Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Daftar Ide Usaha Sampingan Menggiurkan Buat PNS

by Miftahul Khoer on 14 November, 2019

Selama ini mungkin ada perdebatan mengenai mana yang lebih baik: menjadi wirausahawan atau PNS? Masing-masing pilihan memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. PNS masih diminati karena memberikan kepastian dalam hal penghasilan bulanan maupun jaminan hari tua.

usaha sampingan PNS

Namun, banyak juga PNS yang berpikir bahwa penghasilan tetap mereka belum cukup. Apalagi kalau mereka memiliki banyak impian untuk masa depan. Oleh karena itu, banyak juga PNS yang menggali ide dan potensi untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menjalani usaha sampingan.

Kalau kamu adalah PNS yang sedang mencari penghasilan sampingan, berikut ini daftar usaha sampingan untuk PNS:

1. Jual pulsa dan paket data

Pulsa dan paket data telah menjadi kebutuhan pokok manusia masa kini. Demikian juga dengan rekan-rekan PNS. Mungkin beberapa dari rekan kantormu membutuhkan pulsa saat masih jam kerja dan tidak memungkinkan untuk keluar kantor. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk berjualan pulsa dan paket data. Kamu juga bisa menawarkan daganganmu ke teman atau tetangga di rumah sehingga pelangganmu makin banyak.

(Baca juga: Krusial! Ini 5 Tahapan Seleksi CPNS Sampai Diterima)
2. Toko online

Bisnis toko online adalah bisnis yang bisa dilakukan siapa saja, apapun profesinya. Dengan tersedianya internet, kamu bisa mulai bisnis toko online ini kapan saja. Kamu bahkan tidak membutuhkan modal untuk stok barang terlebih dahulu karena sekarang sudah banyak supplier yang menyediakan layanan dropship.

3. Agen pembayaran tagihan bulanan

Setiap rumah pasti butuh membayar tagihan bulanan seperti listrik, air, telepon rumah, internet bulanan, dan lain-lain. Hal ini tentu saja merupakan peluang usaha yang cukup menguntungkan. Usaha ini cocok dilakukan oleh PNS karena tidak membutuhkan stok barang maupun tempat tersendiri. Cukup dengan menggunakan telepon pintar saja, kamu bisa melakukan bisnis ini di sela jam kerja atau di rumah setelah pulang kerja.

4. Agen pengiriman barang

Sekarang makin banyak transaksi jual beli online. Hal ini memicu pertumbuhan perusahaan jasa ekspedisi. Beberapa dari perusahaan jasa ekspedisi ini membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi agen penerimaan barang. Orang yang akan mengirim barang akan mengantarkan barang ke agen, dan nantinya barang-barang ini akan dijemput oleh kurir. Jadi kamu tidak perlu repot mengantarnya sendiri ke kantor pusat.

5. Agen pemesanan tiket

Menjadi agen pemesanan tiket juga cocok dijalankan oleh PNS. Faktanya masih banyak orang yang malas datang sendiri ke stasiun, bandara atau agen untuk membeli tiket sendiri. Beberapa orang juga masih malas menggunakan aplikasi pemesanan tiket online. Untuk itu, jasa agen pemesanan tiket pasti akan diminati karena memudahkan pelanggan. Apalagi kalau ada rencana libur kantor, kamu bisa mendapatkan untung besar sekali order.

(Baca juga: Wirausaha atau PNS, Enak Mana? Cek Dulu Kelebihannya!)
6. Berjualan makanan

Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan adalah berjualan makanan. Makanan yang dijual bisa bermacam-macam, misalnya nasi sarapan. Kamu bisa menyiapkan beberapa porsi sarapan dan menawarkannya kepada rekan-rekan sekantor. Selain itu, kamu juga bisa membuat dan menjual makanan kecil yang bisa dititipkan di warung-warung atau kantin. Kamu juga bisa mengemas camilan dan menjualnya secara online.

Nah, itu tadi adalah peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan PNS. Kalau selama ini masih ada kebingungan untuk menjadi PNS atau wirausaha, kenapa tidak keduanya? Kamu bisa menjalankan bisnis sampingan ini di sela jam kerja, setelah pulang kerja, maupun pada hari libur.

Satu hal yang harus diperhatikan ketika kamu menjalani bisnis sampingan saat menjadi PNS adalah, kamu harus tetap menjaga profesionalitas. Utamakan tugas utama kamu. Jangan sampai usaha sampingan ini malah mengalihkan perhatian dan menjadi fokus utama sampai kamu lalai menjalankan tugas utama sebagai PNS. Ngomong-ngomong, November ini adalah peluang besar buat kamu yang ingin jadi PNS. Soalnya pemerintah sedang membuka lowongan PNS baik untuk ditempatkan di kementerian maupun pemerintah daerah. Kuy daftar!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.