasi, Bogor, Bandung, hingga Malang.

Untuk harga tiketnya, berkisar Rp285.000 untuk rute Pati-Daan Mogot. Tiketnya pun bisa dibeli langsung maupun secara online.

4. Putera Mulya

Daftar bus sleeper seat di Indonesia, berikutnya adalah Putera Mulya. Perlu kamu tahu, bahwa bus ini menjadi salah satu bus termewah yang melayani rute di Pulau Jawa.

Adapun bus Putera Mulya ini, disebut mampu menampung 38 penumpang yang dibagi menjadi dua kelas, yakni First Class Executive di lantai 2 dan Elegan Class di lantai 1.

Untuk harga tiket yang ditawarkan untuk First Class, yakni sekitar Rp 225 ribu dan Elegant Class Rp 325 ribu. Harga tersebut biasa melayani rute Jakarta-Wonogiri.

Sedangkan untuk urusan fasilitas, tak perlu diragukan lagi. Bus Putera Mulya memiliki fasilitas diantaranya seperti:

  • Kursi elektrik yang mewah dengan sandaran kaki
  • Layar audio video
  • Tempat tidur
  • Toilet
  • Dispenser
  • Smoking room, dan masih banyak lagi.

5. Sempati Star

Beralih dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera, ada bus Sempati Star, yang merupakan daftar bus sleeper seat di Indonesia, yang juga miliki fasilitas bak pesawat.

Bus yang satu ini melenggang hingga ke Sumatera. Sempati Star terkenal sebagai bus yang menawarkan berbagai fasilitas mewah. Bus ini sangat terkenal di Aceh dan Medan.

Fasilitas bus double decker Sempati Star seperti kursi yang empuk dan luas, stop kontak, tv di setiap belakang kursi, selimut, bantal, tempat tidur untuk sleeper bus, dan lainnya.

Umumnya, bus mewah ini banyak melayani rute di Aceh sampai ke Sumatera. Untuk harga tiket yang dipatok sekali jalan kurang lebih Rp 250 ribu.

Namun, jika kamu ingin ke Aceh dari Pulau Jawa juga bisa loh! Kamu bisa naik bus ini dengan rute Jakarta-Medan, lalu disambung Medan-Banda Aceh.

6. Bintang Prima

Tidak hanya Pulau Jawa dan Sumatera, daftar bus sleeper seat di Indonesia, juga ada yang melayani hingga ke Pulau Sulawesi, yakni PO Bintang Prima.

Bus yang juga berasal dari wilayah Sulawesi Tenggara ini, memang terkenal dengan bus-busnya yang mewah serta nyaman.

Pada bus sleeper seat Bintang Prima ini, tersedia empat sampai delapan kursi yang diletakkan pada bagian belakang bus.

Adapun, pada bagian depan sampai tengah, tetap diisi kursi yang nyaman. Fasilitas yang diberikan untuk kelas sleeper-nya, adalah seperti bantal, guling dan selimut.

Untuk rute perjalanannya, PO Bintang Prima melayani trayek Makassar – Toraja.

7. PO Putra Jaya

PO Putra Jaya masuk sebagai daftar bus sleeper seat di Indonesia, berikutnya yang menyediakan kelas paling mewah, dengan nama Vicolux.

Adapun fasilitas yang tersedia di bus PO Putra Jaya ini, diantaranya adalah kasur yang dilengkapi bantal serta guling.

Namun, jika penumpang enggan membeli tiket bus sleeper seat, bua ini juga tersedia kursi biasa pada bagian depan, dan empat tempat tidur yang ada di belakang.

Untuk susunan tempat tidurnya, sengaja dibuat menumpuk agar tidak terlalu memakan ruang.

Selain itu, disediakan pula sistem hiburan audio video on demand (AVOD), pada setiap tempat tidurnya. PO ini melayani trayek Makassar – Palopo.

8. Sinar Jaya

Bus sleeper seat di Indonesia, dengan tujuan Jakarta-Surabaya ini, adalah Sinar Jaya. Adapun bus ini, juga sering dijadikan transportasi mudik, karena pergerakan manusia di dua kota ini tinggi.

Untuk fasilitasnya, bus ini tergolong lengkap. Karena, di per seat tersedia power supply, personal entertainment (e-book, movies, games, music), bantal & selimut.

Untuk soal harga, bus ini mematok harga sekitar Rp425.000 untuk sekali jalan. Lebih murah ketimbang kereta api kelas eksekutif bukan?

9. Tami Jaya

Biasanya, daftar bus sleeper seat di Indonesia, digunakan untuk perjalanan jarak jauh, dengan kepentingan pulang kampung.

Namun, berbeda dengan bus Tami Jaya, yang satu ini. Karena, rute bus sleeper PO Tami Jaya menyediakan rute ‘wisata’ dari Jogja ke Denpasar.

Bahkan, dengan durasi hanya 12 jam saja, kamu bisa sampai ke Bali dari Jogja loh.

Nah, untuk urusan harga tiket, juga bisa dikatakan lebih murah, ketimbang naik pesawat.

Adapun, harga tiket yang ditawarkan adalah Rp400.000-Rp450.000, untuk suites class. Dengan tipe suites class, kamu bisa mendapatkan fasilitas, yang cukup lengkap mulai dari TV, bantal, selimut, snack, makan prasmanan dan juga air mineral.

10. Brilian

Daftar bus sleeper seat di Indonesia yang terakhir ini adalah Brilian. Apapun, bus yang satu ini menawarkan sensasi seperti di hotel mewah.

Pasalnya, kamu tidak akan menemukan kursi penumpang yang tegak, seperti bus penumpang lainnya.

Buat kamu yang penasaran, bus ini memiliki rute perjalanan rute Jakarta-Purwokerto-Purbalingga, dengan tiket sekitar Rp 200 ribu.

Untuk rute Jakarta-Banjarnegara-Wonosobo dikenakan tarif Rp 240 ribu. Dengan bus mewah dan nyaman, perjalanan panjang Anda akan terasa menyenangkan.

Di bus ini, tersedia berbagai fasilitas bak hotel seperti;

  • Kasur yang empuk
  • Bantal
  • Selimut
  • TV masing-masing
  • WiFi
  • AC
  • Sandal hotel
  • Makan malam, dan lain-lain.

Nah, itu dia daftar bus sleeper seat di Indonesia, yang bisa kamu coba. Jadi, nggak perlu mahal-mahal dan jauh-jauh naik pesawat, untuk bisa menikmati fasilitas sleeper seat!

Dengan fasilitas sleeper seat, dijamin perjalanan jadi nyaman, anti pegal, dan privasi terjaga, karena satu seat hanya bisa diisi satu orang.

(Baca Juga: Pilihan Terbaik Transportasi saat New Normal dan Panduan Kesehatannya)

Terlebih, di masa pandemi bus sleeper seat juga bisa jadi solusi, bagi kamu yang ingin ke luar kota dengan bus.

Terlebih, sebentar lagi liburan akhir tahun segera tiba. Sebaiknya, kamu pesan tiket bus jauh-jauh hari, sebelum kehabisan.

Siapkan juga kebutuhan lainnya, untuk liburan akhir tahun, yang sayang untuk dilewatkan.

Booking semua tiket busa hingga hotel, dengan kartu kredit, agar lebih mudah, praktis, dan hemat!

Yuk, Ajukan Kartu Kredit di CekAja.com!

Buat kamu yang belum punya kartu kredit, gak perlu khawatir. Karena, zaman sekarang semuanya serba mudah, termasuk mengajukan kartu kredit!

Karena kamu, tinggal ajukan saja kartu kredit terbaik pilihanmu di CekAja.com, kartu sudah langsung dikirimkan langsung ke alamat rumah, dan bisa langsung digunakan!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit pilihanmu, hanya di CekAja.com!