Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Daftar Keluarga Konglomerat yang Akhirnya Jatuh Bangkrut

by Rafly Aditia on 3 Desember, 2015

Beberapa keluarga di dunia ini memang ditakdirkan untuk menjadi keluarga yang kaya raya, bahkan seringkali kita dengar sebuah keluarga besar seperti hilton family memiliki harta yang tidak akan habis hingga tujuh turunan. Memang kita tidak dapat memungkiri fakta kekayaan keluarga konglomerat yang tidak berseri.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata keluarga konglomerat sekalipun bisa saja mengalami kesialan dan kehilangan kekayaan mereka di suatu waktu nanti. Hal tersebut telah terjadi di 5 keluarga konglomerat dunia ini;

The Vanderbilts

Cornelius “Commodore” Vanderbilt dilaporkan oleh Forbes memiliki kekayaan sebesar 100 juta dolar Amerika Serikat ketika dirinya meninggal ditahun 1877. Namun, siapa sangka bahwa 6 generasi kemudian, uang sebanyak 100 juta dolar tersebut habis tak tersisa. Hal ini diungkapkan oleh generasi ke-enam dari keluarga Vanderbilt, Anderson Cooper.

The Hartfords

Keluarga Hartford ternyata juga mengalami hal serupa, mereka kehilangan uang jutaan dolar karena gagal dalam bisnisnya. Sebagai salah seorang cucu dari pendiri perusahaan Atlantic & Pacific Tea, Huntington Hartford dulunya memiliki pendapatan sebanyak 1.5 juta dolar Amerika Serikat per tahun pada tahun 1940 seperti yang dilaporkan oleh New York Times. Namun, pada tahun 2004 kekayaan tersebut sudah hilang bahkan membuat Hartford harus pindah ke Bahamas hingga dirinya tutup usia di tahun 2008.

(Baca Juga: Mereka Awalnya Miliarder Dunia, Tapi Akhirnya Bangkrut dan Jatuh Miskin)

The Kluges

Setelah 9 tahun menikah, Patricia Kluge memutuskan untuk cerai dengan suaminya saat itu John Kluge yang taklain merupakan pendiri dari Metromedia. Patricia pun mendapatkan 200 hektar estate dan uang sebanyak satu juta dolar setiap tahunnya dari perjanjian perceraian tersebut. Namun, siapa sangka ternyata pada tahun 2011 lalu, Patricia mendadak bangkrut sampai-sampai dirinya harus menjual rumah dan real estate miliknya kepada pengusaha lain termasuk Donald Trump.

The Strohs

Keluarga Strohs juga masuk dalam daftar kali ini, menurut Forbes keluarga yang satu ini pernah menjadi pemegang kuasa dari perusahaan terbesar ketiga di Jerman dengan nilai sebesar 700 juta dolar Amerika Serikat. Namun, saat ini perusahaan tersebut telah tidak ada karena terlibat permasalahan hutang yang menumpuk serta kalah bersaing dan gagal memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

(Baca Juga: Jangan Diikuti, Ini Ciri Orang yang Sulit Jadi Kaya)

The Pulitzers

Yang masuk daftar terakhir kali ini adalah keluarga Pulitzers. Beberapa tahun lalu keluarga Pulitzer mengalami kesulitan karena lilitan hutang hingga jutaan dolar Amerika Serikat, padahal ditahun 1982, keluarga Pulitzer memiliki kekayaan bersih yang mencapai angka 25 juta dolar AS.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami