Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Daftar Kuliner Murah di Palembang, Harga Kaki Lima Kualitas Bintang Lima

by Kyla Damasha on 18 Oktober, 2019

Ketika berkunjung ke suatu tempat untuk berwisata, rasanya kurang lengkap apabila tidak kita manfaatkan untuk mengeksplorasi lokasi yang tengah kita datangi tersebut.

Mulai dari mengunjungi objek wisata atau tempat bersejarah hingga mencicipi aneka ragam makanan khas menjadi agenda wajib yang harus dilakukan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai wisata kuliner murah di Palembang.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Palembang dalam waktu dekat ini, wajib mengetahui makanan khas dan wisata kuliner murah di Palembang yang harus dikunjungi. 

Makanan Khas Palembang yang Wajib Dicoba
  • Pempek

Siapa yang tak kenal dengan makanan khas satu ini? Tidak hanya di Palembang, pempek pun saat ini sudah bisa ditemukan di berbagai kota-kota besar di penjuru Indonesia, salah satunya seperti di Jakarta.

Hanya saja, mencicipi langsung di Palembang tentu akan memberikan suasana yang berbeda dibandingkan kamu mencicipinya di Jakarta, atau di kota-kota lainnya.

Jenis kuliner satu ini terbuat dari ikan, tepung dan sagu, yang disajikan dengan saus cuko kental yang nikmat. Seiring berjalannya waktu, pempek telah berkembang menjadi aneka ragam variasi yang dapat dinikmati, seperti Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer, Pempek Keriting, dan masih banyak lagi.

Jika kamu datang ke Palembang, mencicipi Pempek buatan orang Palembang asli harus dijadikan sebagai agenda wajib. Jenis kuliner satu ini juga sangat cocok apabila dibawa pulang untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat dekat sebagai buah tangan.

  • Mie Celor

Selanjutnya ada Mie Celor yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di sepanjang jalanan yang terdapat di Palembang. Mie satu ini disajikan dengan kuah santan kental yang dicampuri dengan kaldu udang dan aneka ragam sayuran, seperti toge.

Bentuk mie besar dan tebal layaknya seperti mie udon yang dipadukan dengan kuah membuat hidangan menjadi lebih gurih.

  • Tekwan

Bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat Tekwan tidak berbeda dengan bahan yang digunakan untuk membuat Pempek. Hanya saja perbedaannya, bentuk Tekwan dibentuk menjadi bulat kecil-kecil menyerupai bakso ikan.

Jenis kuliner satu ini disajikan dengan kuah kaldu udang yang disertai pula dengan taburan seledri, bawang goreng, taburan daun bawang, bihun, potongan bengkoang, dan jamur kuping. Sangat nikmat disantap dalam keadaan masih panas.

  • Martabak Har

 Jika dilihat sekilas, makanan ini berbentuk serupa dengan martabak telor. Hanya saja perbedaannya, Martabak Har  menggunakan telur yang dibalut dengan kulit martabak saja.

Selain itu, kuahnya pun juga berbeda dengan martabak telor, yakni berupa kuah kari yang memiliki rasa rempah kuat serta dicampur dengan kentang dan daging.

Martabak Har itu sendiri sebenarnya merupakan salah satu menu masakanan yang tersedia di sebuah rumah makan Har, dengan nama “Har” itu sendiri diambil dari singkatan sang pemilik rumah makan tersebut yang bernama Haji Abdul Rojak.

Begitu terkenal dan terletak di jalan protokol Sudirman, seluruh masyarakat Palembang pasti tahu dengan rumah makan legendaris satu ini.

Jika kamu akan berkunjung di Palembang dalam waktu dekat, bisa meluangkan waktu untuk mencari dan mencicipi wisata kuliner murah ini.

  • Kue Maksuba

Menggunakan bahan dasar utama berupa telur bebek dan susu kental manis, Kue Maksuba merupakan salah satu kue khas Palembang yang wajib dicoba.

Di dalam proses pembuatannya, kue ini membutuhkan sekitar 28 butir telur, di mana adonannya diolah seperti adonan kue lapis.

Meskipun sekilas kue ini terlihat seperti kue lapis, namun kue maksuba memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Memiliki rasa yang enak, manis, dan legit, kue ini sering kali disajikan ketika hari raya ataupun acara penghormatan.

  • Kue Delapan Jam

Mengapa dinamakan sebagai kue delapan jam? Percaya atau tidak, kue satu ini memang membutuhkan waktu selama 8 jam untuk membuatnya. Memiliki komposisi yang hampir sama dengan kue Maksuba, kue delapan jam melalui proses pembuatan yang berbeda dengan kue Maksuba.

Apabila kue Maksuba dibuat dengan cara dipanggang, maka kue delapan jam dibuat dengan cara dikukus selama 8 jam penuh. Penasaran ingin mencicipinya? Kamu bisa menemukannya di beberapa kafe atau di tempat pembelian oleh-oleh yang terletak di Palembang.

Rekomendasi Wisata Kuliner Murah di Palembang

Setelah mengetahui beberapa makanan khas Palembang yang wajib dicoba, sekarang saatnya kita membahas mengenai beberapa destinasi wisata kuliner murah di Palembang yang patut dikunjungi. Harga tidak menguras kantong namun kualitas bintang lima. Apa sajakah itu?

1. Kampung Pempek 26 Ilir

Untuk penggemar pempek, Palembang memang merupakan surganya. Di setiap sudut jalan kamu akan menemukan begitu banyak pedagang pempek.

Nah, dengan begitu banyaknya pedagang yang ada, pastinya akan membuatmu bingung mencari restoran mana yang menjual pempek paling enak.

Agar tidak bingung, kamu bisa mengunjungi Kampung Pempek 26 Ilir yang terletak di dalam Pasar 26. Tempat ini cukup mudah dijangkau, baik itu dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan transportasi publik.

(Baca juga: Tak Perlu Jadi Seleb, 6 Kuliner Hits Ini Bisa Jadi Sumber Inspirasi Bisnis)

Di sana kamu akan menemui begitu banyak pedagang pempek dengan dagangannya masing-masing, sehingga kamu bisa bebas untuk memilih. Mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, hingga pempek panggang bisa kamu nikmati.

Tidak hanya itu saja, ketika suasana kedai tidak terlalu ramai, kamu bahkan bisa membuat permintaan khusus lho, apakah pempek yang kamu pesan ingin digoreng kembali agar lebih kering atau tidak.

Selain pempek, kamu juga bisa menikmati kemplang yang merupakan salah satu jenis kerupuk khas Palembang.

Di Kampung Pempek 26 Ilir ini, kamu bisa menikmati aneka macam hidangan pempek dengan harga yang cukup terjangkau, yakni berkisar Rp1.000 hingga Rp2.000 untuk pempek kecil. Sementara untuk pempek kapal selam juga hanya perlu mempersiapkan uang mulai dari Rp8.000 saja.

2. Martabak Har

Terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 537, 18 Ilir Timur I, dapat dikatakan rumah makan satu ini menjual hidangan martabak paling lezat di Palembang.

Dilihat sekilas, tampilan martabak Har ini serupa dengan martabak telor yang sering kamu jumpai di kampung halaman.

Hanya saja, jenis martabak satu ini dibuat hanya dengan menggunakan telur ayam atau bebek dan kulit lumpia saja. Di sana kamu bisa memilih jenis telur apa yang diinginkan, dan setelah matang maka akan dihidangkan bersamaan dengan kuah kari panas yang berisi potongan daging dan cabe rawit.

Sangat terjangkau, satu porsi hanya dibanderol dengan harga antara Rp18.000 hingga Rp20.000 saja dan sudah membuatmu kenyang.

3. Rumah Makan Sri Melayu

Wisata kuliner murah di Palembang yang wajib kamu kunjungi lainnya yaitu Rumah Makan Sri Melayu yang berlokasi di Jalan Demang Lebar Daun No. 1, Demang Lebar Daun, Ilir Barat I, Kota Palembang.

Memiliki lokasi yang strategis, Rumah Makan Sri Melayu juga memiliki konsep restoran terbuka nan rindang yang akan membuatmu semakin betah berlama-lama di sana.

Tidak hanya untuk menyantap makan siang dan makan malam saja, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa spot untuk berfoto ria.

Salah satu menu andalan dari Rumah Makan Sri Melayu yaitu berbagai hidangan Pindang yang disediakan.

Pindang itu sendiri sebenarnya merupakan sebuah makanan khas Palembang yang memadukan olahan laut, seperti ikan dan udang, yang disajikan dengan kuah pedas, manis, dan asam yang panas.

(Baca juga: Ini 5 Bisnis Kuliner yang Laris Manis Saat Musim Hujan)

Di antara berbagai menu Pindang yang mereka miliki, salah satu yang menjadi andalan yaitu Pindang Patin dan Pindang Udang. Selain itu mereka juga memiliki Pindang Ikan Belido dan Pindang Baung yang bisa dijadikan sebagai alternatif.  Untuk bisa menyantapnya, satu porsi hanya dihargai sekitar Rp25.000 saja.

4. Kampung Kecil Palembang

Memiliki konsep lesehan, wisata kuliner murah di Palembang satu ini juga menyajikan suasana restoran yang begitu nyaman dan sejuk dengan atap yang terbuat dari daun kelapa.

Ditambah lagi dengan adanya kolam kecil di lantai yang membuat acara makanmu bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Hanya saja, tempat ini hampir tidak pernah sepi, khususnya ketika bulan Ramadan, sehingga apabila kamu ingin mencicipi hidangan disini, maka diharuskan untuk memesan tempat beberapa hari sebelumnya.

Banyak sekali menu-menu yang bisa dijadikan pilihan, seperti Nasi Ayam Cobek Mertua, Karedok, hingga aneka ragam minuman seperti Es Campur Kacang Merah dan masih banyak lagi.

Harganya juga terjangkau, makanan yang dijual berkisar dari harga Rp17.000 hingga Rp65.000 berdasarkan menu yang kamu pesan.

Nah, bagi kamu yang akan berkunjung ke Palembang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata kuliner murah ini. Dijamin akan membuat perjalananmu menjadi lebih menyenangkan dan memorable.

Supaya acara jalan-jalan dan makan-makan bersama keluarga bisa berjalan dengan lancar, jangan lupa siapkan sekeping kartu kredit di dalam dompet. Jadi kamu tidak akan kebingungan seandainya tidak memegang uang tunai saat hendak membayar makanan di kasir.

Pilih dan ajukan kartu kredit yang cocok dengan kebutuhan kamu lewat CekAja.com, sekarang juga.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami