9 Daftar Lokasi di Jakarta yang Wajib Vaksin, Tak Ada Lagi Alasan untuk Berkata “Tidak”

Sebelum beraktivitas ke luar, ada baiknya kamu ketahui dulu daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin. Pasalnya, pemerintah kini menjadikan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat wajib masuk ke sejumlah lokasi.

9 Daftar Lokasi di Jakarta yang Wajib Vaksin, Tak Ada Lagi Alasan untuk Berkata “Tidak”

Daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin pun ternyata cukup banyak. Tidak hanya supermarket dan mal saja, namun transportasi umum dan sejumlah tempat lainnya pun mewajibkan pengunjung menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19.

Lantas, apa saja tempat-tempat tersebut? Daripada penasaran, pada artikel ini CekAja akan memberikan daftar lengkapnya, yang akan diulas khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Aturan Penggunaan Sertifikat Vaksin di Jakarta

Terhitung sejak PPKM Level 4 di Ibu Kota diperpanjang, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerbitkan aturan terbaru, yaitu tentang vaksin Covid-19 sebagai syarat wajib bagi setiap orang yang melakukan aktivitas di setiap sektor/tempat.

Aturan itu pun tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) No. 966 Tahun 2021, yang ditandatangan pada 3 Agustus 2021.

Adapun bunyi dari Kepgub tersebut, yaitu “Setiap orang yang melakukan aktivitas pada tiap-tiap sektor/tempat harus sudah divaksinasi Covid-19 (minimal dosis pertama), kecuali bagi warga yang masih dalam masa tenggang 3 bulan pasca terkonfirmasi Covid-19 dengan bukti hasil laboratorium”.

Dari aturan tersebut bisa dilihat, kalau hanya masyarakat yang sudah divaksin saja, yang boleh beraktivitas di sektor/tempat tertentu.

Jadi, buat masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, diharapkan untuk bisa vaksin terlebih dahulu, setidaknya dosis pertama agar bisa beraktivitas ke sektor/tempat tertentu.

Namun, ada pengecualian bagi beberapa kalangan masyarakat, seperti warga yang baru sembuh dari Covid-19 sebelum tiga bulan sejak terinfeksi, anak dengan usia di bawah 12 tahun, dan masyarakat yang tidak melakukan vaksin karena memiliki komorbid.

Nah khusus untuk masyarakat yang baru sembuh dari Covid-19, mereka bisa menunjukkan bukti hasil laboratorium dengan hasil negatif, pada tempat-tempat yang berlaku.

(Baca Juga: Mengenal Layanan Vaksin Drive Thru)

Daftar Lokasi di Jakarta yang Wajib Vaksin

Jika melihat aturan penggunaan sertifikat vaksin di atas, sepertinya kamu memang perlu mengetahui daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin.

Pasalnya, dengan mengetahui daftar lokasi tersebut, kamu jadi bisa mempersiapkan sertifikat atau hal lainnya, yang sekiranya akan dibutuhkan saat berkunjung ke beberapa lokasi.

Oleh karena itu, untuk memudahkanmu mengetahui daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin, di bawah ini CekAja akan memberikan daftar lengkapnya, yang terdiri dari:

1. Supermarket, toko kelontong, pasar tradisional, pasar swalayan, salon

Tempat pertama yang masuk ke dalam daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin, yaitu supermarket, toko kelontong, pasar tradisional, pasar swalayan, salon dan sejenisnya.

Semua lokasi tersebut mewajibkan para pengunjungnya untuk membawa, atau menunjukkan sertifikat vaksin sebagai bukti kalau mereka sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Namun selain membawa bukti vaksin, para pengunjung juga harus mengetahui jam operasional tempat tersebut.

Yang mana, waktunya masih mengikuti aturan lama, yaitu hingga pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung dan pegawai sebanyak 50 persen.

Sementara, aturan untuk pasar tradisional dan pasar raya non-kebutuhan sehari-hari, jam operasionalnya hanya sampai pukul 15.00 WIB.

2. Warteg dan restoran

warteg

Masuk ke dalam daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin, warteg dan restoran hanya memberikan waktu berkunjung hingga pukul 20.00 WIB, dengan kapasitas maksimal 3 orang.

Bagi pengunjung yang ingin makan ditempat (dine in), mereka hanya diberikan waktu sebanyak 20 menit saja. Jika dirasa waktu yang dibutuhkan untuk makan lebih banyak, maka sebaiknya dibawa pulang saja (take away).

Untuk restoran-restoran yang ada di dalam gedung atau mal, semuanya masih tidak diperbolehkan untuk menerima pengunjung yang makan ditempat. Restoran-restoran tersebut hanya diizinkan untuk menerima pesanan yang take away atau delivery.

3. Mal atau pusat perbelanjaan

BCS Mall - 9 Tempat Belanja Barang Impor Murah di Batam

Sebagai bagian dari daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin, mal atau pusat perbelanjaan hingga saat ini masih dilarang beroperasi untuk publik.

Kecuali untuk beberapa pegawai, mereka masih memiliki akses dan diizinkan untuk masuk ke dalam pusat perbelanjaan, untuk melayani penjualan online.

Namun tentunya ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu pegawai yang datang dibatasi minimal tiga orang. Selain itu, pegawai tersebut serta pengunjung harus sudah divaksinasi.

4. Perhotelan non-karantina

Jangan gengsi tinggal di hotel murah

Hotel-hotel yang tidak digunakan sebagai lokasi karantina, nyatanya juga mewajibkan para pegawai dan pengunjungnya menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19. Hal itu tak lain karena, untuk menjaga keamanan antara para pegawai dan pengunjung itu sendiri.

Apalagi, hotel juga hanya diperbolehkan untuk beroperasi dalam satu shift saja, dengan kapasitas 50 persen staf di bagian fasilitas produksi, dan 10 persen staf untuk pelayanan administrasi.

Sementara untuk semua jenis kegiatan yang berlangsung di area hotel, wajib dilakukan mengikuti protokol kesehatan ketat.

5. Kegiatan peribadatan

Peralatan ibadah - Cek 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadhan dan Perkiraan Modal Awanya

Daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin Covid-19 lainnya, yaitu tempat peribadatan. Jadi, sejak PPKM Level 4 berlangsung hingga kini, Anies melarang masyarakatnya untuk melakukan ibadah secara berjemaah.

Anies menyarankan untuk masyarakatnya sementara beribadah dari rumah, sebagai upaya meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Kalaupun diharuskan untuk beribadah secara jemaah, maka masyarakat sudah harus melakukan vaksin Covid-19 dan menunjukkan buktinya.

6. Apotek dan toko obat

Beda Warna Logo - 6 Perbedaan Obat Generik dan Paten Beserta Penjelasan Lengkapnya

Siapa sangka, apotek dan toko obat juga menjadi daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin. Menurut aturan yang ada, apotek dan toko obat tetap harus meminta para pengunjungnya menunjukkan bukti vaksin, meskipun diperbolehkan beroperasi 24 jam.

7. Fasilitas layanan kesehatan

Rawat Inap - Daftar Biaya Rumah Sakit Non BPJS

Bukan sesuatu yang mengejutkan, apabila fasilitas layanan kesehatan masuk ke dalam daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin.

Pasalnya, saat ingin masuk ke fasilitas layanan kesehatan saja, baik itu rumah sakit, klinik atau puskesmas, tahapan pertama yang harus dilalui pengunjung/pasien yaitu skrining kesehatan.

Di mana pasien dan yang mengantar akan dicek suhu, serta ditanya beberapa hal yang merujuk pada kondisi kesehatan, termasuk apakah pernah terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Soal kapasitas, fasilitas layanan kesehatan diberikan kapasitas untuk beroperasi secara full, atau 100 persen.

8. Tempat konstruksi untuk infrastruktur publik

Sama seperti fasilitas layanan kesehatan, tempat yang juga menjadi bagian dari daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin ini, diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk tetap bekerja secara full, atau 100 persen.

9. Moda transportasi

Daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin, terakhir ada moda transportasi. Seperti yang diketahui, transportasi umum hanya diperbolehkan untuk menampung penumpang sebanyak 50 persen dari total kapasitas normal.

Tetapi ada pengecualian bagi ojek online, karena tetap mengangkut penumpang 100 persen, atau seperti biasanya.

Walau begitu, apapun jenis moda transportasinya, baik penumpang maupun pekerja, semuanya harus sudah divaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan.

Sanksi untuk Pelanggaran Aturan Wajib Vaksin

Aturan serta daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, lalu bagaimana jika masih ada masyarakat yang melanggar aturan tersebut?

Tentunya, pemerintah sudah menyiapkan sanksi yang akan diberikan kepada pelanggar, sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

Mengikuti Peraturan Gubernur DKI Nomor 3 Tahun 2021, masyarakat yang melanggar aturan akan dikenakan satu dari beberapa jenis sanksi, mulai dari teguran tertulis, penghentian sementara kegiatan, denda administratif, pembekuan sementara izin, serta pencabutan izin usaha.

(Baca Juga: Daftar Lokasi Vaksin di DKI Jakarta)

Itulah sejumlah informasi seputar daftar lokasi di Jakarta yang wajib vaksin, beserta aturan jelas dan sanksinya, yang sudah kamu ketahui lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari semua informasi tersebut, apakah kamu yang belum melakukan vaksin Covid-19 akan tergerak dan ingin segera melakukannya?

Kalau begitu, langsung saja daftar dan berkunjung ke lokasi vaksinasi terdekat dari tempat tinggalmu.
Setelah itu, kamu bisa langsung mengunduh sertifikat vaksinnya melalui aplikasi PeduliLindungi, dengan cara yang sangat mudah.

Jika sertifikat sudah diunduh, maka kamu bisa beraktivitas ke sejumlah tempat yang mewajibkan kamu menunjukkan bukti vaksin Covid-19.

Tetapi ingat, meskipun kamu sudah vaksin, bukan berarti kamu terlindung dari risiko terpapar Covid-19. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan kamu perlu menerapkan protokol kesehatan ketat, serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan sendiri berguna dalam menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu pada kesehatanmu, kamu tidak perlu lagi pusing dan khawatir soal biaya, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Oleh karena itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, proses pengajuannya sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!