Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Daftar Ikan Hias Termahal di Dunia dan Tips Merawatnya

by Vera Khairifah on 12 November, 2019

Memiliki hewan peliharaan memang bukan hal yang asing dilakukan. Namun, bagaimana jika hewan peliharaan itu adalah ikan hias termahal di dunia yang bernilai fantastis hingga miliaran rupiah?

Daftar Ikan Hias Termahal di Dunia dan Tips Merawatnya

Keuntungan Pelihara Ikan Hias

Ada sederet ikan hias termahal di dunia yang selain langka dan indah, juga memiliki nilai investasi. Sulitnya mendapatkan ikan-ikan ini membuat nilainya melambung tinggi di pasaran.

Jika kamu bisa merawatnya dengan baik, sebagian ikan ini mampu hidup hingga bertahun-tahun dan bisa dijadikan investasi.

Nilainya akan terus naik jika kamu menjualnya beberapa tahun mendatang. Akan lebih baik juga jika kamu mencoba bisnis budidaya ikan hias yang dikenal menjanjikan.

Tips Merawat Ikan Hias

Ikan hias harus dirawat dengan perhatian lebih dalam beberapa hal. Pertama, ukuran akuarium harus besar. Sebab ikan hias termahal di dunia membutuhkan akuarium dengan volume air yang banyak. Kekurangan air akan membuat ikan stres dan mati.

Kedua, jaga kualitas air agar selalu bersih. Suhu air akuarium sekitar 28 sampai 30 derajat Celsius untuk air tawar.

Sedangkan untuk akuarium dengan air laut (air asin), suhu airnya 23 sampai 28 derajat Celsius, dengan derajat keasinan air laut 34 hingga 37 bagian per 1000 unit air. Hitungan derajat keasinan ini bisa kamu ukur dengan alat bernama refraktometer atau hidrometer.

Selain itu, hitung pula kadar pH air dengan strip berwarna yang banyak dijual di toko hewan peliharaan. Bersihkan akuarium saat terlihat tidak jernih dan berbau tidak sedap. Ganti dengan air baru.

Daftar Ikan Hias Termahal di Dunia
15. Candy Basslet (Rp 14 juta)

Ikan hias termahal di dunia nomor 15 adalah Candy Basslet yang berasal dari perairan Karibia, tepatnya di pantai Curacao. Ini adalah jenis ikan air asin dengan corak yang beragam, namun warnanya memang sangat cerah dan indah. Ikan ini berada di bawah laut dan sulit ditemukan.

14. Golden Crossback Arowana (Rp 28 juta)

Ikan arwana memang dikenal memiliki harga yang mahal. Meskipun jenis ini cukup sering kita lihat, siapa sangka harga ikan berwarna emas metalik ini harganya Rp 28 juta?

13. Clarion Angelfish (Rp 35 juta)

Di area pantai lepas Pasifik Meksiko, Kepulauan Revillagigedo, ada ikan hias termahal di dunia bernama Clarion Angelfish. Ikan berwarna cerah dengan ukuran sekitar 30 centimeter ini sulit ditemukan dan kepemilikan ikan hias ini harus mendapat izin pemerintah Meksiko.

12. Wrought Iron Butterflyfish (Rp 38 juta)

Di perairan Jepang, ada juga ikan hias termahal di dunia. Wrought Iron Butterflyfish berukuran 15,5 centimeter dengan warna hitam keabu-abuan dan garis kuning di siripnya.

(Baca Juga: Cara Mudah Budidaya Ternak Ikan Lou Han yang Cocok untuk Pemula)
11. Australian Flathead Perch (Rp 71 juta)

Sesuai Namanya, ikan hias termahal di dunia ini berasal dari Australia. Habitatnya berada di celah karang, sehingga sulit ditemui. Ikan ini memiliki corak warna jingga dan kuning.

10. Nami Green Arowana (Rp 69 juta)

Nami Green Arowana adalah ikan hias termahal di dunia yang langka. Perairan air tawar Asia sebagai daerah asalnya memiliki populasi yang terus menurun. Sehingga wajar jika harganya mahal.

9. Neptune Grouper (Rp 85 juta)

Ikan hias termahal di dunia ini hidup di laut yang dalam. Keunikannya, bisa berubah corak saat muda dan dewasa. Warnanya juga variatif yakni kuning, jingga, merah kekuningan dan jingga. Untuk memeliharanya, akuarium harus bersih dan bersuhu dingin.

8. Golden Basslet (Rp 115 juta)

Golden Basslet berasal dari perairan Pasifik-Atlantik. Sulit ditemukan karena kerap bersembunyi dan kecil sekali ukurannya. Semakin terang warna emas pada tubuhnya, harganya makin mahal.

7. Bladefin Basslet (Rp 142 juta)

Panjang ikan ini sekitar 4 centimeter saja, berasal dari perairan di kepulauan Karibia, dan biasa ditemukan di celah karang dasar laut dengan kedalaman 500 kaki.

6. Masked Angelfish (Rp 285 juta)

Seiring perkembangannya, ikan ini kerap berganti warna sehingga menjadi keunikan tersendiri. Masked Angelfish berkembang biak di karang-karang lautan Pasifik dan samudera Hindia, serta di perairan kepulauan Hawaii.

5. Peppermint Angelfish (Rp 428 juta)

Ikan hias termahal di dunai ini langka dan hanya bisa ditemukan di laut dengan kedalaman tertentu di perairan kepulauan Hawaii. Warnanya jingga terang dengan garis putih.

4. Freshwater Polkadot Stingray (Rp 1,3 miliar)

Ikan pari dengan corak polkadot ini berasal dari perairan Brazil dan terdapat juga di perairan sungai Amazon. Saat ini sudah tak bisa dijual dan berada di bawah perlindungan Pemerintah Brazil. Sifat ikan ini semi-agresif dan memiliki racun yang menyebabkan mati rasa atau terluka.

3. Platinum Arowana (Rp 5,5 miliar)

Arwana Platinum dengan warna silver langka ini tersebar di perairan Afrika, Amerika Serikat hingga Asia Tenggara. Ukurannya bisa hingga setinggi manusia, dengan sifat agresif yang mampu melompat hingga 6 kaki.

2. Koi Black Dragon (Rp 2,8 miliar)

Yang menjadikan Koi Black Dragon sebagai ikan hias mahal adalah coraknya yang unik dan langka. Yakni terdiri dari warna putih, merah, hitam. Ikan ini juga berasal dari indukan berkualitas yang nyaris tanpa cacat.

1. Koi Jepang (Rp 28 miliar)

Warna emas yang langka pada Koi Jepang membuatnya dipercaya membawa keberuntungan. Butuh setidaknya 1000 galon air untuk memilihara ikan ini. Uniknya, Koi Jepang diklaim bisa hidup hingga 30 tahun, lho.

Itu lah sederet ikan hias berharga mahal. Selain memelihara ikan mahal sebagai investasi, kamu juga bisa memilih berbagai instrument investasi di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast