Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Daftar Kota dengan Letak Tertinggi di Indonesia, Mana yang Paling Dingin?

by Vera Khairifah on 3 Desember, 2019

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal dengan keindahan laut dan pantai yang luar biasa. Tapi selain itu, daratannya juga memiliki kondisi geografis yang unik. Di mana ada beberapa kota dengan letak tertinggi di Indonesia.

Daftar Kota dengan Letak Tertinggi di Indonesia, Mana yang Paling Dingin?

Suhu di kota-kota ini bahkan bisa sangat dingin, meskipun berada di area garis khatulistiwa. Berikut informasinya.

1. Padang Panjang, Padang, Sumatra Barat.

Kota yang berjarak 77 kilometer dari pusat kota Padang ini memang dikenal dengan suhu dinginnya. Ketinggian kota Padang Panjang mencapai 650 – 950 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan suhu kisaran 18 derajat Celcius hingga 26 derajat Celcius.

Maka dari itu, tak heran jika salah satu kota dengan letak tertinggi di Indonesia ini menjadi kota wisata favorit di Sumbar. Sebab banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan suhu di sana juga dingin sehingga sangat nyaman.

Kamu bisa pergi ke Desa Wisata Kubu Gadang, Islamic Center, Taman Mini Padang Panjang, dan masih banyak lagi lainnya.

(Baca juga: Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu Yuk, Ini Pilihan Destinasinya!)
2. Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah.

Di Pulau Jawa, ada kota Baturaden yang menjadi kota dengan letak tertinggi di Indonesia, yakni di angka 980 mdpl.

Suhu di kota yang khas dengan bahasa Jawa beraksen ngapak ini sekitar 18 derajat Celcius hingga paling panas hanya 28 derajat Celcius.

Simbol wisata daerah Jawa Tengah ini memiliki tujuan wisata terkenal seperti air terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Serta panorama indah dan suhu sejuk Gunung Slamet.

3. Batu, Jawa Timur.

Masih di Pulau Jawa, ada kota Batu yang terletak di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl. Suhu di kota ini saat siang hari memang agak panas, yakni sekitar 31 derajat Celcius. Namun, di malam hari, suhunya bisa di bawah 19 derajat Celsius.

4. Gayo Lues, Aceh.

Sama seperti Namanya, salah satu kota dengan letak tertinggi di Indonesia ini identik dengan kopi Gayonya. Lokasi kota Gayo Lues berada di ketinggian 1.000 mdpl. Suhunya sekitar 20 hingga 29 derajat Celsius.

Tempat wisata yang terkenal adalah Gunung Leuser dan pemandian air panas. Gayo Lues juga menghasilkan sayuran dan buah dengan kualitas terbaik di Aceh.

5. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Provinsi terbesar di Indonesia ini juga memiliki kota tertinggi. Yakni berada di ketinggian 1.200 mdpl, dengan suhu 18 sampai 28 derajat Celsius. Kawah putih dan pemandian air panas menjadi tempat wisata andalan kota Ciwidey.

6. Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Selain Ciwidey, ada Lembang yang merupakan kota yang terletak di ketinggian 1.300 hingga 2.100 mdpl. Suhu hariannya lebih dingin disbanding Ciwidey, yakni 16 hingga 26 derajat Celsius. Wah, enggak perlu pakai AC lagi dong, ya?

7. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Letak Kota Ruteng yang berada di ketinggian 1.200 mdpl menjadikannya salah satu kota dengan letak tertinggi di Indonesia. Siapa sangka, di kota ini pernah ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis, tepatnya di Gua Liang Bua.

Suhu kota ini berkisar 17 hingga 26 derajat Celsius. Desa Adat Compang Ruteng menjadi tujuan wisata favorit.

8. Mamasa, Sulawesi Barat.

Sulawesi juga memiliki daerah dengan ketinggian 1.200 hingga 1.900 mdpl, dengan suhu 16 hingga 28 derajat Celsius. Butuh waktu 6 jam untuk ke sini jika dari Makassar.

Hasil tani berupa kopi dan kakao serta hewan ternak (sapi, kambing, kerbau, dan kuda) di kota ini terbilang unggul, banyak dijadikan sebagai ladang usaha warga.

(Baca juga: Wisata Candi Borobudur, Salah Satu Warisan Dunia Kebanggaan Indonesia)
9. Berastagi, Karo, Sumatra Utara.

Kota yang diapit Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung ini terletak di ketinggian 1.300 mdpl. Air terjun Sikulikap cukup terkenal sebagai tempat wisata.

Suhu daerah yang berkisar 14 hingga 22 derajat Celsius membuat daerah ini menjadi sumber penghasil buah-buahan yang berkualitas.

10. Waghete, Deiyai, Papua.

Inilah kota dengan letak tertinggi di Indonesia urutan ke-2. Letaknya di ketinggian 1.700 sampai 2.200 mdpl, dengan suhu pada siang hari hanya 18 derajat Celcius dan 8 derajat Celcius pada malam hari. Harga bahan pokok di sini cukup mahal, sebab segala kebutuhan didatangkan dari kota besar dengan pesawat.

11. Mulia, Puncak Jaya, Papua.

Di urutan pertama, ada kota Mulia di Papua yang terletak di 2.448 mdpl. Ini adalah kota kecil di daerah pegunungan. Untuk menuju ke sini, kamu harus menumpangi pesawat kecil yang hanya berkapasitas 9 orang, dan dapat ditempuh selama 1 jam dari kota Jayapura.

Suhu di Kota Mulia yang terletak tak jauh dari pegunungan Jaya Wijaya ini hampir sama dengan Waghete. Yakni suhu terendah pada malam hari bisa menyentuh angka 8 derajat Celsius.

Jalan-jalan ke kota dengan letak tertinggi di Indonesia kini enggak pake ribet ngurusin dana. Ajukan saja KTA untuk berbagai kebutuhan lewat CekAja!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast