Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Daftar Lagu Terbaik Super Junior, Mana yang Jadi Favoritmu?

by Ayunindya Annistri on 13 Januari, 2020

Super Junior atau lebih akrab disebut SUJU merupakan boy band asal Korea Selatan yang telah dibentuk sejak tahun 2005 silam. Salah satu boy band legendaris yang telah dikenal hampir belasan tahun ini sukses membuat industri K-Pop melejit hingga ke ranah internasional. Debut pertamanya dimulai saat membawakan lagu Twins (Knock Out) pada acara musik SBS Inkigayo.

Saat memulai debut pada November 2005, SUJU yang kala itu beranggotakan 11 orang yakni Yesung, Leeteuk, Eunhyuk, Sungmin, Ryeowook, Shindong, Siwon, Kibum, Donghae, Heechul, dan Kangin menggunakan nama Super Junior 05.

Kemudian pada tahun 2006, Super Junior 05 mulai berganti nama menjadi Super Junior setelah dikenal lewat lagu mereka yang bertajuk “Miracle” dan berhasil menambahkan satu anggota terakhir yang dianggap maknae atau member termuda yaitu Kyuhyun.

Popularitas grup jebolan SM Entertainment ini seakan tak pernah padam dan bahkan hampir semua lagunya sukses merajai tangga lagu di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Mereka pun sempat menggelar konser bertajuk Super Junior World Tour – Super Show 8: Infinite Time in Jakarta pada 11 Januari lalu, tepatnya di ICE BSD, Tangerang.

Untuk mengingat kembali karya-karya indah yang telah dibuat oleh mereka, berikut CekAja suguhkan daftar lagu terbaik Super Junior untuk para ELF Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk, simak!

(Baca juga: Sulli Idol Korea Bunuh Diri dan Mahalnya Ketenaran di Industri Kpop)
1. Sorry Sorry

Sorry Sorry menjadi salah satu daftar lagu terbaik Super Junior yang dirilis pada tahun 2009 silam.

Liriknya yang bercerita tentang ketertarikan seseorang terhadap lawan jenisnya ini memiliki aransemen yang easy listening dengan total viewers mencapai 114 miliar di akun youtube-nya.

Terciptanya lagu Sorry Sorry sendiri dianggap tanpa sengaja, karena salah satu membernya yakni Kim Heechul yang kala itu terpaksa menggunakan toilet wanita atas perintah dari bodyguard asingnya.

Ia pun kemudian mengucapkan kata ‘Sorry Sorry” sambil bergegas keluar dari ruangan tersebut.

Saat pertama kali mendengarkan lagu Sorry Sorry, dijamin kamu bakal langsung menari dan berdendang karena ritme lagunya yang mudah diingat oleh pendengar.

Bahkan saking terkenalnya, Sorry Sorry yang termasuk dalam daftar lagu terbaik Super Junior berhasil menduduki peringkat pertama dalam Charts Korea Musik Jepang KKBOX selama kurang lebih 36 minggu, seperti yang dikutip dari Korea Daily Star.

2. Bonamana

Daftar lagu terbaik Super Junior lainnya yang berhasil meraih kesuksesan besar dengan penjualan album lebih dari 200 ribu eksemplar setelah perilisan adalah Bonamana.

Lagu ini membuat SUJU kala itu berhasil menyabet berbagai rekor, diantaranya seperti menduduki peringkat pertama dalam daftar tangga lagu Taiwan selama satu tahun. 

Kemudian meraih posisi puncak untuk tangga lagu Korea maupun Jepang hanya dalam hitungan 36 jam setelah waktu perilisan.

Dengan menyuguhkan genre berbeda yakni SJ Funky, kehadiran lagu Bonamana sebagai salah satu daftar lagu terbaik Super Junior dianggap sebagai awal kemunculan banyaknya ELF atau fans SUJU di Indonesia.

Liriknya sendiri syarat akan makna, yang mana bercerita tentang kepercayaan diri seorang pria saat jatuh cinta dan tergila-gila pada gadis idamannya.

3. It’s You 

Bisa dibilang lagu It’s You menjadi salah satu daftar lagu terbaik Super Junior dengan MV paling lengkap.

Betapa tidak, lagu yang rilis pada tahun 2009 silam dan termasuk dalam album ketiga “Sorry Sorry” ini setidaknya memiliki tiga versi MV, yaitu versi drama, dance, serta drama plus dance.

It’s You menjadi satu diantara lagu ballad milik Super Junior yang mengisahkan tentang rasa cinta seseorang kepada pasangannya hingga enggan untuk berpisah karena telah dianggap sebagai takdirnya selama ini.

Saat perilisan MV It’s You, hampir seluruh ELF merasa bahwa lagu ini merupakan salah satu lagu spesial yang dimiliki SUJU, sebab formasi boy band tersebut masih utuh, sebelum Han Geng dan Kim Kibum memutuskan hengkang.

4. Mr. Simple

Berkat lagu Mr. Simple, Super Junior berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Melon Music Awards 2011, MAMA 2011, dan Seoul Music Awards 2011.

Bisa dibilang, lagu ini menjadi salah satu single terbaik yang membuat SUJU melejit pada tahun 2011 hingga ke berbagai negara di luar Korea Selatan, salah satunya Indonesia.

Jika kamu mencari lagu yang bergenre dance pop dengan paduan synthpop untuk menghidupkan suasana sendu yang tengah dihadapi, maka tak ada salahnya untuk mendengarkan lagu Mr. Simple.

Meskipun lagu ini telah berusia sembilan tahun, tapi siapa sangka bila Mr. Simple masih saja populer hingga kini dan dinobatkan sebagai salah satu daftar lagu terbaik Super Junior.

5. Superman

Sebagai ELF, pasti kamu sudah enggak asing lagi dengan lagu yang satu ini. Ya, lagu Superman menjadi satu diantara banyaknya lagu pembuka untuk tiap konser akbar yang digelar oleh Super Junior.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat irama yang dimiliki lagu ini begitu menghentak dan dianggap paling menggambarkan boy band asuhan SM Entertainment tersebut.

MV nya yang memperlihatkan beragam aksi para personil SUJU selama berada di atas panggung, sukses membuat ELF di seluruh dunia mengagumi mereka.

Apalagi karena liriknya yang mengandung makna kepercayaan diri serta pencapaian yang berhasil digapai. Sehingga pantas saja bila menyebut lagu Superman sebagai salah satu daftar lagu terbaik Super Junior.

6. Sexy, Free and Single

Sukses mempromosikan Mr. Simple di tahun 2011, Super Junior kembali mengeluarkan single terbaiknya Sexy, Free and Single pada 2012.

Lagu ini memiliki irama yang sedikit berbeda dan menjadi lagu utama dalam album keenam milik Super Junior.

Lewat Sexy, Free and Single, SUJU ingin menyampaikan pesan kepada para penggemarnya untuk tidak pernah menyerah atas hidup yang dijalani, meski rintangan selalu datang menghampiri.

Daftar lagu terbaik Super Junior ini berhasil meraih penghargaan bergengsi Mnet Asian Music Awards atau disingkat MAMA untuk kategori Album of The Year pada tahun 2012.

7. Black Suit

Kabar kembalinya Super Junior di tahun 2017 lalu tentu disambut baik oleh para penggemarnya.

Dengan merilis lagu Black Suit, ketenaran SUJU hingga belasan tahun lamanya seakan tidak pernah padam dan justru kian memesona.

Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa kembalinya boy band milik SM Entertainment ini hanya setengah jumlah personil saja, yaitu Leeteuk, Yesung, Heechul, Eunhyuk, Shindong, Siwon, Donghae, dan Ryeowook.

Daftar lagu terbaik Super Junior ini memperlihatkan image masing-masing personil yang tampak lebih dewasa.

Mereka menggunakan setelan jas hitam di MV Black Suit, dimana lagu tersebut mengisahkan tentang cara seorang pria untuk memikat hati wanita idamannya.

(Baca juga: Ini Dia Jadwal Konser Musik 2020 yang Paling Ditunggu!)
8. Lo Siento

Lo Siento juga termasuk dalam daftar lagu terbaik Super Junior pada album repackage dengan judul “Replay”.

Lagu ini dirilis pada April 2018 dengan menggandeng penyanyi Amerika yakni Leslie Grace sebagai teman duet mereka.

Berbeda dari gaya musik sebelumnya, Lo Siento menjadi lagu pertama untuk tahun 2018 yang dirilis oleh Super Junior dengan memadukan musik latin sebagai unsur utamanya.

Bahkan lagu ini berhasil masuk dalam chart penjualan lagu digital Latin Billboard seperti yang dilansir dari Liputan6 melalui laman Billboard.  Sehingga bisa dikatakan Super Junior menjadi boy band asal Korea Selatan pertama yang masuk dalam Billboard Latin.

Nah, itu tadi daftar lagu terbaik Super Junior yang wajib kamu dengarkan. Diantara lagu tersebut, mana yang saat ini tengah menjadi favoritmu?

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau