Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Daftar Kota Terbersih di Dunia, Jakarta Harus Belajar

by Kyla Damasha on 20 November, 2019

Beberapa kota terbersih di dunia ini sepertinya wajib kunjungi sebagai destinasi wisata selanjutnya. Tidak hanya sangat nyaman sebagai tempat tinggal, kamu juga tidak akan pernah melihat sampah yang berserakan di jalanan. Begitu bersihnya bahkan sampai membuat kota-kota ini menyandang julukan sebagai ‘kota terbersih di dunia’.

Tinggal di lingkungan yang bersih tentunya sangat menyenangkan, bukan? Sampah tidak hanya membuat lingkungan menjadi bau dan kotor, melainkan juga menjadi sarang dari berbagai jenis penyakit.

Hanya saja, sepertinya untuk saat ini di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta masih sangat jarang kita menemukan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah. Maka dari itu, mungkin masyarakat Indonesia bisa belajar dari beberapa kota di dunia yang akan kita bahas kali ini.

Mungkin tidak sih jika suatu saat nanti Jakarta berhasil memasuki jajaran kota terbersih di dunia selanjutnya? Mungkin saja hal tersebut bisa terjadi apabila masyarakatnya itu sendiri memiliki keinginan kuat untuk melakukan perubahan.

Daftar Kota Terbersih di Dunia
1. Calgary, Kanada

Calgary Kanada - Daftar Kota Terbersih di Dunia Jakarta Harus Belajar

Calgary merupakan salah satu kota terbesar di Kanada berdasarkan jumlah penduduknya. Kota yang terletak di provinsi Alberta ini berhasil menduduki urutan teratas sebagai kota terbersih di dunia dengan didasari oleh beberapa faktor kebersihan, mulai dari ketersediaan dan kelayakan minuman, pembuangan limbah, kualitas sistem pembuangan, polusi udara, hingga kemacetan lalu lintas.

Nah, perlu diketahui bahwa salah satu hal yang membuat kota satu ini menjadi kota terbersih di dunia adalah karena aturan pemerintah yang terbilang cukup ketat. Hanya membuang satu puntung rokok saja masyarakat bisa dikenakan denda seribu dollah lho. Wah, kira-kira di Jakarta mungkin tidak ya jika memberlakukan peraturan seperti itu?

2. Zurich, Swiss

Zurich Swiss - Daftar Kota Terbersih di Dunia Jakarta Harus Belajar

Kota terbersih di dunia selanjutnya didukuki oleh kota Zurich yang terletak di Swiss. Pemerintah setempat memang memiliki kepedulian yang tinggi akan kebersihan. Namun yang membuat kota ini bersih tentu bukan hanya terletak pada peraturan pemerintah saja, melainkan juga masyarakatnya yang turut memiliki kesadaran penuh untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

3. Luxemburg, Grand Duchy of Luxembourg

Luxemburg Grand Duchy of Luxembourg - Daftar Kota Terbersih di Dunia Jakarta Harus Belajar

Luxemburg merupakan salah satu negara terkecil di Eropa yang juga berhasil masuk ke dalam daftar kota terbersih di dunia pada tahun 2015. Tentu saja penobatan ini tidak hanya dikarenakan pemerintahnya saja, melainkan juga dengan kerja keras dan campur tangan penduduk setempat.

Salah satu hal yang membuat kota ini berhasil masuk ke dalam daftar kota terbersih di dunia karena pajak kendaraan yang cenderung tinggi, sehingga membuat masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi publik dibandingkan kendaraan pribadi. Hal tersebut ternyata tidak hanya membuat Luxemburg menjadi salah satu kota terbersih di dunia melainkan juga kota dengan kualitas udara yang baik.

(Baca Juga: Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif)
4. Adelaide, Australia

Adelaide Australia - Daftar Kota Terbersih di Dunia Jakarta Harus Belajar

Ternyata tidak hanya di Eropa, negara Australia pun juga memiliki kota yang berhasil masuk ke dalam jajaran salah satu kota terbersih di dunia, yaitu kota Adelaide. Siapapun yang menginjakan kaki di kota ini dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan, karena peraturan pemerintah yang cukup ketat.

Namun, ternyata tidak hanya peraturan dari pemerintah saja, penduduknya pun juga memiliki kesadaran yang cukup tinggi untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan peraturan mengenai pelarangan penggunaan kendaraan yang menghasilkan asap polusi, sehingga sudah pasti kota satu ini juga memiliki kualitas udara yang baik.

5. Singapura

Singapura - Daftar Kota Terbersih di Dunia Jakarta Harus Belajar

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Singapura memang dikenal memiliki peraturan yang super ketat untuk siapapun yang menginjakan kaki disana. Nah, salah satu peraturan yang diberlakukan ialah pelarangan membuang sampah sembarangan jika kamu tidak mau mendapatkan hukuman yang berat dan karena hal itulah Singapura juga berhasil masuk ke dalam jajaran kota terbersih di dunia.

Tidak hanya membuang sampah sembarangan, bahkan masyarakat juga tidak diperbolehkan untuk menebang pohon atau mencabut tanaman tanpa izin dari pemerintah. Meludah sembarangan juga termasuk ke dalam salah satu pelanggaran yang akan menimbulkan hukuman berat bagi siapapun yang melakukannya.

6. Freiburg, Jerman

Freiburg Jerman - Daftar Kota Terbersih di Dunia Jakarta Harus Belajar

Penataan kota yang rapih, asri dan bersih mungkin layak dijadikan sebagai deskripsi dari salah satu kota terbersih di dunia ini. Dipenuhi oleh kebun dan taman juga membuat kota Freiburg begitu sejuk untuk dieksplorasi dengan berjalan kaki. Bahkan, kamu bisa menemukan begitu banyak tumbuhan yang tersebar di seluruh penjuru kota. Selain itu pemerintah juga sering kali menghimbau masyarakatnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan berbagai cara.

7. Kobe, Jepang

Kobe Jepang - Daftar Kota Terbersih di Dunia Jakarta Harus Belajar

Penduduk Jepang memang dikenal memiliki sikap sopan, disiplin dan taat pada peraturan sehingga tak heran apabila salah satu kota di negeri bunga Sakura ini juga berhasil masuk ke dalam jajaran kota terbersih di dunia. Kobe merupakan nama dari salah satu kota di Jepang yang terkenal akan minuman sake murni serta daging asapnya yang begitu menggiurkan.

Memiliki sistem pembuangan limbah paling efisien dan rutin melakukan kampanye kepada masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga lingkungan dari polusi membuat kota Kobe masuk ke dalam daftar kota terbersih di dunia selama bertahun-tahun.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Melihat beberapa daftar kota terbersih di dunia yang baru saja dibahas seharusnya membuat kita tersadar bahwa hidup di lingkungan yang bersih memang jauh lebih menyenangkan dibandingkan tinggal di lingkungan yang kotor dan penuh dengan sumber penyakit. Kira-kira bisa tidak ya kota-kota di Indonesia memasuki daftar kota terbersih di dunia?

Pastinya bisa, asalkan masyarakatnya itu sendiri juga memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan perubahan. Nah, maka dari itu kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dari menjaga kebersihan lingkungan yang sepertinya perlu untuk kamu ketahui.

A. Terhindar dari Banjir

Banjir merupakan bukti nyata dari lingkungan yang tidak bersih. Hal tersebut dikarenakan banjir itu sendiri diakibatkan oleh pembuangan yang tidak pada tempatnya sehingga banyaknya sampah yang berserakan di jalan dan menyumbat saluran air yang ada.

Dengan banyaknya sampah-sampah yang menyumbat selokan, air yang bersumber dari hujan jelas menjadi tidak bisa mengalir dengan sempurna sehingga justru menggenangi jalanan. Maka dari itu, yuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

B. Terhindar dari Penyakit Menular

Lingkungan yang bersih juga akan mencegah terjadinya penyakit menular. Seperti DBD, diare, hingga tipes merupakan beberapa penyakit menular yang apabila tidak segera ditangani, maka nyawalah yang menjadi ancamannya. Perlu diketahui bahwa ketiga penyakit tersebut sering kali dialami oleh masyarakat yang tinggal di wilayah yang kotor dan penuh dengan sampah.

C. Lingkungan Menjadi Lebih Rapi dan Nyaman untuk Dihuni

Lingkungan yang kotor tidak hanya membuat siapapun tidak nyaman, melainkan juga menimbulkan aroma yang tidak sedap. Hal tersebut pastinya membuat siapapun menjadi enggan untuk tinggal berlama-lama di lokasi tersebut.

Dengan selalu menjaga kebersihan, bukan hanya dirimu yang merasa nyaman, melainkan juga tamu-tamu yang ingin datang berkunjung. Caranya tidak sulit kok, hanya perlu membuang sampah pada tempatnya saja.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda