Daftar Layanan GeNose Di Bandara dan Stasiun, Pastikan Penumpang Bebas Virus

Untuk mencegah penularan virus Covid-19, berikut ada daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebelum bepergian menunggang pesawat dan kereta.

Bepergian menggunakan moda transportasi umum saat ini memang terasa semakin riskan. Karena wabah Covid-19 belum berakhir. Bahkan di awal kasus yang terjadi di Indonesia, rata-rata terjangkit selepas atau saat sedang bepergian dari luar kota.

Oleh karena itu, tak heran jika saat ini, bagi masyarakat yang hendak menggunakan transportasi umum semacam kereta dan pesawat, wajib mengantongi surat bebas Covid-19. Bahkan tersedia juga pemeriksaan swab di stasiun dan juga bandara.

Namun alangkah baiknya di masa pandemi seperti sekarang masyarakat dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah dan hanya keluar rumah untuk hal-hal yang penting saja. Aturan seperti ini bagi beberapa orang mungkin bisa dilakukan tapi bagi beberapa orang tidak bisa.

Karena ada banyak orang yang harus keluar rumah untuk bekerja mencari nafkah. Bagi mereka yang sering melakukan aktifitas di luar rumah apalagi menggunakan transportasi umum harus memenuhi syarat-syarat agar aman bepergian.

Salah satu syarat yang wajib adalah harus berstatus negatif dari Covid-19 yang dinyatakan dengan hasil tes swab atau tes GeNose 19. Jika tes swab mengharuskan kita mengeluarkan banyak biaya maka ada alternatif lain yang lebih murah yaitu tes GeNose 19.

Tes ini sudah dipakai di banyak stasiun dan selanjutnya akan ada di bandara. Yuk cek dulu daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun ya! Simak ulasannya di bawah ini.

(Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19, Lakukan Ini Setelah Vaksin)

Daftar Layanan GeNose Di Bandara Dan Stasiun

Untuk mendapatkan surat sehat bebas Covid-19 kita bisa melakukan berbagai macam tes yang ada di Indonesia. Ada tes swab PCR yang tingkat keakuratannya tinggi dan telah direkomendasikan oleh WHO untuk mendeteksi adanya infeksi virus Covd-19.

Karena hasilnya yang akurat dan tes ini memakai alat-alat yang canggih makanya harganya lumayan mahal. Untuk melakukan tes swab ini kita harus mengeluarkan paling tidak uang sebesar Rp 700.000.

Ada juga tes swab antigen yang bisa menjadi alternatif ketika kita akan bepergian. Tes swab antigen ini lebih murah dari tes swab sebelumnya.

Kita hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 200.000 untuk tes swab antigen. Meski murah tingkat akurasi tes swab antigen ini bisa menjadi syarat ketika akan bepergian menggunakan kereta ataupun pesawat. 

Ada juga tes GeNose yang merupakan karya anak negeri. Tes ini dibuat oleh Universitas Gajah Mada dengan metode yang murah tapi tetap akurat.

Tes GeNose ini akhirnya banyak dipakai di bandara maupun stasiun. Dengan adanya layanan ini, para calon penumpang di bandara dan stasiun tidak harus menyerahkan hasil tes swab PCR atau rapid test.

Nah kali ini daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun sudah dilakukan di banyak stasiun terutama. 

Dari daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun pada akhir Februari bertambah menjadi 12 stasiun setelah sebelumnya ada 8 stasiun yang sudah menggunakannya.

Daftar Layanan GeNose di Stasiun

Beberapa stasiun yang sudah memakai tes GeNose antara lain:

  1. Stasiun Gambir
  2. Stasiun Pasar Senen
  3. Bandung
  4. Cirebon
  5. Semarang Tawang
  6. Yogyakarta
  7. Solo Balapan
  8. Surabaya Pasar Turi
  9. Purwokerto
  10. Madiun
  11. Malang
  12. Surabaya Gubeng

Nantinya diharapkan tes GeNose ini bisa diterapkan di stasiun lain sampai 44 stasiun yang ada di Indonesia.

Daftar Layanan GeNose di Bandara Siap Uji Coba

Sedangkan untuk bandara direncanakan akan mulai dilakukan pada 1 April mendatang. Adapun bandara yang akan menjadi tempat uji coba layanan GeNose adalah Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo.

Daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun akan terus bertambah dengan kerjasama Universitas Gadjah Mada dengan Rajawali Nusindo untuk persiapan operasional layanan tes Genose.

Banyaknya  daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun tentu memudahkan masyarakat yang akan bepergian ke kota lain. Peminat tes GeNose ini juga tinggi yaitu lebih dari 80 ribu penumpang telah di tes. 

Dari daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun apakah kamu tahu seperti apa sih tes GeNose itu?

Nah bagi yang belum tahu bagaimana tes Genose itu yuk simak penjelasannya disini.

Tes GeNose adalah tes untuk mendeteksi keberadaan virus Covid-19 dengan hembusan nafas. Tes ini menggunakan sebuah alat seperti kantong plastik yang akan menampung hembusan nafas kita.

Kemudian dari hembusan nafas ini bisa diketahui apakah kita negatif atau positif Covid-19. Syarat untuk melakukan tes GeNose ini adalah kita harus punya tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas.

Siapkan Biaya Rp 20.000 Saja Untuk GeNose

Sebelum melakukan pemeriksaan tes ini kita sebagai calon penumpang tidak boleh makan, minum (kecuali air putih) dan merokok selama 30 menit terakhir. Ini agar tingkat akurasi tes Genose semakin tinggi.

Hasil tes GeNose yang negatif bisa berlaku 3×24 jam setelah hasil keluar dan bisa dipakai di semua stasiun KA jarak jauh. Tes Genose ini tidak diwajibkan bagi anak-anak dibawah usia 5 tahun.

Pada daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun diharapkan tidak akan menghilangkan layanan tes lainnya seperti tes swab PCR dan antigen karena ini adalah syarat agar kita bisa menggunakan transportasi udara maupun darat. Pemakaian tes GeNose memang baru akan dilakukan pada 1 April nanti.

Pemerintah kali ini memang sangat berhati-hati dalam penggunaan alat tes GeNose untuk transportasi udara. Penggunaan tes GeNose di bandara juga butuh regulasi yang jelas agar tidak terjadi kesalahan. 

Dengan kita tahu daftar layanan GeNose di bandara dan stasiun tentu akan lebih mempermudah kita saat akan bepergian. Jika kita pergi memakai kereta pastikan di stasiun keberangkatan ada layanan tes GeNose.

Jika belum ada maka kita harus siapkan hasil tes lain seperti tes swab PCR atau antigen. Tetap patuhi protokol kesehatan selama bepergian ya!

Pandemi Covid-19 saat ini memang memerlukan pencegahan dari semua lapisan masyarakat. Karena dibutuhkan kesadaran dari setiap orang untuk melindungi diri mereka dan orang lain.

Namun jika tubuh sudah terlanjur terjangkit Covid-19. Janganlah panik, karena kepanikan jelas akan membuat kondisi kesehatan semakin buruk.

Terbaik adalah melakukan pengobatan ke dokter, menjawab jujur setiap pertanyaan yang diajukan, karena hal ini pun dapat membantu rekan lain yang mungkin telah melakukan kontak erat. Dan pastinya, lengkapi diri dengan asuransi kesehatan yang terbaik.

(Baca Juga: Fakta GeNose yang Harus Kamu Tahu)

Jadi, beruntung jika kita memiliki asuransi kesehatan saat ini. Karena dengan begitu kita akan lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan.

Namun jika kamu belum memiliki asuransi kesehatan, maka segeralah buat. Agar jika sewaktu waktu kondisi kesehatan kita tidak baik. Maka ada asuransi kesehatan yang akan membantu kita melakukan pengobatan dengan layanan terbaik.

Pembuatan asuransi kesehatan saat ini pun bisa dilakukan dengan lebih mudah. Kita bisa membuat pengajuan pendaftaran asuransi kesehatan melalui CekAja.com yang sudah terpercaya.

Jadi tak perlu mencari agen asuransi lagi. Cukup membuka laman CekAja.com dan kita bisa memilih asuransi kesehatan mana yang akan kita ambil. Semua proses mudah ini dapat dilakukan secara online.

Nah, buruan yuk daftarkan diri kamu untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik melalui CekAja.com.