5 Daftar Fasilitas Umum Terbaru di Jakarta di HUT Ke-494

Besok, 22 Juni 2021, Provinsi DKI Jakarta akan berulang tahun ke-494 tahun. Di hari jadinya ini, kira-kira apa saja ya daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta yang sudah disediakan hingga saat ini? Yuk, simak informasi selengkapnya.

5 Daftar Fasilitas Umum Terbaru di Jakarta di HUT Ke-494

DKI Jakarta adalah provinsi dengan kemajuan pembangunan yang pesat, karena juga merupakan Ibu Kota dari Indonesia.

Banyak masyarakat dari berbagai penjuru daerah yang datang ke Jakarta untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Selain karena banyaknya kesempatan kerja yang tersedia, Jakarta juga memiliki fasilitas umum yang baik dan menjadi hal penting bagi masyarakatnya.

Di usianya yang ke-494 tahun, ada banyak fasilitas umum yang sudah disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mulai dari taman kota, trotoar luas yang dilengkapi bangku taman, bus kota Transjakarta, angkutan kota (angkot) yang terintegrasi, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, ada pula beberapa hal yang masuk ke dalam daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta yang diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan. Kali ini, CekAja akan membahas beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan warganya baru-baru ini.

Setiap kali momen ulang tahun DKI Jakarta, pembangunan fasilitas umum terbaru adalah salah satu hal yang diharapkan dan ditunggu-tunggu oleh warganya. Sebab adanya fasilitas umum bisa menjadi solusi atas permasalahan daerah, seperti kemacetan, kenyamanan pengguna jalan, kurangnya lahan terbuka hijau, dan lain-lain.

Sejarah Singkat Hari Ulang Tahun Jakarta

Sebelum membahas mengenai daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah singkat hari ulang tahun Jakarta.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa hari ulang tahun Jakarta diperingati setiap 22 Juni. Jawabannya adalah karena pada tanggal inilah kelompok Fatahillah mampu mengusir penjajah Portugis.

Dilansir dari Tirto, pada tahun 1527, pasukan Demak-Cirebon yang dipimpin Fatahillah melakukan perlawanan pada tim penjajah Portugis. Perlawanan itu kemudian berhasil mengusir kelompok penjajah, sehingga nama Sunda Kelapa (nama lama Kota Jakarta) diubah menjadi Jayakarta.

Kata Jayakarta sendiri diambil dari salah satu bunyi dalam Surat Al Fath ayat 1 yang berarti “kemenangan yang tegas”. Hingga kini, asal-usul nama Jayakarta masih simpang siur, karena terdapat beberapa versi cerita.

Namun nyatanya, nama Jayakarta berubah menjadi Batavia sejak kedatangan VOC. Seiring dengan berjalannya waktu dan beberapa kali dilakukannya pergantian kepemimpinan, nama Jakarta akhirnya disandang pada 1950.

(Baca Juga: 6 Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil Rp60 Ribu Per Jam di Jakarta)

Daftar Fasilitas Umum Terbaru di Jakarta

Kota Jakarta tumbuh pesat menjadi kota besar dengan sederet fasilitas umum di dalamnya yang memudahan kegiatan masyarakat.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494 tahun, yuk kita cari tahu daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta yang dalam dua tahun ini diresmikan Gubernur Anies Baswedan. Berikut informasi selengkapnya.

1. Trotoar Cikini dan Kramat

Daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta yang pertama adalah trotoar di dua daerah di Jakarta Pusat, yakni Cikini dan Kramat.

Di tahun 2019, revitalisasi trotoar di daerah Cikini dan Kramat mulai dilakukan. Jalanan khusus pejalan kaki dibuat lebih luas, dan lebih tinggi. Sehingga pejalan kaki akan lebih leluasa bergerak, dan nyaman tanpa gangguan dari pengendara kendaraan bermotor.

Selain itu, jalan trotoar juga dilengkapi dengan jalur garis kuning yang timbul untuk penunjuk jalan tuna netra.

Revitalisasi trotoar juga sebelumnya dilakukan di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Warga sangat antusias dan mengapresiasi kinerja pemerintah dalam membangun fasilitas umum ini karena membuat warga semakin nyaman ketika berjalan kaki.

2. Taman Dukuh Atas

Keberadaan taman juga menjadi concern pembangunan daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta. Sering dianggap sebagai kota berpolusi, Pemerintah DKI Jakarta terus berupaya untuk memperbanyak kawasan lahan terbuka hijau melalui adanya area taman kota.

Salah satunya Taman Spot Budaya 2 yang berada di Dukuh Atas, Jakarta Pusat yang diresmikan pada Agustus 2019. Di sini, masyarakat bisa menikmati suasana pusat kota di bawah pepohonan yang ada di pinngir jalan Sudirman.

Taman Spot Budaya 2 juga dilengkapi dengan area skate park. Lokasinya berdekatan dengan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Dukuh Atas yang dinilai estetik.

3. Jalur Sepeda 63 Kilometer

Daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta selanjutnya adalah jalur sepeda yang diperluas di beberapa daerah. Jalur sepeda terbentang sepanjang 63 kilometer dari Fatmatawi-Sudirman-Thamrin, serta Tomang-Kebon Sirih-Matraman-Jatinegara.

Dengan adaya jalur khusus pesepeda, diharapkan dapat mendorong masyarakatnya untuk menggunakan kendaraan bebas polusi ini dengan rasa nyaman dan aman.

(Baca Juga: 10 Perusahaan Outsourcing Terbaik di Jakarta, Apa Saja?)

4. Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung

Flyover Tapal Kuda di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, juga menjadi salah satu dari daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta yang sangat ditunggu-tunggu. Saat proses pembangunannya, kemacetan menjuntai dari daerah Depok hingga Pasar Minggu.

Fasilitas umum ini dibuat untuk mengurangi tingkat kemacetan pada titik-titik putar balik di Jalan Raya Lenteng Agung. Peresmiannya dilakukan pada April 2021 lalu.

Dari pandangan udara, flyover tapal kuda ini terlihat sangat keren. Katanya sih, dari atas flyover kamu bisa melihat pemandangan luas bahkan terlihat juga pemandangan Gunung Salak di Bogor.

5. Hutan Kota GBK

Daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta yang terakhir adalah Hutan Kota GBK di area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, yang dibuka sejak Agustus 2020 lalu. Sebelumnya, ini adalah lahan lapangan golf driving range (area latihan olahraga golf).

Kini, masyarakat bisa menikmati keindahan kota sambil bersantai atau bahkan berpiknik ria. Untuk masuk ke area Hutan Kota GBK, kamu tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun jika kamu membawa kendaraan bermotor, kamu harus membayar biaya parkir dan biaya tiket kendaraan masuk ke area GBK.

Itulah dia daftar fasilitas umum terbaru di Jakarta yang ada dan bisa dinikmati masyarakat umum.

Pergi ke kota favorit tak lengkap rasanya jika tidak berbelanja berbagai kebutuhan. Penuhi kebutuhanmu dengan memiliki kartu kredit cicilan ringan yang bisa diajukan via CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan rekomendasi kartu kredit terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan profil finansialmu. Proses pengajuan dijamin mudah karena dilakukan secara online.

Yuk, segera nikmati kebebasan belanja dengan mengajukan kartu kredit dari bank-bank terpercaya melalui CekAja.com!